Budidaya Tabulampot Di Pekarangan Rumah

Jendela Informasi - Teknik budidaya tanaman buah dalam pot atau lebih dikenal dengan istilah tabulampot adalah jalan keluar terbaik untuk Anda yang ingin bertanam buah tetapi tidak mempunyai lahan. Budidaya tabulampot di pekarangan rumah sangat cocok dilakukan oleh orang-orang yang hidup di daerah perkotaan yang penduduknya padat.

Keadaan rumah di perkotaan banyak yang berdempetan hingga membuat terbatasnya pekarangan rumah yang dimiliki. Oleh karena itu tabulampot merupakan jalan keluar terbaik untuk Anda yang ingin bercocok tanam buah tanpa mesti bingung tentang lahan yang akan dipakai nanti. Dengan memanfaatkan pot Anda masih bisa bertanam buah di pekarangan rumah Anda.

Budidaya tabulampot di pekarangan rumah bisa dibilang gampang-gampang susah. Pasalnya, perawatan tanaman ini tidak jauh berbeda dengan menanam tanaman di lahan besar. Akan tetapi dengan perawatan yang tidak tepat tanaman buah itu boleh jadi tidak menghasilkan buah.
Malahan bila tanamannya tumbuh subur dengan daun-daun lebat dan ukurannya besar, tanaman itu tidak menghasilkan buah. Hal itu terjadi karena bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, khususnya cara perawatan yang telah diberikan masih kurang tepat. Umur tanaman atau faktor genetik adalah pengaruh yang lainnya.
Saran untuk Anda yang menginginkan tanaman buahnya bisa menghasilkan buah dengan baik yakni dengan melakukan penyiraman dan pemupukan secara rutin. Penyiraman dan pemupukan tidak boleh dilakukan terlalu sering, tetapi Anda mesti teratur melakukannya.
Lakukanlah penyiraman tanaman dua hari sekali atau sehari sekali pada waktu pagi atau sore hari. Beberapa minggu sekali bisa dilakukan pemupukan disesuaikan dengan jenis tanah di dalam potnya.
Di samping itu supaya tanaman itu cepat berbunga dan berbuah maka Anda perlu melakukan pemangkasan pada daun-daunnya karena bila kebanyakan daunnya pertumbuhan tanaman akan terkonsentrasi pada daun-daun itu saja.
Budidaya tabulampot di pekarangan rumah tergolong usaha rumahan yang begitu prospektif. Bila selama ini Anda gemar menanam tanaman maka manfaatkan kegemaran Anda itu untuk memperoleh penghasilan tambahan. Anda bisa memanfaatkan peluang ini buat mencari income tambahan mengingat permintaan pasar terhadap tanaman buah dalam pot begitu tinggi.
Kiat melakukan usaha ini relatif mudah dan tak memerlukan dana yang banyak. Apalagi bila selama ini Anda telah terbiasa bercocok tanam buah. Bukan perkara yang sukar untuk Anda buat menjadi petani tabulampot yang sukses dengan berlimpahnya penghasilan.
Awali dengan bercocok tanam tanaman buah dalam pot yang mudah berbuah seperti sawo, jambu biji, jeruk maupun jenis buah lainnya yang Anda gemari. Tak usah menanam banyak-banyak, tetapi pastikan tanaman buah yang ditanam tersebut bisa tumbuh secara baik.
Apabila tanaman itu berhasil memproduksi buah, teruskan untuk kembali bertanam dengan jumlah yang makin banyak. Anda juga dapat menjual bibit tanaman buah dalam pot itu kepada orang-orang yang berada di sekitar lingkungan Anda. Nah, dari keuntungan yang diperoleh itu dapat digunakan untuk memodali bisnis Anda,  khususnya untuk membeli pot.
Semakin banyak tanaman buah dalam pot yang anda budidayakan maka anda dapat menjualnya untuk pangsa pasar yang lebih luas. Keuntungan yang dapat anda peroleh untuk setiap tanaman yang laku terjual tergantung dari seberapa pandai anda menawarkan produk Anda. Namun tanpa merayu panjang lebar, jika hasil tanaman dari budidaya tabulampot di pekarangan rumah Anda  memang berkualitas maka banyak orang yang ingin membelinya.
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment