6 Cara Tepat Rawat Rambut Setelah Hair Extension

Wanita terkadang rela mengikuti tren yang ada untuk tampil cantik dan sempurna. Salah satunya adalah tren sambung rambut atau hair extension. Meski tren ini sudah ramai beberapa tahun lalu, tetapi hingga saat ini hair extension masih disukai dan menjadi tren. Tampil cantik dan up to date memang boleh-boleh saja, namun jangan lupa memperhatikan perawatan rambut agar tetap indah dan sehat. Bagaimana cara tepat rawat rambut setelah hair extension?

Banyak wanita yang ingin rambutnya cepat panjang secara instan menggunakan teknik hair extension atau rambut sambung. Hair extension atau teknik sambung rambut menjadi salah satu tren yang masih booming di tanah ak hingga saat ini. Pasalnya, selain mudah digunakan, hair extension dapat membuat rambut lebih panjang dan terkesan feminin. Hair extension juga dibutuhkan di dunia entertainment seperti dunia seni peran dan mode.

Hair extension biasa digunakan selebriti dan sosialita yang ingin rambutnya tampak lebih panjang dan terurai indah. Jika Anda ingin menggunakan hair extension agar terlihat lebih cantik, tampil modern dan mengikuti tren tidak ada salahnya. Namun, yang perlu diperhatikan adalah kesehatan rambut agar tetap sehat dan indah. Karena itu, harus tepat memilih hair extension untuk disambungkan di rambut Anda.

Memilih Hair Extension
Memilih hair extension harus tepat dan cermat, karena hair extension juga memiliki dampak. Sebelum memilih hair extension, Anda juga perlu mengenal ada dua jenis hair extension, yakni hair extension dengan jenis rambut sintetik dan hair extension dengan jenis rambut asli. Berikut penjelasannya:
  • Hair Extension dengan Jenis Rambut Sintetik. Hair extention dengan jenis rambut sintetik merupakan rambut sambung yang terbuat dari serat fiber yang memiliki kualitas baik sehingga terlihat dan memiliki sifat seperti rambut manusia. Warna rambut sintetis terlihat lebih mengkilat.
  • Hair Extension dengan Jenis Rambut Manusia. Hair extension dengan jenis rambut manusia merupakan hair extension yang terbuat langsung dari rambut manusia yang sudah tidak terpakai. Meski demikian, Anda tak perlu khawatir ketika menggunakannya. Pasalnya, rambut yang sudah tidak terpakai tersebut sudah melalui proses pencucian dan proses pewarnaan, serta pembentukan sesuai dengan model yang dikehendaki.

Lantas hair extension jenis mana yang lebih baik digunakan? Untuk memilih rambut sambungan lebih baik yang terbuat dari rambut asli atau human hair extension. Pasalnya, jenis hair extension dari rambut asli lebih mudah dicuci dan dibentuk sesuai keinginan. Sayangnya, rambut sambung jenis rambut asli atau rambut manusia ini harganya lebih mahal dibandingkan dengan hair extension jenis sintesis.

Sementara untuk pemasangan extension ada dua jenis, yaitu: .
  • Pemasangan hair extension menggunakan lem khusus yang terbuat dari bahan akrilik, karet dan plastik. Teknik pemasangannya, lem dipanaskan terlebih dulu dengan catok agar bisa sedikit mencair, sehingga lem bisa menempelkan rambut yang asli dengan rambut palsu. Dari pertemuan antara rambut asli dan hair extension dipilin sehingga merekatkan kedua rambut tersebut.
  • Pemasangan hair extension menggunakan ring atau clip. Teknik menggunakan ring/sejenis cincin yang terbuat dari alumunium atau clip disebut hair extension ring ataupun hair extension clip. Pemasangan hair extension jenis ring ini prosesnya lebih sederhana. Awalnya, memasukkan rambut asli dan palsu ke dalam ring, lalu ring dipipihkan sehingga rambut asli dan palsu menyatu. Disambungkan dengan rambut asli berjarak 1 -2 cm dari kulit kepala dengan menggunakan lem.

Perawatan Rambut
Agar rambut yang dipasang hair extension tidak mudah rusak, maka harus sering melakukan perawatan khusus dengan teknik yang tepat. Jika tidak dirawat, penggunaan hair extension akan menyebabkan rambut. rontok, apalagi jika terlalu sering bergonta-ganti jenis hair extension.

Berikut beberapa perawatan tepat yang harus dilakukan agar hair extension tetap awet dan rambut asli tetap sehat dan indah:
  • Keramas dengan Teknik yang Tepat. Rambut yang disambung dengan teknik hair extension harus rutin dikeramas. Sebaiknya rutin melakukan keramas atau cuci rambut dua nan sekali. Selain rutin keramas, sebaiknya juga melakukan teknik keramas yang tepat Teknik keramas yang tepat untuk rambut yang di-hair extension adalah harus perlahan-lahan dan jangan ditarik terlalu kencang agar rambut yang disambung tidak mudah terlepas. Agar aman, lebih baik dicuci di salon supaya ring sambungan tidak mudah lepas karena dikerjakan oleh profesional. Hal ini perlu dilakukan agar rambut bersih dari sisa-sisa sampo yang mengakibatkan menjadi ketombe.
  • Menggunakan Kondisioner. Setelah keramas menggunakan sampo, rambut yang di-hair extension sebaiknya juga menggunakan kondisioner. Namun, untuk penggunaan kondisioner sebaiknya hanya diberikan pada ujung rambutnya saja. Fungsi penggunaan kondisioner adalah agar rambut yang di-hair extension tidak mudah kusut dan tetap berkilau. Sebaiknya jangan menggunakan kondisioner pada sambungan ring hair extension karena akan membuat daya perekatnya berkurang. 
  • Menyisir Rambut Secara Tepat. Pada orang yang memasang hair extension, menyisir rambut juga harus tepat. Teknik yang tepat untuk menyisir rambut ketika di-hair extension adalah dari arah bawah, lalu ke atas. Teknik ini dilakukan untuk menjaga agar rambut yang di-hair extension tidak menjadi kusut. Gunakan sisir sasak hingga 2 cm sebelum sambungan, kemudian sisir bagian sambungan dengan sisir biasa. Sebaiknya hindari menyisir dengan keras dan cepat karena dapat membuat rambut rusak. selain itu, hindari menyisir tambut terlalu sering agar helai-helai rambut tidak mudah patah.
  • Lakukan Masker Rambut Setiap Satu Bulan Sekali. Untuk rambut yang di-hair extension, sebaiknya melakukan service rambut sebulan sekali di salon. Di antaranya adalah melakukan treatment masker rambut. Hal ini perlu dilakukan agar rambut tidak kusut dan rusak. Selain itu, setelah memasang hair extension sebaiknya juga menggunakan masker rambut.
  • Rutin Melakukan Maintenance Hair Extension ke Salon. Agar hair extension selalu terjaga, maka sebaiknya rutin melakukan pengecekan di salon secara berkala setiap 1-1,5 bulan sekali. Hal ini bermanfaat untuk merapikan helaian hair extension yang terlepas. Selain itu, rambut sambungan atau hair extension sebaiknya diganti setelah lima bulan digunakan.
  • Tidak Menggunakan Hair Extension Bekas Pakai. Untuk memiliki rambut sambungan atau hair extension yang indah sebaiknya tidak menggunakan hair extension bekas pakai. Pasalnya, hair extension bekas akan membuat rambut mudah kusut. Hair extension memiliki sifat hanya digunakan sekali pakai, karena itu jika digunakan kembali maka akan terlihat tidak layak dan kusut.
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment