iklan space 728x90px

Selain Rasanya Lezat Anggur Bermanfaat Bikin Awet Muda Lho


Anggur selain rasanya lezat juga memiliki manfaat untuk awet muda. Pasalnya, anggur mengandung antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kuiit. Dianjurkan makan anggur secara ruin agar manfaatnya dirasakan. Selain dikonsumsi, anggur juga dapat ikan masker anggur. Seperti apa selengkapnya?

Semakin bertambah usia, kerutan dan garis-garis haliis akan timbul pada wajah, serta kulit menjadi kendur. Akibatnya, wajah akan terlihat tua. Meski demikiarr, usia muda juga bisa mengalami penuaan dini. Ada beberapa penyebab timbulnya penuaan dini seperti stres, makanan yang tidak sehat, gaya hidup yang tidak sehat, hingga radikal bebas.

Namun, penuaan dini dapat dicegah. Buah-buahan dapat dijadikan salah satu bahan untuk mencegah penuaan dini. Di antaranya adalah buah anggur yang kaya dengan antioksidan. Baik anggur yang berwarna hijau maupun ungu kehitaman memiliki kemampuan menangkal radikal bebas dan mencegah penuaan dini.

Kandungan Anggur Dan Manfaatnya
Mengapa tanaman buah berupa perdu merambat ini bisa membuat Anda tampil awet muda? Pasalnya, anggur mengandung resveratrol yang berperan menutrisi kulit, melindungi kulit dari siriar ultraviolet sinar matahari, serta mencegah kanker kulit. Menurut Etty Bachetta, herbalis, anggur memi|iki nilai gizi yang sangat luar biasa. Dalam 100 gr anggur mengandung 25 komponen gizi yang dibutuhkan tubuh.

Anggur kaya akan kandungan mineral. Kandungan mineral dalam anggur yang sangat bermanfaat bagi tubuh adalah mangan. Mangan diperlukan tubuh dalam menyintesis energi sehingga dapat membantu menjaga kestabilan gula darah. Mangan juga diperlukan tubuh untuk memetabolisme lemak dan pembentukan jaringan ikat dan tulang.

Selain itu, anggur juga mengandung karotenoid elan likopen yang tinggi. Keduanya mampu menghambat berbagai penyakit. Kandungan antioksidan dalam anggur juga dapat menangkal radikal bebas penyebab penyakit degeneratif seperti penyakit jantung koroner, kanker dan penyakit-penyakit lainnya akibat penuaan.

Kandungan vitamin C, B1, B6, dan K dalam anggur sangat tinggi. Kandungan vitamin C dapat meningkatkan imunitas dan penyembuhan luka. Vitamin B6 sangat penting bagi otak agar dapat berfungsi normal. Di samping buahnya, kulit anggur juga memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Kulit anggur memiliki kandungan resveratrol yang merupakan sumber penting dari flavonoids, termasuk katekin, quercetin, prosianidin dan antosianin. Resveratrol dapat ditemukan pada sebagian besar kulit anggur. Resveratrol ini membuat awet muda dan mencegah kanker. Untuk mendapatkan manfaat anggur untuk awet muda, maka sebaiknya anggur dikonsumsi secara rutin.

Dianjurkan makan anggur lima kali seminggu dan sekali makan sebanyak genggaman tangan. Meski dikonsumsi sering dan teratur, namun anggur tidak menyebabkan efek samping. Asalkan dikonsumsi sesuai dengan takaran yang diberikan. f   Selain perawatan dari dalam dengan makan anggur, manfaat buah anggur akan semakin maksimal didapatkan bila anggur juga dijadikan masker, sebagai perawatan dari luar.

Manfaat Masker Anggur
Manfaat masker anggur adalah menghilangkan garis-garis halus di wajah dan mengencangkan kulit wajah. Cara membuat masker anggur, bersihkan anggur secukupnya, lalu masukkan anggur ke dalam mangkuk. Selanjutnya, memarkan anggur menggunakan ulekan sehingga air keluar.

Tidak dianjurkan Ji menghaluskan buah anggur memakai blender karena nanti hasilnya terlalu cair. Selanjutnya, hancurkan biji anggur karena antioksidan tertinggi ada di bagian bijinya. Masker anggur dapat dicampurkan dengan yoghurt murni dengan perbandingan 1:1, lalu ditambahkan sedikit madu dan minyak zaitun.

Setelah selesai, oleskan anggur secara merata pada wajah. Biarkan minimal 20 rrienit hingga kandungan buah anggur meresap ke dalam kulit. Setelah itu, wajah dibersihkan dengan air hangat. Setelah menggunakan masker, hasilnya kulit akan terasa lebih kencang dan segar. Dianjurkan menggunakan masker anggur secara rutin tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Ekstrak Biji Anggur Paling Kaya Antioksidan
Biji anggur ternyata paling tinggi antioksidannya untuk menangkal penuaan dini. Karena itu, sering dibuat ekstrak biji anggur. Berikut kandungan darj biji anggur:
  • Bioflavonoid. Bioflavanoid berfungsi menguatkan dan melindungi sel, sehingga kulit dan seluruh tubuh lebih kebal terhadap serangan matahari dan radikal bebas lainnya.
  • Vitamin A, Cdan E. Kandungan vitamin A, C dan E dalam buah dan biji anggur bermanfaat untuk memperbaiki sel yang rusak. Jika ada luka dan dalam proses penyembuhan, sebaiknya makan anggur untuk membantu memulihkan.
  • Oligomeric Proanthocyanidins. Merupakan bahan antioksidan yang mampu memberikan perlindungan dan mempertahankan kulit dari keriput.

Namun sering kali orang hanya makan buahnya dan membuat biji anggurnya. Padahal untuk membuat ekstrak anggur mudah saja, yakni mencampurkan buah anggur sebagai campuran jus bersama buah lainnya. Jika sudah biasa, dapat langsung makan biji anggur ketika makan buah anggur.

Meski anggur aman-aman saja dikonsumsi, tetapi ada juga yang alergi terhadap buah anggur. Jika alergi, tidak dianjurkan buah anggur karena bisa mempengaruhi sistem pendarahan. Sebaiknya berkonsultasi ke dokter bisa memiliki penyakit atau alergi terhadap suatu makanan.


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Selain Rasanya Lezat Anggur Bermanfaat Bikin Awet Muda Lho"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News