IBX59ED8B2FED208 Cara Tepat Merawat Veneer Gigi - Jendela Informasi

Cara Tepat Merawat Veneer Gigi

Cara Tepat Merawat Veneer Gigi - Memiliki susunan gigi putih berkilau dapat membuat seseorang tampil percaya diri. Senyuman yang indah dengan deretan glgi yang rata dan bersih akan membuat seseorang terlihat lebih menarik. Kini hal tersebut tidak lagi hanya sekadar impian, dengan prosedur estetika bernama veneer akan membuat dan membentuk gigi tampak putih berkilau dan rata. Namun untuk mendapatkan hasil maksimal dibutuhkan perawatan yang tepat. Seperti apa?

Tren dunia kecantikan saat ini memang kian beragam, mulai dari perawatan kulit hingga perawatan gigi, yaitu veneer. Veneer merupakan prosedur untuk memutihkan dan merapikan gigi secara instan, namun hasilnya mampu bertahan cukup lama yaitu selama 10 tahun. Meskipun termasuk treatment yang lumayan mahal, namun tidak sedikit para wanita rela mengeluarkan koceknya demi mendapatkan gigi putih bak porselen. Oleh sebab itu tindakan veneer haruslah dilakukan dengan dokter yang tepat. Selain itu, juga perlu dilakukan perawatan yang benar secara rutin agar hasil veneer lebih maksimal.

Dikatakan oleh drg. Ali Akbar Alam, veneer merupakan sebuah lapisan gigi berwarna yang terdiri dari komposit, porselen, keramik atau resin akrilik yang terpasang pada gigi. Veneer dapat menutupi hanya bagian luar dan tepi gigi atau dapat menyerupai 3/4 mahkota, tergantung pada jumlah perubahan yang diperlukan. Treatment gigi dengan veneer memiliki kelebihan yang dapat bertahan lama hingga 10 tahun tanpa pengulangan. Bahkan dapat bertahan permanen jika melakukan perawatan secara tepat. Namun untuk menjaga veneer tetap putih sebaiknya pasien yang melakukan veneer memperhatikan kebersihan gigi dengan rutin merawatnya.

Dua Proses
Dalam melakukan treatment veneer ada dua proses yang harus dilakukan. Proses dalam pembuatan sebuah gigi palsu veneer yang pertama adalah proses secara langsung atau (direct) dan yang kedua adalah secara tidak langsung (indirect). Berikut penjelasannya:

1. Proses Secara Langsung (Direct)
Proses pembuatan veneer secara langsung (direct). Bahan dasar yang digunakan untuk membuat veneer tersebut adalah composite. Untuk proses tersebut, dokter gigi dapat langsung melakukan tindakan dengan mengurangi bagian depan gigi asli yang diinginkan untuk diberi veneer kemudian 
ditambal langsung dengan menggunakan composite.

Composite memiliki komposisi yang terdiri dari matriks resin dan partikel pengisi anorganik. Komposisi tersebut berfungsi untuk ketahanan composite dalam kondisi apapun di dalam mulut. Composiiidigunakan karena merrSki warna sealami gigi asli.

2. Proses Secara Tidak Langsung (Indirect)
Dalam proses pembuatan veneer secara tidak langsung (indirect), bahan.dasar yang digunakan untuk membuat veneer tersebut adalah porcelain. Yang dimaksud dengan proses pembuatan . veneer secara tidak langsung (indirect) adalah gigi asfi yang sudah dikurangi bagian depannya oleh dokter gigi. Selanjutnya dicetak dan dikirim ke laboratorium gigi agar dibuatkan gigi palsu veneer porcelain tersebut.

Berikutnya, hasil gigi palsu veneer porcelain yang berwarna seperti gigi asli pasien dan dengan bentuk yang sudah diperindah akan dikirim ke dokter gigi untuk dilekatkan ke gigi asli pasien. Melekatkannya dengan menggunakan lem khusus. Porcelain memiliki komposisi silica (SiOj), feldspar potas (K20. t£f  Al203. 6S/O.J, feldspar soda W  (Na20, Aip^GSiOj, dan pigmen. Porcelain digunakan risf untuk gigi palsu karena UE»'  memiliki warna yang sangat bagus seperti gigi asli dan tidak mudah tergores >.H  karena terdapat lapisan kaca Tj£ di bagian luarnya. 

Sebelum melakukan veneer ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pasien. Sebaiknya pasien terlebih dahulu memastikan gigi bagian belakang dalam kondisi baik. Karena setelah diveneer aktivitas mengunyah makanan akan lebih banyak mengandalkan bagian gigi belakang tersebut. Selain itu kebiasaan menggemeretakkan gigi saat tidur atau bruksisme juga harus dihilangkan.

Pasalnya, menggemeretakkan gigi secara kuat dapat meretakkan lapisan gigi tersebut. Kebiasaan buruktt^: harus dihilangkan agar sete|ah melakukan treatment, veneer gigi selalu dalam kondisi baik. Syarat lainnya yang juga harus dipenuhi adalah kesehatan gusi serta tulang gigi harus dalam keadaan sehat. Jadi tidak bisa langsung melakukan veneer gigi, perlu ada tahapan-tahapan yang harus dilalui.

Treatment veneer pada dasarnya tidak memiliki efek samping yang berbahaya, pemakaian veneer tidak begitu menimbulkan efek buruk yang terlalu besar. Hanya saja veneer berisiko membuat gigi menjadi sensitif bila kondisi gigi masih vital atau sangat tipis. Karena metode pengasahan gigi dan menghilangkan sedikit jaringan di permukaan gigi pada treatment veneer.

Veneer juga sebaiknya dilakukan oleh orang yang telah berusia di atas 21 tahun, karena veneer tidak seperti kawat gigi yang dapat dipakai oleh yang berusia muda. Veneer disarankan dilakukan jika semua gigi telah keluar. Rata-rata gigi terakhir tumbuh ketika usia 20 hingga 21 tahun. Pada usia tersebut adalah waktu yang paling tepat untuk memulai memasang veneer.

Perawatan Gigi
Sebagaimana halnya gigi asli, veneer memerlukan perawatan dan pemeliharaan yang tepat agar veneer lebih tahan lama.
  1. Kontrol. Idealnya, gigi dengan kondisi normal diharuskan memeriksakan ke dokter dua kali setahun. Namun jika sudah memasang veneer, kontrol ke spesialis gigi sebaiknya dilakukan minimal tiga kali setahun. Pada tiga bulan pertama setelah pemasangan, kontrol gigi sebaiknya dilakukan lebih intensif. Selain itu, sebaiknya segera kembali ke klinik jika ada sesuatu yang kurang nyaman atau mengganjal setelah pemasangan veneer agar bisa diperiksa kembali.
  2. Menjaga Makan dan Minum. Setelah memasang veneer, sebaiknya bindari memakan makanan yang terlalu keras atau minuman panas minimal 3-6 bulan. Setelahnya, diperbolehkan memakan makanan apapun asalkan tetap berhati-hati saat mengunyah. Sebaiknya tidak makan yang terlalu panas atau dingin karena akan menimbulkan rasa ngilu.
  3. Kebersihan. Menjaga kebersihan gigi dengan sikat gigi secara teratur minimal 2 kali sehari sebaiknya dilakukan. 



0 Response to "Cara Tepat Merawat Veneer Gigi "

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.