IBX59ED8B2FED208 Tips Menggunakan dan Merawat Lensa Kontak dengan Benar - Jendela Informasi

Tips Menggunakan dan Merawat Lensa Kontak dengan Benar

Di era yang semakin modern seperti saat ini, softlens atau lensa kontak tidak hanya digunakan sebagai alat bantu untuk melihat, namun juga digunakan sebagi penunjang penampilan. Bahkan saat ini lensa kontak sudah termasuk dalam item yang wajib dimiliki oleh setiap wanita sebagai aksesori dan gaya hidup. Di dunia kecantikan, lensa kontak merupakan salah satu aksesori untuk memperindah mata. Namun tidak hanya sekadar digunakan, lensa kontak sebenarnya harus dirawat dengan baik untuk menghindari mata dari iritasi, selain itu penggunaan lensa kontak juga perlu dierhatikan. Bagaimanakah cara menggunakan dan merawat lensa kontak dengan benar? 

Lensa kontak atau softlens dahulu pada dasamya memang digunakan sebagai alat untuk membantu penglihatan selain kacamata. Bentuknya yang praktis dengan. banyak pilihan warna membuat banyakan orang memilih lensa kontak dibandingkan kacamata. Namun seiring berkembangnya zaman, saat ini lensa kontak sering digunakan sebagai penunjang penampilan dan pelengkap fesyen.

Lensa kontak dalam penggunaanya, baik itu sebagai alat bantu penglihatan maupun sebagai aksesori kecantikan sudah dipastikan akan terkontak dengan mata secara langsung. Oleh sebab itu lensa kontak memerlukan perawatan yang baik dan tepat agar tidak cepat rusak dan pada saat digunakan tidak merusak mata. Namun sebelum mengetahui cara tepat merawat lensa kontak, hal lain yang perlu diperhatikan adalah pada saat membeli atau memilih lensa kontak yang baik dan tepat bagi mata.

Memilih Lensa Kontak
Penggunaan lensa kontak sebaiknya juga diikuti dengan perawatan yang tepat. Banyaknya faktor yang perlu diperhatikan oleh para pemakai lensa kontak adalah pada saat pembelian atau saat memilih lensa kontak untuk kesehatan mata.

Lensa kontak seharusnya memberikan penglihatan yang lebih jelas bagi para penggunanya memungkinkan adanya aliran oksigen yang tinggi melalui mata dan memberikan kelembaban yang cukup sehingga mata akan terasa nyaman sepanjang hari. Selain itu, pemilihan lensa kontak juga sebaiknya pilih yang memiliki proteksi UV yang memenuhi standard internasional.

Lensa kontak harian merupakan pilihan yang baik untuk kesehatan mata karena dapat digunakan sepanjang hari dan dibuang di malam hari sehingga mengurangi resiko infeksi mata. Dibandingkan pemakaian lensa kontak bulanan. Selain itu lensa kontak jenis ini merupakan jenis lensa kontak yang tepat bagi seseorang yang kurang memperhatikan kebersihan dan tidak mau repot.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan bagi para pengguna lensa kontak unluk memilih lensa kontak dengan ukuran yang tepat dengan sudut kornea mata. Jika salah memilih ukuran, besar atau kecil, maka lensa kontak dapat bergerak-gerak di-apex komea mata. Menggunakan lensa kontak dengan ukuran yang tepat sesuai ukuran mata, sangat penting utuk memastikan lensa kontak terasa pas dan nyaman bagi pemakai. Hal ini juga berguna untuk memfasilitasi pertukaran air mata, memungkinkan transmisi oksigen dan dapat mengurangi gejala iritasi mata.

Memakai Lensa Kontak
Lensa kontak bisa saja mendatangkan hal buruk seperti iritasi, mata merah, gatal hingga kebutaan. Terutama jika penggunaan dan perawatan tidak dilakukan dengan baik dan tepat. Oleh sebab itu ada beberapa hal penting yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada mata.

Berikut beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan pada saat menggunakan lensa kontak:
  1. Pastikan saat menggunakan lensa kontak, tangan dalam keadaan bersih dan steril. Sebelum menggunakan lensa kontak pastikan tangan dalam keadaan bersih dan steril. Pastikan tangan dicuci menggunakan sabun antibakteri dan jangan menggunakan sabun yang memiliki kandungan pewangi.' Karena zat kimia yang ada dalam pewangi pada sabun dapat menempelkan zat kimia di tangan yang ditakutkan akan mengganggu penglihatan saat memasangkan lensa kontak. Setelah cuci tangan sebaiknya keringkan tangan hingga benar-benar kering menggunakan handuk.
  2. Hindari penggunaan lensa kontak seharian, Ini merupakan hal penting yang terkadang sering diabaikan oleh banyak orang. Sebenarnya penggunaan lensa kontak maksimal adalah 12 jam. Maka sebaiknya hindari penggunaan lensa kontak lebih dari 12 jam, sebab hal ini dapat membuat mata menjadi iritasi dan merah.
  3. Jangan menggunakan lensa kontak ketika tidur. Pada saat tidur sebaiknya lensa kontak dilepas, hal ini menjadi sangat penting, karena ada banyak kasus yang menggunakan lensa kontak saat tidur dan mengalami masalah pada mata hingga menyebabkan kebutaan. Karena lensa kontak memang diciptakan untuk selalu basah dan lembab. Pada saat tidur maka mata akan secara otomatis tertutup dan tidak akan ada gerakan akomodasi mata yang bisa membasahi permukaan lensa kontak. Hal inilah yang dapat menggangu kenyamanan dan menyebabkan lensa kontak menjadi kering dan rusak yang merupakan penyebab timbulnya masalah pada mata.
  4. Jangan biarkan lensa kontak kering. Gunakan air lensa kontak secara tepat saat lensa kontak sudah mulai kering. Hal ini untuk menghindari mata menjadi merah.

Perawatan Tepat
Selain cara penggunaan yang harus diperhatikan, lensa kontak juga memerlukan perawatan yang tepat. Berikut beberapa hal yang harus dilakukan agar lensa kontak awet:
  1. Bersihkan lensa kontak setelah digunakan. Hal yang harus dilakukan adalah membersihkan lensa kontak setelah digunakan. Sebelum membersihkan lensa kontak tangan sebaiknya juga dalam keadaan steril. Letakkan lensa kontak di telapak tangan kemudian tetesi dengan cairan solution atau cairan khusus untuk mencuci lensa kontak. Gosok lensa kontak secara perlahan agar lensa kontak tidak sobek hingga lensa kontak bersih, lalu cuci kembali menggunakan cairan solution. Jangan membersihkan lensa kontak menggunakan air keran, karena air keran tidak steril 100%.
  2. Lepas lensa kontak setelah digunakan dan rendam lensa kontak menggunakan air khusus lensa kontak saat tidak digunakan agar lensa kontak tidak kering.
  3. Periksa kadaluarsa lensa kontak dan cairan saat akan digunakan. Pastikan cairan lensa kontak masih dalam keadaan baik. Jangan sampai menggunakan lensa kontak yang telah memasuki kadaluarsa karena akan mempengaruhi penglihatan.
  4. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya pilih lensa kontak harian. Lensa kontak harian lebih aman digunakan dan tidak perlu repot untuk membersihkan lensa kontak setelah digunakan.

Meskipun teriihat sepele, hal-hal tersebut merupakan hal penting yang harus dilakukan pada saat menggunakan lensa kontak untuk menjaga mata agar tetap sehat. 

0 Response to "Tips Menggunakan dan Merawat Lensa Kontak dengan Benar"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.