IBX59ED8B2FED208 Tips Membersihkan PC (Komputer) Secara Praktis Dan Sederhana - Jendela Informasi

Tips Membersihkan PC (Komputer) Secara Praktis Dan Sederhana

Tips Membersihkan PC (Komputer) Secara Praktis Dan Sederhana - Pembersihan komputer adalah satu hal yang dapat Anda lakukan setiap hari yang akan membuat ruang disk dan membantu Anda membebaskan resource sistem yang berharga. Selain itu, pembersihan fisik yang sebenarnya, seperti dalam debu, akan memungkinkan komputer Anda untuk benar-benar bernapas lebih mudah, dan pada gilirannya memperpanjang umur sistem Anda.

Dalam hal ini kita fokus pada beberapa tindakan sederhana yang dapat Anda terapkan dengan mudah. Tindakan ini tidak memerlukan pelatihan sebelumnya atau pengetahuan dan pada kenyataannya, sebagai pengguna Windows, Anda harus atau mungkin sudah akrab dengan banyak dari ini.


Pada bagian pertama.kita akan menyelidiki membersihkan sistem Anda, termasuk routing yang semua item startup, menghapus file-file sementara, dan menguninstall aplikasi lama yang tidak digunakan. Lantas beralih ke pemeliharaan disk. Tugas ini telah mendapat jauh lebih mudah pada Windows versi terbaru.

Menonaktifkan item startup
Salah satu cara terbaik untuk melepaskan beban komputer Anda dan dengan cepat membebaskan resource, adalah untuk menonaktifkan item yang secara otomatis dijalankan ketika Windows boot. 

Item startup ini tidak hanya menyedot resource sistem seperti vampir kecil, mereka juga sering menyebabkan komputer booting lebih lama.

Cara untuk berurusan dengan item startup adalah dengan menggunakan "System Configuration" ("sysconfig") utility pada Windows 7. Jalankan "Run" jendela dengan mengetik "WIN + R" dan kemudian "msconfig".

Pada "System Configuration", pilih "Startup" tab. Meskipun Anda tidak akan merusak sistem Anda dengan
menonaktifkan semua, Anda dapat menonaktifkan beberapa program yang benar-benar berguna, seperti Dropbox.

Terlepas dari menonaktifkan program startup, hapus centang pada kotak di samping dan dan restart sistem Anda.

Mari kita lihat pengaturan Windows 8 yang lebih berguna. Jika Anda mencoba untuk menggunakan "sysconfig" pada Windows 8, itu hanya akan mengarahkan Anda ke "Task Manager", yang dapat lebih mudah diakses dengan pergi langsung ke sana baik dari Taskbar atau cukup tekan "WIN" dan ketik "task" dan harus muncul sebagai hasil pencarian teratas.

Ini perlu dicatat bahwa Anda juga dapat menggunakan CTRL + SHIFT + ESC kombinasi tombol shortcut untuk memunculkan Task Manager tanpa mengklik di mana saja.

Ketika "Task Manager" terbuka, pilih "Startup" tab dan lihatlah beban komputer Anda. Anda dapat melihat item startup Anda, status mereka, dan dampak yang mereka miliki di sistem. Anda dapat mengurutkannya, dengan mengklik header.

Jika Anda tidak yakin, Anda bisa klik kanan pada item apapun dan pilih "Search online" untuk mencari tahu persis apa sesuatu itu dan apa yang dilakukannya.

Menurut Microsoft, dampak didasarkan pada berapa banyak penggunaan CPU dan disk yang terjadi pada startup:
  • High impact - Apps yang menggunakan lebih dari  detik dari waktu CPU atau lebih dari 3 MB dari disk I / 0 pada saat startup.
  • Medium impact - Apps yang menggunakan 300 ms -1000 ms waktu CPU atau 300 KB - 3 MB disk I / O.
  • Low impact - Apps yang menggunakan kurang dari 300 ms waktu CPU dan kurang dari 300 KB dari disk I / O.

Satu detik mungkin tidak tampak seperti banyak, namun perlu diingat, penjelasan di atas menggambarkan suatu sistem yang tidak memiliki aplikasi yang diinstal. Bayangkan sebuah sistem dengan lebih banyak rutinitas startup.

Jika Anda memiliki selusin item akan berdampak tinggi pada startup di samping item dampak rendah dan media lainnya, dan mereka semua membutuhkan waktu CPU dan disk I / O, waktu startup meningkat secara proporsional.

Microsoft memecah aplikasi startup dan memberikan panduan tentang bagaimana untuk menangani dengan beberapa kategori aplikasi startup, termasuk utilitas yang sinkron PC Anda atau untuk backup dan recovery, updaters, dan banyak lagi.

Ini aman dalam hal apapun, Anda dapat menonaktifkan sebagian besar, jika tidak semua item startup dan tidak akan mempengaruhi sistem. Yang mengatakan, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jika menonaktifkan semuanya, Anda mungkin kehilangan fungsionalitas yang lain.

Dalam kasus di atas, jika kita menonaktifkan "Dropbox" maka akan tidak lagi bisa menjalankan secara otomatis dan perubahan sync. Jadi harus menjalankan secara manual.

0 Response to "Tips Membersihkan PC (Komputer) Secara Praktis Dan Sederhana"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.