IBX59ED8B2FED208 Cara Tepat Dan Cepat Mengatasi Mimisan Pada Anak - Jendela Informasi

Cara Tepat Dan Cepat Mengatasi Mimisan Pada Anak

Mendengar kata mimisan, mungkin sebagian orang menganggap itu hal yang biasa. Ada yang sudah sering melihat atau mungkin sudah sering mengalami. Meskipun begitu, berhati-hatilah, jangan sampai salah melakukan tindakan pertama dan tetap waspada.

Mimisan atau perdarahan pada hidung memang hal yang sudah sering kita dengar. Perdarahan itu umumnya terjadi pada pembuluh darah bagian depan. Pembuluh darah itu sangat halus sehingga mudah rusak.

Banyak orang yang sudah mengalaminya, terutama anak-anak. Ada yang darahnya cepat berhenti, ada juga yang agak lama baru darah itu berhenti mengucur.

Anak-anak memang lebih rentan mengalami mimisan. Penyebab mimisan sangat banyak. Namun, pada beberapa kasus, ada anak yang sering mengalami mimisan secara spontan, tetapi tanpa penyebab yang spesifik.

Penyebab mimisan yang sering ditemui, antara lain terjadi trauma hidung, mengorek hidung, kelainan darah seperti leukimia dan tumor. Selain itu, mimisan bisa terjadi karena udara kering, tekanan darah tinggi, dan masih banyak lagi.

Mimisan itu umumnya akan berhenti dalam beberapa saat. Namun, ada beberapa orang yang mengalami mimisan cukup lama. Ada pula yang mengalaminya berkali-kali dalam waktu berdekatan. Haras waspada bila mimisan terjadi dalam jumlah yang banyak dan frekuensinya sering.

Bila ada anak-anak yang sering mengalami mimisan, sebaiknya dilakukan pemeriksaan yang detail untuk mencari penyebabnya bila ada yang spesifik. Anak-anak dianggap kelompok yang rentan mengalami mimisan, tapi juga sangat umum. Kewaspadaan ekstra justra harus diberikan bila ada orang dewasa yang masih sering mimisan. Orang dewasa memang jarang sekali mengalami mimisan sehingga jika itu terjadi dikhawatirkan ada masalah serius.

Orang dewasa yang masih sering mimisan harus segera memeriksakan diri ke dokter spesialis THT. Kalau mendengar kata sering, seberapa sering? Itu mungkin menjadi pertanyaan. Seminggu sekali mengalami mimisan sudah bisa dibilang sering. Bila itu terjadi, segeralah menemui dokter.

Mimisan Sebagai Pertanda Penyakit
Meskipun mimisan umum dialami oleh sebagian orang, itu pun harus diwaspadai. Mimisan bisa saja menjadi pertanda bahwa seseorang mengalami salah satu penyakit yang serius.

Mimisan bisa terjadi karena ada tumor di dalam rongga hidung. Tumor pada saluran pernafasan itu atau pada bagian sekitar hidung akan menekan pembuluh darah di wilayah tersebut sehingga menimbulkan mimisan.

Mereka yang sering mimisan juga harus mewaspadai apakah ada kemungkinan ia memiliki tekanan darah tinggi. Ketika tekanan darah seseorang naik dan tidak terkontrol, itu memang bisa menyebabkan terjadinya pecah pembuluh darah. Salah satunya adalah pembuluh darah yang berada pada wilayah nasofaring. 

Selain itu, mimisan juga bisa terjadi pada seseorang yang memiliki leukimia atau kanker darah. Leukimia memang bukan penyakit biasa sehingga ada terapi khusus yang harus dijalankan dengan serius.

Itu adalah sedikit dari sekian banyak jenis penyakit yang menyebabkan terjadinya mimisan. Oleh karena itu, meskipun mimisan dianggap hal biasa, lebih baik menanggapinya dengan serius bila mimisan terjadi dalam waktu lama dan frekuensi yang sering. 

Cara Tepat Dan Cepat Mengatasi Mimisan Pada Anak
Saat mimisan, kita memang seringkali panik, Apalagi kalau yang mengalaminya buah hati yang masih kecil. Sedih pun bercampur panik. Akan tetapi, jangan salah langkah saat melakukan tindakan pertama kali. 

Berikut ini hal-hal yang harus dilakukan dan yang jangan dilakukan bila seseorang mengalami mimisan, khususnya mimisan pada anak.

Lakukan :
  1. Bila mengalami sendiri atau mendapati buah hati mengalami mimisan ringan, lakukan penekanan dengan ibu jari dan telunjuk pada area sedikit di atas cuping hidung.
  2. Siapa pun yang mengalami mimisan, anjurkan untuk mencondongkan tubuhnya sedikit ke depan dan kepala sedikit menunduk. Anak-anak bisa dipangku sebelum dicondongkan tubuhnya ke depan.
  3. Bila perdarahan terus terjadi dalam waktu cukup lama, segera ke dokter atau instalasi gawat darurat (IGD) rumah sakit terdekat. Dokter akan melakukan pemasangan tampon hidung untuk menghentikan pendarahan.
Jangan Lakukan :
  1. Panik. Bila mengalami mimisan atau mendapati buah hati kita mengalami mimisan, pertama-tama jangan panik.
  2. Jangan mendongakkan kepala atau malah merebahkan badan. Darah nanti akan masuk ke tenggorokan atau saluran napas.
  3. Kalau sudah terlalu sering mimisan, jangan dibiarkan dalam waktu lama. Segera periksa ke dokter untuk dilakukan pengobatan yang lebih intensif.






0 Response to "Cara Tepat Dan Cepat Mengatasi Mimisan Pada Anak"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.