Berat Badan Turun dengan Clean Eating

Banyaknya program penurunan berat badan demi mendapatkan tubuh ideal memang ramai ditawarkan. Tetapi ketepatan dan keefektifan harus diperhatikan agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Untuk kali ini program yang ditawarkan adalah clean eating yang dapat menurunkan berat badan secara tepat dengan tetap mempertahankan kesehatan. Dengan demikian clean eating tidak hanya berhasil membombardir lemak, tetapi bisa mengatasi beragam penyakit degeneratif. Benarkah?

Mendapatkan berat badan ideal dengan tubuh proporsional ditambah kesehatan dan kebugaran yang seimbang tentunya akan menjadi impian para perempuan. Apalagi bagi mereka yang menomorsatukan penampilan ketika berinteraksi dengan banyak orang sebagai bagian dari pekerjaan ataupun bisnisnya.

Dengan tuntutan lingkungan atau pun profesi, segala jenis usaha apapun pasti dilakukan demi mendapatkan penampilan yang diharapkan. Beragam program penurunan berat badan menjadi referensi yang akan dilakukan. Namun jangan salah pilih, bila Anda memilih program diet yang salah bukannya penurunan berat badan yang terjadi tetapi masalah kesehatan atau lonjakan berat badan yang akan dihadapi.

Clean Eating
Saat ini ada satu program diet yang disinyalir efektif menurunkan berat badan yaitu clean eating. Clean eating adalah suatu cara makan yang menghindari proses makanan atau makanan yang telah diproses. Dalam program ini dianjurkan makan makanan yang alami contohnya bila karbohidrat, gunakan karbohidrat kompleks, makan whole grain seperti beras merah, roti whole wheat, oatmeal atau quackers oats, quinoo dan lain-lain.

Sumber protein dalam clean eating adalah ikan, ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang merah, kacang hijau, tempe dan tahu. Selain protein, asupan buah-buahan dan sayur-sayuran segar tetap ditingkatkan. Dianjurkan makanan yang rendah lemak terutama rendah lemak jenuh, sedikit minyak olive oil extra virgin.

Penggunaan gula pasir pun sebaiknya dihindari. Bila Anda ingin minum atau merasakan rasa manis, gunakan pengganti gula pasir yaitu gula stevia. Gula pasir ini baik mendukung clean eating karena berasal dari tumbuhan. Tidak hanya gula, penggunaan garam juga dikurangi atau menggunakan garam sea salt (garam dari air laut).

Selama menjalankan clean eating, dianjurkan untuk lebih banyak mengonsumsi air putih dan hindari minum teh atau kopi. Air putih yang dianjurkan tetap sebanyak 8 gelas per hari atau sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang. Sedangkan bahan makanan dari susu yang diperoleh adalah yoghurt plain, greek yoghurt, cottage cheese dan low fat cheese.

Bila mengikuti pola makan clean eating disertai gaya hidup sehat dan olahraga teratur, maka diyakini akan memberikan kesehatan yang baik, menghindari terjadinya penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, diabetes dan hipertensi. Pada awalnya clean eating tidak dibatasi jumlah kalorinya, tetapi pada kelompok yang menginginkan penurunan berat badan, maka dianjurkan hanya mengonsumsi sekitar 1300-1500 kkal sehari.

Olahraga
Sementara untuk kegiatan olahraga tetap dianjurkan asalkan tidak berlebihan dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Misalnya jalan kaki 30 menit setiap hari atau jalan cepat selama kurang lebih 30-45 menit seminggu dua atau tiga kali. Bagi mereka yang jarang melakukan olahraga atau sama sekaii tidak pernah olahraga, hindari olahraga yang berat.

Usahakan berolahraga atau melakukan aktivitas fisik secara bertahap dari tahap ringan hingga menengah. Olahraga permainan ringan juga dianjurkan untuk menghindari kebosanan dan menambah semangat ketika menjalankan program clean eating. Jika pola makan clean eating berjalan dengan baik ditambah gaya hidup dan olahraga tetap seimbang, maka bukan hal mustahil jika berat badan Anda akan berkurang sebanyak 2-4 kg dalam satu bulan. Besarnya penurunan berat badan tersebut masih dalam kategori normal sehingga Anda tidak akan mengalami yoyo.


Ada beberapa modifikasi dari clean eating antara lain yang menganjurkan untuk membatasi karbohidrat secara ketat sehingga dietnya jadi tidak seimbang, lebih diperbanyak asupan protein dan sayur-sayurannya. Hal ini agar terjadi penurunan berat badan yang cepat. Namun untuk pilihan yang satu ini efek jangka panjangnya sangat tidak dianjurkan karena akan berakibat kekurangan gizi atau memicu terjadinya suatu penyakit. Karena itu Mia Anda ingin melakukan program clean eating, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu dengan ahli gizi atau dokter spesialis gizi klinik agar efektif dan mendapatkan hasil maksimal.
Previous
Next Post »

1 Response to "Berat Badan Turun dengan Clean Eating"

  1. Its really very good information about health. Every person has to take care of their health by following some health tips.
    You can also follow Daily Health Tips for more tips., they are providing all types of tips for our health and beauty.

    ReplyDelete

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon