Puncak Bintang, Wanawisata Pinus yang Indah dan Sejuk

Jendela Informasi - Wanawisata Puncak Bintang merupakan kawasan hutan pinus milik Perum Perhutani yang dulunya hanya untuk tegakan pohon pinus sebagai kebutuhan bahan baku produksi. Kawasan ini berada pada ketinggian 1.442 meter di atas permukaan laut berlokasi di Kampung Bongkor/Buntis, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, setelah melewati kawasan wisata Caringin Tilu, masuk wilayah Perhutani KPH Bandung Utara.

Bila Anda datang dari Kota Bandung, akses masuk dari Jalan Padasuka-Cicaheum lewat Saung Angklung Udjo kira-kira 8,5 kilometer atau dapat ditempuh.dengan waktu 30 menit naik ke Cimenyan.

Dibukanya wanawisata Puncak Bintang tak lepas dari peran Wismo Tri Kancono, yang merupakan Administrator Perhutani KPH Bandung Utara, yang saat itu sedang melihat lokasi sadapan getah pinus.



Lokasi yang tinggi dan ramai dikunjungi, berdekatan pula dengan Warung Daweung dan Bukit Moko yang sebelumnya telah menjadi tempat wisata. Puncak Bintang dibuka dengan potensi yang luas dari keasrian hutan dan udara Bandung yang sejuk.

Puncak Bintang memiliki jalur jalan setapak dan lintasan sepeda yang menjadikannya tempat wisata alam yang nyaman untuk pengunjung dan memiliki pemandangan memukau dari ketinggian. Puncak Bintang selain indah alamnya, juga panorama matahari tenggelam yang begitu mempesona dan memanjakan pengunjung. Pengunjung pun bebas memesan makanan dan minuman saat berada di Puncak Bintang.

Rimbunnya tegakan pinus, rapi, dan kontur tanah yang tidak terlalu terjal ditutupi oleh jatuhan daun pinus membuatnya cocok untuk berkemah dan kegiatan alam lain. Flora yang ada selain pinus, ada pohon puspa, surian, damar, dan tanaman kopi. Aneka bunga juga ada di lahan terbuka. Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan fauna seperti elang, alap-alap, kutilang yang melintas di langit. Selain itu, di hutan Anda bisa bertemu ular, babi hutan, kadal.

Di antara sejuknya udara dingin hutan pinus, pengunjung dapat menikmati aneka fasilitas di wanawisata Puncak Bintang. Pertama, signboard Puncak Bintang atau lokasi awal Puncak Bintang 100 meter dari pintu masuk berupa bintang raksasa, tempat pengunjung berswafoto dan melihat pemandangan Bandung-Lembang dari satu titik. Lalu ada Dermaga Bintang, salah satu tempat paling favorit berupa bangunan cantik dari besi-besi bertingkat empat dengan meja-meja dan kursi-kursi karet.

Pengunjung juga bisa berjalan-jalan ke Patahan Lembang, untuk melihat tebing berbatu dan pemandangan alam yang menyejukkan mata. Jaraknya dari pintu masuk Puncak Bintang hanya 1,7 Km atau ditempuh 30 menit dengan jalan kaki. Ada juga Lembah Bintang untuk bermain bersama anak, wahana bintang kecil, wahana tembak langit, dan galeri kaki langit.

Keindahan suasana di malam harinya dengan lampu kerlap-kerlip, tidak kalah dengan pemandangan sunset di Puncak Bintang yang disebut-sebut sebagai yang terbaik. [Sumber: E. Saepuloh/PRM/27082017]

Info Lokasi :
Alamat: Kampung Bongkor/Buntis, Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung
Berdiri: 25 Juli 2014
Luas: 11,20 hektare         
Jam buka: 07.00-22.00
Harga tiket: Per orang Rp 15.000, berkemah Rp 25.000
Fasilitas lain: Toilet, musala, pusat informasi, tempat/alat berkemah, selter, saung, tempat parkir motor/mobil
Jumlah pengunjung: 7.000-8.000 orang/bulan (berkemah 300-400 orang)

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment