Putih Semangka Turunkan Berat Badan

Jika makan semangka, seseorang pasti hanya makan daging buahnya yang berwarna merah maupun kuning segar. Pastinya bagian putih yang dekat dengan kulit semangka yang berwarna hijau dibuang. Mulai sekarang jangan buang bagian putihnya. Pasalnya, dengan rutin makan bagian putih semangka, berat badan Anda akan turun. Tubuh pun akan menjadi langsing. Benarkah?

Rasa buah semangka yang berwarna merah maupun kuning memang segar. Rasanya yang manis dan renyah menjadi daya tarik tersendiri bagi pe-nikmatnya. Kandungan air yang cukup tinggi pada buah semangka membuat rasa dahaga pun sirna dan tenggorokan pun lebih segar. Ketika makan semangka, pastinya Anda hanya makan daging buahnya yang berwarna merah maupun kuning. Namun, bagian putih yang dekat dengan kulit semangka yang berwarna hijau pastinya dibuang ke tempat sampah.


Daging buah semangka memang memiliki kesegaran yang luar biasa karena kaya akan mineral alami, yang mampu menghi-langkan dahaga dan mengatasi dehidrasi. Kandungan airnya yang melimpah, menjadikan semangka mampu menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel pada kulit sehingga kulit akan semakin halus. Semangka juga mengandung mineral, vitamin, zat antioksidan serta kalori yang cukup rendah.

Lantas bagaimana dengan bagian putih semangka? Biasanya bagian putihnya akan berakhir di tempat sampah. Memang banyak yang kurang menyukai bagian kulit putih dari semangka. Di samping ketika digigit akan terasa keras, bagian putih dari semangka tersebut rasanya kurang manis. Tetapi tahukah Anda bahwa bagian putih dari semangka justru mengandung manfaat bagi tubuh, tak kalah dengan bagian buah semangkanya? Jadi, mulai saat ini jangan buang lagi ya bagian putih semangka.

Turunkan Berat Badan

Bahkan, sebenarnya manfaat dan khasiat bagian putih semangka ini lebih besar dibandingkan buahnya. Bagian putih pada buah semangka sebenarnya sangat bagus dikonsumsi. Bagian tersebut memiliki banyak khasiat, antara lain mampu menurunkan berat badan dengan menghancurkan lemak-lemak. Bagian putih dari semangka mengandung banyak vitamin, kalori yang rendah serta bebas kolesterol.

Kulit buah semangka yang berwarna putih kehijau-hijauan mengandung sejumlah nutrisi yang penting bagi kebutuhan sehari-hari. Dalam potongan berukuran 2,5 x 2,5 cm kulit semangka mengandung 1,8 kalori yang berguna bagi tubuh. Bagian putih semangka juga mengandung 2 persen vitamin C dan 1 persen vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh.

Semangka juga mengandung banyak serat yang dapat membantu mencegah rasa lapar. Di samping itu, semangka juga mengandung berbagai macam vitamin seperti vitamin A, C, B6 serta thiamin, serta kaya akan elektrolit yang bisa mencegah dehidrasi. Bagian putih semangka ini bagus dikonsumsi sehari-hari, terutama oleh mereka yang sedang menjalani program diet. Bagian ini bisa membuat perut kenyang lebih lama.

Cara mengonsumsi bagian kulit semangka adalah dengan dua cara, yakni dijus tanpa menggunakan gula maupun dimakan langsung secara segar.  Untuk membuat jus putih semangka, biasanya satu potong bagian putih dimasukkan ke dalam blender dan dicampur sedikit air. Sebaiknya tidak memakai gula.

Namun yang patut diperhatikan adalah, karena semangka ini termasuk bahan alami maka sifatnya tidak langsung dirasakan. Namun, hasilnya akan diperoleh secara bertahap. Oleh karena itu, sebaiknya bagian putih semangka ini dikonsumsi setiap hari. Dengan rutin makan bagian putih semangka ditambah dengan melakukan pola makan yang baik, minum air putih dan berolahraga, dalam sebulan penurunan berat badan yang bisa dicapai berkisar 2-4 kg.

Tubuh Langsing

Untuk mendapatkan tubuh yang langsing memang harus makan buah-buahan dan sayur-sayuran. Dalam sehari dianjurkan makan 3-7 warna buah-buahan. Di samping itu, pola makan harus dijaga. Sebaiknya jalani pola makan seimbang. Dalam menjalani pola makan seimbang yang terdiri atas sumber karbohidrat (nasi, roti, kentang dan lain-lain), 50 persen protein (lauk hewani dan nabati), 20 persen lemak (gorengan, gajih, margarin), serta 30 persen sayur-sayuran dan buah-buahan sebagai sumber vitamin dan mineral.

Dalam menjalani pola makan seimbang untuk menurunkan berat badan, maka kalorinya diturunkan menjadi 1.200-1.500 kalori per hari untuk wanita de-wasa, dari kalori normal 1.500-2.000 kalori per hari. Di samping itu, pilih menu-menu yang rendah kalori dan lemak. Karena itu tidak dianjurkan banyak makan goreng-gorengan atau bersantan. Yang dianjurkan adalah makanan yang direbus, dikukus, di-sfeam, dipanggang, dipepes, disemur maupun dimasak kuah.

Untuk mengurangi kalori yang pertama kali harus dilakukan adalah tidak makan gorengan dan makanan manis, sebaliknya memperbanyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan, dengan pola seimbang tetap ada karbohidrat, protein dan lemak. Sebaiknya jika ingin menurunkan berat badan, tidak boleh makan karbohidrat sama sekali. Tetapi karbohidrat seperti nasi putih bisa diganti dengan beras merah, kentang rebus, oatmeal atau roti gandum.

Dianjurkan juga minum 1-3 gelas air putih sebelum makan dapat membuat jumlah asupan makanan yang masuk ke dalam perut semakin sedikit. Pola makan yang sehat tentu harus di-imbangi dengan berolahraga. Olahraga yang dapat dipilih adalah olahraga aerobik, seperti jogging, renang, threadmill, sepeda dan lari yang bisa membakar lemak. Jika semua dilakukan dalam sebulan berat badan bisa turun 2-4 kg.

Atasi Jerawat

Kulit semangka yang berwarna putih juga mengandung likopen yang berguna untuk perawatan kulit yang berjerawat. Likopen merupakan sejenis antioksidan yang juga terdapat pada manfaat jeruk. Likopen ini mampu memberikan perawatan terh-adap sel-sel kulit sehingga kulit tampak bersih alami.

Jerawat yang timbul di bagian kulit wajah dapat diber-sihkan dengan kulit semangka. Caranya dengan mengoleskan kulit semangka pada bagian wajah yang berjerawat secara merata. Selain jerawat hilang, wajah pun akan terlihat lebih bersih. Bagian putih semangka digosokkan rutin setiap hari, maka jerawat akan hilang dan kulit lebih cerah.

Di samping untuk kecantikan, semangka juga berkhasiat untuk kesehatan. Di antaranya adalah menjaga kekebalan tubuh dan kesehatan sistem saraf. Kandungan dari kulit semangka yang mengagumkan adalah kandungan citrulline yang berfungsi sebagai antioksidan kuat untuk menjaga tubuh dari radikal bebas.

Selain itu, citrulline juga bisa diubah oleh tubuh menjadi arginine, yaitu asam amino yang mempunyai peranan penting dalam peredaran darah dan sistem kekebalan tubuh. Karena adanya kandungan ini jugalah yang membuat kulit semangka mampu menjadi agen dalam menjaga kesehatan jantung dan impotensi.
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment