Kelebihan dan Kekurangan Mesin Jahit Mini


Dunia jahit-menjahit telah mengalami perkembangan yang signifikan selama beberapa tahun terakhir ini. Dulu mesin jahit hanya dapat dioperasikan secara manual dengan menggunakan tangan. Selain itu, mesin jahit mulai dioperasikan dengan menggunakan pedal. Selanjutnya, mesin jahit semakin berkembang dengan adanya teknologi listrik. Hingga saat ini, ada banyak tempat jual mesin jahit dengan berbagai model dan tipe, seperti mesin jahit mini.

Sesuai dengan namanya, mesin jahit mini memang salah satu jenis mesin jahit yang memiliki ukuran mini atau lebih kecil dibandingkan dengan mesin jahit biasa. Bentuknya yang kecil membuat mesin jahit ini mudah untuk dipindah atau dibawa kemana saja. Secara umm, mesin jahit mini dibedakan menjadi dua jenis, yaitu mesin jahit mini manual dan mesin jahit mini portable.

Mesin jahit mini (stapler) manual adalah mesin jahit mini yang memiliki ukuran kira-kira sebesar kepalan tangan orang dewasa. Bentuk dan cara pengoperasiannya hampir sama dengan pengongkot atau stapler. Umumnya, mesin jahit ini hanya menggunakan satu spool benang dengan hasil jahitan mirip jahitan rantai. Bentuknya yang kecil serta cara kerjanya yang sederhana ini menjadikan harga mesin jahit ini tergolong murah, hanya berkisar puluhan ribu rupiah saja.

Sementara itu, mesin jahit mini portable memiliki bentuk dan cara pengoperasian yang mirip dengan mesin jahit listrik portable biasa, namun ukurannya lebih mini dan lebih ringan. Cara kerja dan hasil jahitannya pun juga sama persis dengan mesin jahit tipe standar karena hanya menggunakan satu spool benang dan satu sekoci.

Mesin jahit mini portable sebagian besar berbahan dasar plastik dengan harga bervariasi tergantung pada fitur yang ditawarkan. Umumnya, harga mesin jahit tersebut berkisar antara Rp100.000 hingga Rp500.000. Harga ini tentu sangat terjangkau jika dibandingkan dengan mesin jahit portable standar yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

Nah, jika Anda masih penjahit pemula dan tertarik untuk menggunakan mesin jahit mini, teliti dulu kelebihan dan kekurangan mesin di toko jual mesin jahit yang ada di sekitar Anda. Berikut kelebihan dan kekurangan mesin jahit mini yang bisa Anda pertimbangkan:

Kelebihan Mesin Jahit Mini:
1. Harga yang ditawarkan sangat murah dan terjangkau
2. Bentuknya kecil dan ringan sehingga mudah dibawa kemana saja
3. Tak perlu khawatir jika tidak ada daya listrik, karena mesin jahit mini bisa menggunakan daya baterei atau dinamo dengan batas waktu tertentu
4. Pengoperasiannya mudah dan praktis sehingga cocok untuk pemula dan anak-anak yang sedang belajar jahit menjahit
5. Desain dan warna mesin jahit mini juga lebih cantik dan menarik

Kekurangan Mesin Jahit Mini:
1. Karena secara umum berbahan dasar plastik, maka mesin jahit mini relatif lebih mudah rusak dibanding mesin jahit standar
2. Mesin jahit mini juga kurang kuat untuk menjahit kain berbahan tebal seperti jeans atau untuk membuat tas
3. Tidak ada garansi resmi seperti mesin jahit standar
4. Kurang cocok digunakan untuk berbisnis konveksi yang harus menghasilkan banyak jahitan dalam waktu singkat

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan mesin jahit mini, tentu Anda bisa memilih mesin jahit yang tepat dan sesuai keperluan Anda di toko jual mesin jahit. Selain memperbaiki jahitan yang rusak, mesin jahit mini ini juga apat digunakan untuk membuat aksesoris atau kerajinan tangan dengan pemakaian sewajarnya. Semoga bermanfaat!

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment