IBX59ED8B2FED208 Strategi Agar Pengajuan KPR Disetujui - Jendela Informasi

Strategi Agar Pengajuan KPR Disetujui

Strategi Agar Pengajuan KPR Disetujui - Manusia memiliki tiga kebutuhan pokok yakni sandang, papan dan pangan. Papan atau tempat tinggal nungkin termasuk yang paling sulit dimiliki secara pribadi karena harganya yang mahal, namun tempat tinggal atau rumah pula lah yang memiliki nilai investasi yang akan terus meningkat. Mengingat peningkatan harga rumah atau properti yang tidak sebanding dengan peningkatan penghasilan, ada baiknya rumah menjadi salah satu prioritas untuk dibeli.

Namun harga rumah yang cukup tinggi menyebabkan tidak semua orang sanggup membelinya secara tunai dan langsung. Untungnya kini ada fasilitas Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) yang ditawarkan oleh hampir semua bank, fasilitas ini membuat kita mampu memiliki rumah dengan cara mencicil. Biasanya bank akan membantu mengcover hingga maksimal 70% dari keseluruhan harga rumah yang ingin dimiliki untuk kemudian dicicil sisanya. Misalnya dari harga rumah 200 juta maka minimal pemohon wajib nemiliki 60 juta rupiah sebagai down payment atau uang nuka. Sisa nilai tersebutlah yang akan dibayarkan terlebih dahulu oleh bank untuk kemudian kita angsur per bulan dalam kurun waktu tertentu.


Sayangnya tidak semua permohonan KPR yang diajukan akan disetujui oleh bank. Sebelum keputusan proses KPR diberikan akan dilakukan analisa yang menentukan hasil akhir pengajuan kredit. Selama kita masuk ke dalam kriteria pemohon KPR, maka kita bisa mengajukan kredit. Berikut beberapa hal yang menjadi kriteria wajib bagi pemohonon KPR ialah pemohon harus berusia maksimal 50 tahun dan sudah bekerja serta memiliki penghasilan tertentu. Besaran pendapatan juga minimal tiga kali lipat dari besaran angsuran. Selain itu pemohon juga tidak boleh masuk daftar blacklist kredit dari bank.

Bila Anda termasuk dalam kriteria tersebut dan berniat mengajukan KPR ke bank, selain melengkapi syarat dan dokumen yang diminta ada baiknya melalukan beberapa tips di bawah ini agar permohonan Anda disetujui: 
  1. Proses pengajuan KPR ke bank biasanya memakan waktu lama. Setelah lama menunggu belum tentu pengajuan kredit Anda disetujui. Untuk itu sebaiknya ajukan kredit ke sebanyak mungkin bank, bahkan bank yang sama di cabang yang berbeda. Ada baiknya kita juga memilih proses kredit yang paling menguntungkan nantinya.
  2. Perhatikan cash flow Anda, pastikan rekening bank Anda aktif.
  3. Sebelum mengajukan pinjaman sebaiknya perbaiki catatan bank Anda. Sebisa mungkin ada rutinitas transaksi di rekening Anda.
  4. Perbaiki pembayaran pinjaman atau kredit lainnya. Usahakan jangan sampai ada pembayaran tagihan yang macet.
  5. Ada baiknya mengatur proporsi cicilan hutang Anda apabila Anda memiliki cicilan kendaraan bermotor atau yang lainnya. Jangan sampai kualitas cicilan Anda nilainya tidak lancar.
  6. Usahakan untuk tidak mengajukan KPR Anda pada bulan Desember karena biasanya bank sedang sibuk tutup buku, akibatnya pengajuan tertunda. Sebaiknya ajukan saja di tahun berikutnya.

Demikianlah beberapa tips agar ajuan KPR Anda disetuju. Semoga ajuan kredit Anda disetujui. 

0 Response to "Strategi Agar Pengajuan KPR Disetujui"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.