Kenali 6 Manfaat Dan Khasiat Tanaman Sesuru Untuk Kesehatan


A. Nama
1. Nama ilmiah   : Euphorbia antiquorum Linn
2. Nama daerah : sudu-sudu, susuru, susudu (Jawa)
3. Nama asing    : common milk hedge, fleshy spurge (Inggris), huo yang le(Cina)

B. Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis
Sesuru kaya kandungan kimia antara lain taraxerol, taraxerone, friedelan-3 a-ol, epfriedelanol, sterol, progesterone, karbohidrat, asam amino, asam sitrat, asam malat, dan asam fumarat pada batang. Sementara itu, daunnya mengandung peroksidase, kalsium oksalat, peptic substance, dan kanji. Getahnya mengandung euphorbol, euphol, dan cyeloartenol. Tanaman ini memiliki sifat rasa pahit, dingin, dan beracun. Setelah dihilangkan cairannya dengan pengolahan, batang berkhasiat untuk menghilangkan bengkak, antiradang (antiintlamasi), antidiare, dan peluruh kentut.


C. Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya 
Bagian tanaman yang digunakan untuk bahan baku obat adalah daun, batang dan putik bunga. Sesuru digunakan untuk mengatasi beragam penyakit seperti berikut ini.

1. Radang anak telinga
Ambil batang sesuru secukupnya, lalu cuci bersih. Buang kulit cabang segar, lalu tumbuk halus. Peras hasil tumbukan hingga airnya keluar. Teteskan airnya ke anak telinga yang sakit. Lakukan pengobatan 4-6 kali sehari, masing-masing 2-3 tetes.

2. Diare akut, malaria, demam, dan sesak napas
Ambil 7 g batang sesuru, lalu cuci bersih. Buang kulit dan durinya, lalu potong fcatang tipis-tipis. Sangrai irisan batang dengan beras sampai warnanya cokelat. Tambahkan 3 gelas air pada batang yang sudah kering. Rebus bahan (hingga airnya tersisa 1 gelas. Minum air ramuan tersebut.

3. Sakit gigi
Ambil batang sesuru, lalu patahkan. Ambil getah sesuru beberapa tetes dengan lidi kapas. Oleskan getah pada gigi yang sakit atau berlubang. Lakukan pengobatan 1-2 kali sehari. Pengobatan harus dilakukan secara hati-hati dan jangan sampai getah kena gigi yang sehat.

4. Bisul dan pioderni
Ambil batang, lalu cuci bersih. Potong tipis batang, lalu hangatkan di atas api kecil. Letakan batang yang masih hangat di atas bagian yang sakit.

5. Sembelit
Cuci bersih batang sesuru, lalu giling halus. Peras hasil tumbukan hingga airnya ke luar. Aduk airnya dengan tepung tapioka secukupnya hingga menjadi adonan. Selanjutnya, adonan dibuat pil sebesar kacang hijau. Keringkan pil dengan cara digongseng di atas tatakan genteng. Konsumsi ramuan 1 kali sehari, masing-masing 1 pil.

6. Kurap
Ambil cabang segar sesuru secukupnya, lalu cuci bersih. Buang kulit cabang, lalu tumbuk halus dan peras airnya. Oleskan ramuan pada kurap 2 kali sehari.

Nah itulah 6 manfaat dan khasiat tanaman sesuru untuk kesehatan kita. Semoga bermanfaat bagi Anda.
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment