IBX59ED8B2FED208 Mengenal Partisi untuk Mempercantik Rumah Anda - Jendela Informasi

Mengenal Partisi untuk Mempercantik Rumah Anda

Mengenal Partisi untuk Mempercantik Rumah Anda - Deain interior dalam rumah mengalami kemajuan, seiring dengan perkembangan tren. Berbagai jenis desain telah menjadi tren dalam masanya, seperti klasik, modern, vintage sampai minimalis. Kesemuanya diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan dan trennya. Partisi merupakan salah satu dari komponen desain interior yang juga mengalami perkembangan. Partisi artinya sekat atau pembatas ruangan. Sebenarnya sama dengan dinding ruangan yang fungsinya sama-sama sebagai pembatas ruangan.Tetapi jika dinding adalah pembatas yang kaku dan bersifat permanen, sementara partisi adalah penyekat yang lebih fleksibel. Partisi dapat dipasang dan dipindah sesuai keinginan. Banyak juga yang menyebut partisi ini sebagai 'dividers' atau 'screens'. Partisi banyak digunakan terutama untuk rumah-rumah dengan ruangan yang cukup luas, kemudian sang pemilik ingin membagi ruangan tersebut ke dalam beberapa bagian.

Partisi merupakan salah satu elemen yang membagi ruangan ke dalam beberapa bagian. Partisi hadir tidak hanya sebagai pelengkap tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk mempercantik ruangan. Bentuknya bisa berupa papan pembatas, lemari, rak kaca atau hanya sekesar hiasan/pajangan. Sekarang ini telah banyak berbagai model serta desain partisi dengan konsep dan penataan tertentu, misalnya untuk konsep bisnis, personal, maupun komersial. Selain itu, tersedia juga beragam partisi dari bahan-bahan yang bervariasi pula. Jika bosan dengan partisi yang ditawarkan di pasaran.Anda bisa saja mengolah dan mendesain partisi sesuai dengan kreasi Anda masing-masing. 






Desain partisi ruangan © www.desainic.com


  1. Permanen, yaitu partisi yang dibuat khusus sebagai pembatas ruang dan tidak dapat dipindahkan kecuali dengan dibongkar. Umumnya partisi jenis ini dibuat menyatu dengan struktur atau komponen bangunan, seperti menyatu dengan struktur dinding atau menyatu dengan kolom, menyatu dengan rangka plafon atau lantai.
  2. Non permanen, yaitu partisi yang ukuran, bentuk, dan modelnya fleksibel sehingga mudah untuk dipindahkan. Partisi jenis ini sering kali dapat berubah fungsi, sekali waktu dapat berubah menjadi backdrop ataupun hanya sebagai penutup ruang.
  3. Masif, yaitu partisi yang berfungsi menutupi tampilan baik secara visual maupun audio. Partisi jenis ini digunakan sebagai pembatas ruang yang memerlukan tingkat privatisasi tinggi.
  4. Transparan, yaitu partisi yang hanya berfungsi sebagai pembatas ruang gerak dan audio tapi hubungan secara visual masih dapat terjadi. Umumnya partisi menggunakan bahan-bahan kaca bening yang memungkinkan cahaya atau pandangan visual masuk namun meminimalisasi ruang gerak dan hubungan audio (kebisingan).
  5. Semi Transparan, yaitu partisi yang mengombinasikan prinsip masif dan transparan. Material yang digunakan sangat beragam dapat berupa susunan bambu, kayu atau kombinasi bata. Partisi semi transparan membatasi ruang gerak, tetapi masih memungkinkan terjadinya hubungan audio atau visual.

Karena sifatnya yang membagi ruangan dan berfungsi sebagai aksesoris, penempatan serta jenis partisi harus benar-benar diperhatikan. Partisi adalah bagian dari desain interior karena itu harus disesuaikan dengan konsep interior rumah. Pakailah jasa desain interior untuk membuat partisi karena mereka biasanya lebih ahli agar terjadi harmonisasi dalam ruangan Anda. 

0 Response to "Mengenal Partisi untuk Mempercantik Rumah Anda"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.