Daun Afrika Ampuh Turunkan Kadar Gula Darah

Daun Afrika Ampuh Turunkan Gula Darah - Belum banyak yang mengenal daun afrika. Padahal manfaatnya sangat dahsyat, yaitu menurunkan kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes melitus (DM) atau kencing manis. Daun afika ini bisa dijadikan lalapan atau direbus. Jika dikonsumsi dalam tiga hari saja kadar gula darah yang tinggi bisa turun. Benarkah daun afrika ampuh turunkan kadar gula darah?

Baru-baru ini dunia kesehatan herbal dihebohkan dengan penemuan daun yang memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan. Daun tersebut dikenal dengan nama daun afrika. Meski membawa nama afrika, namun hingga saat ini belum diketahui pasti daun tersebut berasal dari mana. Namun di negeri China daun ini sudah sering digunakan sebagai obat herbal oleh masyarakat.


Di China daun afrika ini disebut dengan nama Nan FeiShu. Karena memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan, di antaranya sebagai anti-diabetes yang dapat menuruhkan kadar gula darah pada penderita diabetes melitus (DM) maka tanaman yang satu ini sedang dikembangkan di Indonesia. Di Indonesia daun ini belum terlalu dikenal masyarakat. Pengembangan tanaman ini dengan cara stek.

Daun afrika memiliki rasa yang pahit. Menurut Prof. Dr. Sumali Wiryowidagdo, Guru Besar Farmasi Ul, hingga saat ini masih dalam tahap penelitian sehingga belum teridentifikasi kandungan apa saja yang ada di dalam daun tersebut. Namun, tanaman obat memang biasanya digunakan secara empiris terlebih dulu berdasarkan pengalaman.

Setelah secara empiris sebuah tanaman bisa dijadikan obat-obatan, baru kemudian dilakukan penelitian. Daun afrika baru ditemukan, dan kemudian ketika digunakan ternyata ada manfaatnya. Manfaat daun afrika yang baru diketahui adalah menurunkan kadar gula darah penderita DM. Meski demikian belum diketahui berapa persen tingkat penurunan yang terjadi karena penggunaannya baru secara empirik.

Daun Afrika Ampuh Menurunkan Kadar Gula Darah
Untuk mengobati atau menurunkan kadar gula darah, maka daun afrika sebaiknya dikonsumsi setiap hari. Cara konsumsinya dengan dijadikan lalapan maupun direbus. Jika dimakan secara mentah atau lalapan, sebaiknya daun afrika dimakan tiga kali sehari, dibarengi dengan jam makan yaitu makan pagi, siang dan malam hari.

Sekali makan cukup 3-5 lembar daun afrika, tergantung ukuran besar atau kecilnya. Jika daunnya besar, maka cukup konsumsi 3 lembar daun afrika pada sekali makan. Tetapi jika daunnya kecil maka sebaiknya dikonsumsi sebanyak 5 lembar daun afrika.

Sementara jika ingin dibuat rebusan, gunakan daun afrika sebanyak 5 lembar, lalu direbus dengan air secukupnya. Air rebusan ini akan menghasilkan 1 gelas rebusan daun afrika. Selanjutnya daun afrika diminum secara rutin 3 kali sehari. Air rebusan bisa diminum sebelum maupun sesudah makan, tetapi lebih baik sesudah makan. Tujuan dari minum daun afrika adalah untuk mengekstraksi atau mengambil zat-zat yang berkhasiat di dalam daun.

Jika dikonsumsi secara rutin selama tiga hari, maka daun ini bisa menurunkan kadar gula darah penderita DM. Jika persentase kadar gula darahnya sudah turun, maka dosis untuk minum rebusan daun afrika atau makan lalapan daun afrika harus diturunkan. Misalnya dari 5 lembar daun afrika, cukup digunakan 3 lembar daun afrika.

Selain itu, jumlahnya juga harus dikurangi. Jika biasanya diminum 3 kali sehari, maka jika kadar gula sudah turun ini cukup 2 kali sehari saja, pada pagi dan sore hari. Namun, jika kadar gula darah sudah normal maka sebaiknya daun afrika diminum 1 kali sehari saja sebagai pengganti minum teh, misalnya pada pagi hari, sebagai upaya maintenance agar kadar gula darah stabil.

Efek samping tidak diketahui secara pasti karena masih dalam proses penelitian. Tetapi pada beberapa orang sulit mengalami buang air besar (BAB). Misalnya, mereka yang BAB setiap hari, setelah makan atau minum rebusan daun afrika BAB-nya menjadi 2-3 hari sekali. Tetapi persentase yang mengalami sulit BAB sedikit.

Diabetes Melitus (Kencing Manis)
Seseorang dikatakan menderita diabetes melitus (DM) atau kencing manis bila pada pemeriksaan kadar gula darah puasanya melebihi angka 126 mg/dl, atau dua kali berturut-turut pemeriksaan gula darah 2 jam sesudah makan angka yang didapat melebihi 180 mg/dl. The American Diabetes Association merekomendasikan kadar glukosa setelah makan kurang dari 180 mg/dl dan sebelum makan 90-130 mg/dl.

DM dialami seseorang selain karena ada faktor keturunan, juga karena pola makan yang salah. Volume atau kadar gula darah akan meningkat bila sering makan makanan dengan kadar karbo-hidrat yang cukup tinggi yang mengakibatkan kadar glukosa darah semakin meluas dan pembuluh darah semakin menyempit.

DM disebut juga penyakit gula, merupakan penyakit yang disebabkan karena terjadinya kelainan pada proses metabolisme tubuh. Penyebabnya berbagai macam faktor seperti kadar glukosa yang berlebihan di dalam darah. Hal tersebut menyebabkan insulin di dalam tubuh tidak bekerja dengan baik karena tidak mampu memecahkan glukosa.

Penyakit DM ada dua jenis. Pertama, diabetes yang disebabkan tubuh tidak mampu menghasilkan insulin atau menggunakan glukosa yang disebabkan oleh sel penghasil insulin hancur karena adanya virus. Kedua. diabetes yang masih mampu menghasjikan insuin pacta pankreas. Tetapi ada kalanya insulin tidak bekerja seperti biasanya yang biasa atau disebut dengan insulin resistance.

Untuk diabetes tipe pertama biasanya menyerang mereka yang umurnya di bawah 40 tahun khususnya anak-anak. Sedangkan untuk diabetes tipe kedua biasanya menyerang yang memiliki umur di atas 40 tahun. Gejala awal penyakit ini di antaranya yakni mudah
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment