IBX59ED8B2FED208 Cara-cara Atasi Biang Keringat Dan Alergi Cuaca - Jendela Informasi

Cara-cara Atasi Biang Keringat Dan Alergi Cuaca

Cara-cara Atasi Biang Keringat Dan Alergi Cuaca - Saat ini Indonesia memang sedang memasuki musim kemarau panjang. Namun, panasnya cuaca akhir-akhir ini membuat sebagian orang merasa terganggu. Tidak hanya dapat membakar kulit tubuh, cuaca panas biasanya membuat orang semakin banyak mengeluarkan keringat. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya biang keringat. Tentu akan sangat mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas. Terlebih jika biang keringat tersebut menimbulkan gatal dan bintik-bintik pada kulit serta dapat menyebabkan iritasi. Selain itu, tidak sedikit orang yang memiliki alergi terhadap cuaca terutama saat cuaca panas. Lalu bagaimana cara mengatasi biang keringat dan alergi cuaca?

Keringat yang terlalu banyak pada tubuh akan menyebabkan biang keringat. Perlu diketahui bahwa biang keringat yang biasanya banyak dialami oleh balita dan anak-anak, juga dapat dialami oleh orang dewasa. Pada dasarnya biang keringat tidak memiliki cara pengobatan khusus. Namun jika biang keringat dibiarkan dapat menimbulkan masalah baru pada kulit. Meskipun terbilang sepele, mengatasi biang keringat harus teliti agar tidak timbul iritasi pada kulit. Kulit yang sensitif juga akan lebih mudah terkena biang keringat karena kulit sensitif biasanya akan lebih mudah timbul kemerahan dan gatal jika terkena udara panas.


Cuaca yang terik tidak hanya dapat menyebabkan timbulnya biang keringat. Ada sebagian orang yang memiliki alergi terhadap cuaca. Jika mengalami alergi terhadap cuaca, maka menyebabkan kulit menjadi gatal dan terjadi iritasi jika rasa gatal digaruk dengan keras. Alergi juga menyebabkan orang menjadi kurang percaya diri karena akan menyebabkan bentol-bentol merah atau bintik-bintik merah pada kulit.

Soal biang keringat dan alergi panas yang kerap dialami di musim panas ini, menurut dr. Patricia Wijaya, M.M, biang keringat dan alergi merupakan dua hal yang sangat berbeda. Biang keringat merupakan terjadinya penyumbatan pada pori-pori kulit yang mengakibatkan stagnan atau cairan tidak bisa keluar dan akhirnya akan mengumpul di bawah jaringan. Jika terinfeksi dengan bakteri staphylococcus epidermis maka akan menyebabkan gatal dan peradangan.

Sedangkan alergi merupakan faktor lain di mana alergi biasanya terjadi akibat pengaruh terhadap imunitas
atau bahkan gen seseorang terhadap suatu barang atau bahan dimana orang normal pada umumnya tidak alergi. Biang keringat dan alergi dapat terjadi pada siapa saja, baik anak-anak hingga orang dewasa. Faktor penyebabnya bisa dikarenakan udara yang terlalu panas, pakaian yang terlalu ketat yang dapat menyumbat jaringan keringat. Sedangkan faktor yang menyebabkan terjadinya alergi adalah seperti makanan, obat-obatan serta faktor cuaca.

Cara Mengatasi Biang Keringat

Untuk mencegah atau menghindari biang keringat dan alergi yang harus dilakukan adalah dengan menghindari penyebab utama atau faktor utama. Penyebab biang keringat yang paling utama adalah udara. Jika suhu udara sedang panas, maka tubuh akan lembab karena banyaknya keringat yang dikeluarkan.

Pada saat cuaca panas sebaiknya menghindari mengenakan busana yang terlalu ketat. Pasalnya, busana yang terlalu ketat akan menimbulkan reaksi biang keringat di area kulit. selain itu, kulit harus tetap kering dan tidak boleh lembab untuk menghindari penyumbatan keringat pada kulit.

Biang keringat dapat dengan mudah diatasi. Seperti yang diketahui bahwa yang menyebabkan biang keringat adalah penyumbatan jaringan kelenjar keringat tersebut. Untuk itu harus menghindari faktor yang menyebabkan penyumbatan keringat tersebut. Contohnya udara panas, tidak mengenakan busana yang terlampau ketat. Selain itu, mandi sebaiknya dilakukan hingga bersih dan tidak boleh memakai busana yang terlalu lembab. Sebaiknya kulit dijaga agar tetap kering sehingga tidak lembab dan penyumbatan tidak terjadi.

Cara Mengatasi Alergi Cuaca

Mengatasi alergi sebenarnya merupakan hal yang sangat mudah. Namun alergi ternyata dapat membahayakan hingga mematikan jika alergi tersebut sudah sangat parah. Jika Anda tidak ingin alergi muncul maka sebaiknya menghindari penyebab utama alergi seperti makanan. Pada umumnya makanan yang sering menyebabkan alergi seperi, ikan, cokelat dan kacang.

Selain itu obat-obatan, seperti obat yang disuntik atau diminum dapat menimbulkan alergi bagi yang memiliki imun tidak kebal. Dampak alergi pun bermacam-macam. Mulai dari dampak yang paling ringan seperti gatal-gatal, bersin, kulit menjadi merah hingga dampak alergi yang paling berat adalah timbulnya shock anafilaktik dan bahkan sampai menimbulkan kematian.

Shock anafilaktik merupakan keadaan alergi yang mengancam jiwa yang ditandai dengan penurunan tekanan darah secara tiba-tiba dan penyempitan seluruh pernafasan yang dapat menyebabkan penderita jatuh pingsan dan tidak sadarkan diri. Hal ihi biasanya dipacu oleh reaksi alergi yang disebabkan oleh respons sistem kekebalan tubuh yang abnormal terhadap benda asing.

Zat-zat kimia yang dilepaskan oleh sistem kekebalan tubuh sewaktu terjadi reaksi alergi menyebabkan pembuluh darah melebar, menurunkan tekanan darah secara mendadak dan penurunan aliran darah ke otak. Karakteristik gejala dari shock anafilaktik termasuk nadi cepat, lemah, timbul ruam pada kulit, mual, muntah dan anggota gerak yang hangat. Untuk mengatasi penderita shock anafilaktik maka diperlukan injeksi epineferin segera mungkin dan harus segera dibawa ke rumah sakit, karena hal ini dapat menyebabkan kematian dengan cepat.

Selain menghindari penyebab utama atau pencetusnya yang menimbulkan alergi, biasanya jika sudah terjadi alergi pasien akan diberikan lotion yang mengandung cammomile untuk mendinginkan kulit. Dapat juga diberikan bedak pada daerah kulit yang gatal dan alergi. Dan jika sudah terjadi reaksi peradangan biasanya dokter akan memberikan salep seperti hydrocortisone untuk meredakan peradangan. Namun jika faktor utama atau pencetusnya tidak dihindari maka alergi tidak akan timbul terus menerus meskipun telah menggunakan obat.

Efek Samping

Efek samping yang dapat ditimbulkan dari biang keringat adalah lentingan-lentingan yang timbul pada kulit merah yang di dalamnya terdapat cairan. Hal ini yang menyebabkan gatal. Jika semakin lama lentingan atau biang keringat digaruk maka akan timbul infeksi atau infeksi sekunder yang biasanya akan menyebabkan infeksi kulit. Jadi sebaiknya saat timbul biang keringat pada kulit tubuh, maka tidak dianjurkan untuk digaruk.

Selain itu, bagi yang memiliki kulit sensitif sebaiknya hindari pemakaian busana yang merangsang kulit. Pasalnya, busana seperti itu akan menimbulkan biang keringat atau gatal pada saat cuaca panas atau pada saat cuaca dingin. Selain tidak memakai busana yang terlalu ketat, sebaiknya juga pilih busana yang tidak terlalu panas, tidak terlalu tebal, dapat menyerap keringat serta dengan potongan tidak ketat agar dapat memicu timbulnya biang keringat dan alergi.

Di samping itu, sebaiknya konsumsi makanan yang dapat membersihkan radikal bebas dan memiliki banyak vitamin. Dianjurkan banyak konsumsi buah-buahan segar yang banyak mengandung vitamin C dan vitamin A. Dianjurkan juga makan sayur-sayuran hijau agak kulit tetap sehat.

0 Response to "Cara-cara Atasi Biang Keringat Dan Alergi Cuaca"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.