Inilah Tips Sukses Menjadi Agen Properti (Broker Properti)

Saat ini semua orang dituntut untuk menjadi kreatif. Bidang properti di Indonesia yang merupakan negara yang tengah berkembang saat ini menjadi salah satu bidang yang cukup diminati banyak pihak. Peluangnya yang masih besar dan investasinya yang menjanjikan tentunya menjadi salah satu daya tarik. Bergerak di bidang properti salah satunya menjadi agen properti atau broker properti. Sebagai perantara antara penjual dan pembeli, seorang broker/agen properti wajib memiliki keterampilan mengenai teknik negosiasi, kekuatan jaringan, bahkan keahlian pembalikan transaksi.

Agen jual beli rumah/properti merupakan peluang bisnis yang amat menekankan pada aspek kepercayaan. Menjadi agen properti benar-benar adalah kans bisnis yang amat menjanjikan. Dengan berdasarkan unsur kepercayaan, mereka yang berfungsi menghubungkan antara pembeli dan penjual rumah atau bangunan lainnya.

Bisnis broker properti adalah bisnis jasa di bidang properti dalam hal jual beli, sewa menyewa, dan lelang properti yang dimiliki dan dikuasai oleh pemilik (vendor) kepada marketing (broker) dengan kesepakatan harga jual dan sewa, besarnya (fee) komisi yang di berikan, dan waktu yang ditentukan bersama.

Untuk memulai bisnis menjadi broker properti yang sukses, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan. Persiapan-persiapan itu diantaranya: 
  • Siapkan alat komunikasi untuk menghubungi penjual dan pembeli.
  • Siapkan kamera digital untuk mengambil gambar rumah yang akan dijual. Tak usah yang mahal sekali, hanya saja dapat membuat gambar yang bagus.
  • Makin perluas jaringan hubungan dan persiapkan data base calon konsumen yang berpotensi.

Selain itu, agar bisnis Anda berjalan dengan lancar, Anda pun harus memiliki strategi khusus. Pada umumnya strategi seorang broker properti tersebut sebagai berikut: 
  • Jaga kepercayaan relasi Anda.
  • Jalinlah relasi dengan kalangan perbankan dan notaris.
  • Miliki product knowledge properti yang Anda jual.
  • Keahlian bernegosiasi dan meyakinkan pembeli.
  • Menambah pengetahuan Anda tentang interior, eksterior, pertanahan, atau feng shui. Suatu ketika, penjual atau pembeli akan meminta saran dan pendapat Anda.

Sedangkan salah satu usaha untuk melakukan promosi dan menyebarluaskan produk properti Anda yakni dengan melakukan beberapa kegiatan seperti:
  • Promosi di iklan koran, iklan radio, membuat website, promosi via media sosial, menyebar brosur, memasang baliho, membentang spanduk, juga memasang rontek berjajar di dekat lokasi.
  • Bergabung dalam event-event properti yang rutin terselenggara di mall, pusat belanjaan, gedung khusus pameran, atau menyetenggarakan sendiri pameran terbatas di kantor bank, kantor pemerintahan dan lainnya, adalah bentuk lain kegiatan marketing.
  • Lakukan penjualan langsung/direct selling. Keterampilan menciptakan relasi antar personal yang akrab, tanpa canggung, demi membangun rasa percaya satu sama lain. Rumusnya, kepercayaan beli berawal dari kepercayaan pada orang, bukanlah terhadap barang.

Informasi di atas semoga dapat membantu Anda dan menambah wawasan Anda yang ingin menjadi atau bahkan sudah menjadi agen properti/broker properti.   [Source Article: PRM 4/1/2015]

Source Image : iqbalazhari.com
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment