Cara Membuat Sandal Cantik dari Jeans Usang

Maman Malmsteen 22.27.00
Celana atau jaket jeans yang sudah usang dan tak terpakai bisa Anda ubah (recycle/daur ulang) menjadi sandal rumah yang cantik dan feminin. Potong kain sesuai pola dan buatlah sandal sesuai ukuran kaki Anda. Bisa membuat dua hingga tiga sandal dari satu celana jeans.


Berikut panduan cara membuat sandal cantik dari jeans usang untuk Anda praktikan.

Bahan dan Alat
celana jeans usang, kertas kardus tebal untuk alas, kertas karton, sol sepatu, gunting, pensil, lem sepatu.

Cara Pembuatan:.
  1. Buat pola empat persegi papjang dengan kedua sisi , pendek miring menyerupai trapesium di kertas karton. Kemudian buat pola serupa pada kain jeans dengan kedua sisi panjang bisa melapisi seluruh permukaan karton. Potortg sesuai pola. 
  2. Beri lem pada kedua sisi, yaitu karton dan kain jeans bagian dalam. Kemudian rekatkan kain hingga rapi. Ini untuk penutup sandal bagian depan. Buat pula dengan cara yang sama, yaitu tali sandal bagian belakang. Gunakan ban karet hitam jika ingin tali lebih fkeksibel.
  3. Buat pola alas sepatu sesuai ukuran Anda di kertas kardus. Kemudian, bikin pola serupa di lembaran sol sepatu yang sudah disiapkan. 
  4. Ambil kain jeans, olesi dengan lem bagian dalamnya, dan rekatkan kain di kertas kardus dengan rapi.
  5. Rekatkan pula tutup sandal bagian depan dan tali bagian belakang ke kertas kardus.
  6. Terakhir, rekatkan sandal ke atas sol sepatu dengan lem. Tunggu beberapa saat hingga lem kering dan sandal merekat sempurna.
[Baca juga : Cara Membuat Jepitan rambut dari Gulungan Tali Sepatu]

Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon