IBX59ED8B2FED208 Waspadai, Gonta Ganti Kosmetik Sebabkan Alergi! - Jendela Informasi

Waspadai, Gonta Ganti Kosmetik Sebabkan Alergi!

Setiap wanita ingin tampil cantik dengan pulasan kosmetik atau make up yang menarik. Tidak puas dengan satu produk kosmetik biasanya wanita akan berganti dengan kosmetik lain. Ditambah semakin berkembangnya varian kosmetik yang ada di pasaran membuat para wanita ingin terus mencoba. Namun, seringnya berganti kosmetik justru akan membuat kulit menjadi alergi, terlebih pada seorang yang memiliki jenis kulit sensitif. Bagaimana sebaiknya?

Kosmetik atau make up merupakan alat penunjang utama untuk kecantikan wanita. Banyaknya produk kosmetik tidak membuat para produsen berhenti untuk membuat produk baru. Justru semakin banyak produk baru yang dikeluarkan karena banyaknya permintaan pasar. Saat ini kosmetik bagi wanita merupakan sebuah alat kecantikan yang harus dimiliki, meskipun harus mengeluarkan kocek berlebih.


Kosmetik dengan harga yang mahal seharusnya sangat aman digunakan untuk kulit wajah. Namun tidak sedikit kosmetik tersebut menimbulkan alergi dan maslah kulit lain seperti jerawat. Hal tersebut bisa terjadi karena terkadang seseorang membeli kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit dan hanya mengikuti tren semata.

Gonta-ganti Kosmetik
Banyaknya masalah kulit wajah yang terjadi seperti alergi, kulit kemerahan atau timbulnya jerawat akibat seringnya berganti kosmetik. Meski masalah tersebut merupakan sebuah masalah yang kerap terjadi pada wanita, namun hal ini tidak membuat wanita jera untuk bergonta-ganti kosmetik.

Anggapan bahwa seringnya berganti kosmetik akan membuat kulit menjadi rusak memang benar. Karena kulit secara terus menerus dipaksa untuk menyesuaikan dengan kandungan bahan kimia yang terdapat dalam kosmetik tanpa adanya jeda. Kulit menjadi tidak ternetralisir dan beristirahat dari pengaruh kosmetik yang sebelumnya digunakan. Kulit menjadi jenuh dan kulit lama-lama akan menjadi kebal, sehingga akan lama untuk memperbaiki kondisi kulit dengan produk lain.

Jika ingin berganti kosmetik sebaiknya terlebih dahulu mengetahui jenis kulit, agar tidak salah pilih kosmetik dan menyebabkan kulit menjadi rusak. Berganti kosmetik terlalu sering tidaklah baik, karena sering mengganti kosmetik belum tentu cocok pada semua jenis kulit, terlebih bagi seseorang yang memiliki jenis kulit sensitif.

Terlalu sering berganti kosmetik akan menyebabkan kulit menjadi timbul alergi, iritasi pada kulit wajah, kemerahan, gatal-gatal dan permukaan jadi kasar. Tidak hanya itu terkadang berganti kosmetik juga akan menyebabkan timbulnya masalah jerawat lalu dapat menjadi vlek hitam yang membekas.

Reaksi yang ditimbulkan ada reaksi yang timbul secara cepat dan reaksi yang timbul secara lambat. Untuk reaksi yang timbul secara cepat biasanya wajah akan gatal dan kemerahan. Hal ini akan terjadi pada seseorang yang memiliki jenis kulit wajah sensitif. Untuk reaksi lambat, biasanya selama satu sampai dua hari wajah akan berjerawat. Jika sudah seperti itu maka kosmetik yang digunakan tidak sesuai dengan jenis kulit dan sebaiknya cepat dihentikan.

Kosmetik yang sering menyebabkan alergi atau tidak cocok terhadap kulit adalah jenis kosmetik seperti krim pagi atau siang, sunblock, foundation dan bedak. Komposisi yang terdapat pada foundation dan krim lainnya lebih berat dibandingkan kosmetik lain seperti lipstik atau blush on.

Seringnya berganti kosmetik jenis ini akan menyebabkan kulit menjadi alergi dan berjerawat. Disebabkan pemakaian kosmetik yang tidak dibersihkan dengan baik lalu berganti kosmetik lain dengan bahan yang berbeda akan membuat kosmetik menumpuk pada kulit dan menyumbat pori-pori. Akibatnya, timbul jerawat dan alergi. Sementara pemakaian lipstik yang tidak tepat akan membuat bibir menjadi gatal. Seringnya berganti kosmetik seperti eyeliner yang tidak tepat dapat menyebabkan rasa gatal pada mata hingga mata berair.

Hentikan Pemakaian
Jika sudah terlanjur berganti kosmetik dan berdampak pada kulit seperti alergi, kemerahan pada kulit atau jerawat, cara yang paling tepat untuk mengatasinya adalah dengan menghentikan pemakaian kosmetik. Setelah itu diberikan krim antiiritasi dan segeralah berkonsultasi pada dokter kulit. Pada saat konsultasi biasanya dokter akan memberikan krim alergi dan obat yang diminum jika alergi yang ditimbulkan sudah sangat parah.

Jika ingin berganti kosmetik sebaiknya ketahui dahulu produk yang akan dibeli. Untuk mengetahui kosmetik tersebut aman dan baik bagi kulit sebaiknya pilih kosmetik yang tidak diuji coba pada binatang. Selain itu, memiliki izin dari BPOM. Sementara yang paling aman adalah sebaiknya pilih kosmetik yang mengandung hipoalergenic dan non parfume atau parfume free.

Jika hendak berganti kosmetik sebaiknya dicoba terlebih dahulu produk yang akan dibeli. Untuk mengetahui produk kosmetik tersebut cocok untuk kulit, sebaiknya oleskan produk pada kulit di bagian belakang daun telinga atau pada tangan. Jika kemudian timbul gatal menandakan kosmetik tersebut tidak cocok pada kulit. Yang terpenting dalam memilih kosmetik adalah tidak meniru orang lain, tetapi kandungan yang terdapat dalam kosmetik cocok terhadap kulit Anda.

Kosmetik saat ini merupakan pilihan yang paling populer di seluruh dunia. Kosmetik dapat digunakan oleh wanita di mana pun dan siapa pun, tetapi kosmetik sebaiknya tidak digunakan oleh anak yang berusia di bawah 15 tahun. Pasalnya, pada usia tersebut kulit masih rentan dan dengan mudah memicu timbulnya alergi pada kulit. Namun saat ini banyak kosmetik yang diciptakan untuk remaja dengan kandungan bahan ringan dan tidak seberat kosmetik orang dewasa.

0 Response to "Waspadai, Gonta Ganti Kosmetik Sebabkan Alergi!"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.