Inilah 5 Resolusi Kesehatan Tahun 2016

Inilah 5 Resolusi Kesehatan Tahun 2016 - Tahun 2015 segera berakhir. Mari bersiap sambut 2016. Bersiap untuk apa? Tentunya bersiap untuk masa depan yang lebih baik dan lebih sehat. Ayo buat resolusi kesehatan untuk dilakukan pada 2016!

Berkomitmen untuk hidup sehat memang seharusnya dimulai dari sekarang. Akan tetapi, momen pergantian tahun sering juga dipakai sebagai penanda dimulainya tahapan baru dalam hidup untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih sehat.

Pada 2015, pola hidup kita mungkin masih jauh dari pola hidup sehat atau kalaupun sudah menjalani pola hidup sehat, tetapi masih keteteran untuk menjalankan komitmen dalam sedikit hal.

Apa resolusi kesehatan Anda di 2016?
Apa pun resolusi Anda, pasrikan itu merupakan komitmen yang akan dijalani dengan sungguh-sungguh. Jangan merasa berat hati, karena kita sendiri kok yang akan mendapatkan keuntungannya. Ayo teguhkan hati, jalankan komitmen, tubuh yang lebih sehat akan menjadi milik kita. 

Konsumsi Air Putih
"Saya agak jarang mengonsumsi air putih. Saya juga sembarangan saja mengonsumsi air, malah lebih banyak teh dan kopi. Tetapi, sepertinya tubuh saya memberikan sinyal bahwa itu salah. Tahun 2016, saya berkomitmen akan minum dua liter air per hari, dan lebih banyak porsi untuk air putih. Mungkin saya harus menyiapkan botol minum besaryang akan saya bawa ke mana pun, supaya selalu ingat untuk meminumnya dan merighabiskannya."

Kita memang harus mengonsumsi air dua liter per hari. Kalau lebih banyak cairan keluar, minumnya harus lebih banyak. Itu adalah kebutuhan air per hari kita. Bila tidak dipenuhi, maka air kencing yang dihasilkan akan menjadi pekat dan lama-kelamaan mudah mengendap, yang akhirnya menjadi batu saluran kencing. Mengonsumsi minuman lain tidak apa-apa, tetapi perlu diperhatikan apakah memiliki penyakit lain seperti diabetes sehingga tidak boleh mengonsumsi minuman manis.

Pola Makan Sehat
"Saya berharap, makin ke sini makin memiliki pola makan yang sehat untuk keluarga. Saya sudah mengurangi pemakaian vetsin, tetapi tahun 2016 saya ingin supaya tidak lagi menggunakan penyedap buatan itu untuk masakan. Jadi, saya akan lebih disiplin lagi untuk menyetok jamur, rumput laut, dan membuat kaldu alami. Tujuannya supaya makanan tetap sedap, anak-anak tetap lahap makan, tapi tanpa penyedap buatan."

Vetsin mengandung monosodium glutamat yang disebutkan dalam beberapa penelitian bisa menyebabkan kanker bila digunakan dalam waktu lama. Pada orang dengan tekanan darah tinggi, vetsin merupakan tambahan natrium yang akan membuat tekanan darah sulit turun. Pada beberapa orang yang sensitif, vetsin sering menimbulkan sakit kepala. Maka dari itu, vetsin sebaiknya dihindari.

Komitmen Joging
"Tahun 2016 ini, saya mau berkomitmen lagi untuk joging setiap hari. Dari pertengahan tahun lalu sudah dimulai, tetapi belum maksimal. Saya mau memperkuat lagi komitmennya untuk 2016. Alasannya karena ingin mencapai berat badan ideal. Dulu sudah sempat ideal, tetapi karena banyak godaan makanan jadi bengkak lagi, hehe..."

Jalan kaki memang sederhana, tetapi manfaatnya sangat banyak. Saat joging atau jalan kaki, seluruh organ tubuh bekerja sesuai fungsinya dengan porsi yang cukup. Sirkulasi darah lancar, kerja otot jantung baik, kekuatan otot tubuh bisa terjaga, sistem pencernaan baik, tulang menjadi kuat, kapasitas paru terjaga, menstabilkan gula darah, menurunkan lemak tubuh, dan relaksasi. Ini sangat baik bila dijadikan rutinitas harian.

Istirahat Cukup
"Karena banyaknya pekerjaan di kantor, saya sering kali harus lembur. Akibatnya, saya kurang istirahat. Rata-rata hanya lima jam per hari dan sering kali hanya empat jam. Istirahat yang cukup itu menjadi keharusan dalam pola diet saya. Berlatih di gym, sekeras apa pun, mengatur pola makan seketat apa pun, kalau istirahat kurang tidak akan berpengaruh apa-apa. Oleh karena itu, prioritas utama saya di 2016 adalah memiliki istirahat yang cukup."' 

Kebutuhan tidur yang cukup adalah 7-8 jam per hari. Akan tetapi, 5-6 jam pun cukup asal kualitasnya bagus, yaitu tidurnya tidak terbangun-bangun dan bisa mengalami tidur yang dalam. Kalau dibiarkan kurang tidur dalam waktu lama, tubuh akan mudah lelah, konsentrasi berkurang, dan berpengaruh juga ke penurunan ketajaman memori. Jika dibiarkan terus, maka hal ini akan menyebabkan sindrom insomnia yaitu kesulitan tidur.

Senam Kardio
"Resolusi saya untuk 2016 adalah bisa menurunkan berat badan. Tentunya, itu juga supaya tubuh lebih sehat. Caranya, saya ingin melakukan senam kardio minimal 20 menit selama tiga kali dalam seminggu. Senamnya di rumah saja, sebelum pergi kerja atau setelah pulang kerja. Saya sudah punya video-video senamnya."

Perempuan cocok untuk mengawali program kebugarannya dengan senam. Awali dengan low impact menjadi high impact. Bagi mereka yang gemuk dan ingin menurunkan berat badan, tidak disarankan lari. Lebih baik jalan atau renang atau senam yang tidak membebani jantung. Untuk permulaan, sebaiknya lakukan 3-4 I   hah per minggu.

Itulah 5 resolusi kesehatan tahun 2016 yang bisa Anda aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga berhasil.
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment