iklan space 728x90px

Tips Miliki Rumah Dengan Bantuan Fasilitas KPR

Rumahku istanaku. Peribahasa tersebut sering digunakan untuk menggambarkan pentingnya keberadan rumah bagi seseorang. Tak perduli apakah berukuran kecil atau hanya bangunan sederhana, rumah erat kaitannya dengan kebahagiaan karena menjadi tempat berkumpul bersama keluarga. Itulah sebabnya memiliki rumah sendiri menjadi idaman semua orang. Apalagi rumah merupakan kebutuhan pokok yang sudah sewajarnya dimiliki sebuah keluarga khususnya.

Namun harga rumah yang tidak murah menjadi kendala untuk memiliki rumah sendiri. Contohnya terjadi pada pasangan suami istri muda yang baru menikah. Biasanya pasangan muda belum memiliki tempat tinggal sendiri sehingga membeli rumah menjadi prioritas yang berada dalam wish list. Akan tetapi kondisi keuangan yang belum stabil cenderung menjadi penghambat dalam proses kepemilikan rumah.

Fasilitas KPR - © www.pelitaonline.com

Pada pasangan muda, sumber pendapatan yang belum stabil dan gaya hidup yang cenderung masih konsumtif menjadi kendala bagi pasangan muda dalam proses kepemilikan rumah. Salah satu cara yang umum digunakan ketika belum memiliki uang kontan untuk membeli rumah ialah dengan menggunakan fasilitas Kredit Kepemilikan Rumah (KPR).

Kondisi harga rumah yang terus meningkat tidak sebanding dengan peningkatan penghasilan sehingga akan sulit jika harus menunggu hingga semua uang terkumpul. Dengan menggunakan fasilitas kredit dari bank hal itu dapat teratasi.

Tentunya mengajukan kredit dari bank itu gampang-gampang susah. Banyak langkah yang harus ditempuh sebelum dapat memilki rumah sendiri. Pertama kali tentunya kita harus menentukan rumah yang kita inginkan. Lakukan survei secara cermat, jangan sampai menyesal dikemudian hari mengingat proses pelunasan cicilan biasanya memakan waktu yang lama. Lakukan survei terlebih dahulu pada lokasi rumah idaman. Selidiki harga pasaran di daerah tersebut dan kondisi rumah yang diinginkan, cari tahu juga proyeksi kenaikan harga karena akan menjadi aset di masa depan.

Tak lupa jika memilih perumahan dengan pembangunan oleh developer tertentu, maka pilihlah developer /pengembang yang terpecaya. Jangan sampai kualitas rumah tidak sebanding.dengan harga rumah. Atau jangan-jangan pengembang kurang peduli dengan fasilitas umum di lingkungan perumahan yang Anda pilih karena hanya berorientasi keuntungan. Alhasil sebagai konsumen Anda akan dirugikan, padahal cicilan rumah tetap harus dibayarkan ke pihak bank yang menalangi KPR kita.

Bila hanya memiliki budget terbatas, carilah rumah di pinggir kota. Saat ini banyak pengembang yang membangun perumahan di pinggiran. Selain lebih terjangkau, Anda juga bisa mendapatkan rumah baru. Setelah yakin dengan rumah yang Anda incar, segera beri tanda jadi pada pengembang atau pemilik rumah untuk memastikan harga rumah yang diinginkan tidak naik lagi atau diambil orang lain.

Langkah selanjutnya yang harusa diambil ialah mengajukan kredit ke bank yang dipilih. Bilaa mengambil rumah melalui pengembang biasanya mereka telah memiliki rekanan bank sendin sehingga proses ajuan akan lebih mudah.

Tanyakan secara terperinci syarat dan ketentuan apa saja yang dibutuhkan untuk mendapat persetujuan dari bank. Biasanya proses pengajuan memakan waktu lama bisa mencapai lebih dari satu bulan. Selama data dan syarat yang diminta lengkap, biasanya proses pengajuan akan berjalan lancar.

Namun tentunya masih ada kemungkinan ajuan Anda ditolak. Jangan berkecil hati! Masih banyak jalan lain, misalnya mencari rumah yang lebih murah atau mengumpulkan uang muka lebih besar terlebih dahulu. Yang pasti memiliki rumah adalah investasi yang menguntungkan.
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Tips Miliki Rumah Dengan Bantuan Fasilitas KPR"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News