Berbagai Tips Merawat Bathtub Anda

Mandi adalah kegiatan yang pasti dilakukan setiap hari oleh manusia modern. Bahkan umumnya orang yang sehat akan mandi dua kali dalam satu hari. Untuk itu kenyamanan saat mandi menjadi incaran banyak orang. Bagi pemilik ruang rumah yang luas tak jarang memasang bathtub di dalamnya. Bak mandi panjang ini akan sangat bermanfaat untuk melepas kepenatan sehabis seharian bekerja. Penuhi bathtub dengan air hangat dan tambahkan wewangian khusus relaksasi kemudian berendam.Tak hanya peredaran darah menjadi lancar, pikiran pun menjadi tenang.


Memasang Bathtub di Kamar Mandi

Bagi Anda yang berencana memasang bathtub di kamar mandi Anda, berikut beberapa tips agar kamar mandi dengan bathtub nyaman:

  • Pilih bahan material yang kuat dan tahan lama, serta mudah perawatannya. Salah satunya ialah Acrylic yang terkenal kuat dan anti noda, tidak mudah kusam dan mudah dibersihkan. Selain itu bahan ini berfungsi menjadi insulator yang baik sehingga air hangat dapat bertahan lebih lama. Itu sebabnya pula bahan ini  semakin digenari oleh banyak orang. Demikian pula halnya dengan bahan porcelain yang memiliki keunggulan hampir sama dengan acrylic, hanya saja porcelain lebih mahal harganya dan sulit diperbaiki bila rusak atau retak. Ada pula yang terbentuk dari fiberglass, yang ringan dan mudah dlbentuk. Sayangnya, bahan ini lebih mudah terkena goresan dan tidak tahan lama.
  • Ukuran kedalaman standar bathtub adalah sekitar 14-17 inci, yang hanya menutupi tubuh bagian bawah. Untuk proses terapi dan relaksasi, seluruh tubuh harus tenggelam dalam air hangat untuk melancarkan sirkulasi darah dan membantu menghilangkan stress. Oleh karena itu carilah ukuran ke dalam gaya Eropa yang sekitar 18 inci atau gaya Jepang yang bisa memiliki kedalaman hingga 22 inci atau lebih.
  • Kombinasikan bathtub dengan shower. Pikirkan dengan matang saat akan menambahkan bathtub di kamar mandi yang kecil ukurannya. Anda mungkin bisa mengkombinasikan langsung bathtub dengan shower agar bisa lebih menghemat tempat. Lebih baik pilih bathtub berbentuk P karena memiliki lengkungan bak yang agak besar dan pastikan bathtub Anda tidak mudah licin saat basah.
  • Pisahkan bathtub dengan kamar mandi utama karena biasanya mandi di bathtub akan memakan waktu lebih lama.

Merawat Bathtub


Bathtub memang tidak murah harganya, untuk itu sebaiknya bathtub dirawat agar tidak kotor dan kusam
karena pemakaian yang bisa terjadi akibat sisa tetasan air, sabun atau karena kualitas air yang buruk. Berikut beberapa langkah merawat bathtub:

  • Biasakan untuk mengisi bathtub dengan air dingin terlebih dahulu baru kemudian air panas, jika langsung mengisinya dengan air panas lama kelamaan bathtub akan cepat retak-retak.
  • Biasakan mengucurkan air sepanas mungkin selama beberapa saat terutama pada bagian yang kotor cagar mudah dibersihkan.
  • Bathtub yang sudah menguning dapat kembali mengkilap dengan membuat larutan garam dan dicampur terpentin, gosokan, lalu bilas.
  • Bila bathtub memiliki noda membandel, segera ambil tawas lalu hancurkan. Campurkan dengan sedikit air sehingga membentuk cream kental, lalu gosokan pada noda yang membandel. Bila nodanya tetap membandel beri sedikit perasaan jeruk nipis atau lemon pada krim tawas. Oleskan larutan ini pada noda dan biarkan mengering. Setelah itu beri lagi perasaan jeruk nipis atau lemon baru digosok.Terakhir bilas dengan air bersih. 
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment