Kantong Semar (Nephentes), Tanaman Pemangsa Serangga yang Unik, Cantik dan Bermanfaat

Maman Malmsteen 22.35.00
Jendela Informasi - Anda tahu kan ada tanaman yang suka memangsa serangga? Yaitu adalah kantong semar. Kantong semar (Nephentes) adalah salah satu tanaman insektivora yang tumbuh di daerah tropis. Dinamakan kantong semar karena tanaman unik ini memang punya bagian menyerupai kantong yang berfungsi menjebak mangsanya.

Tanaman kantong semar banyak sekali jenisnya dan jumlah kantongnya berbeda-beda. Namun biasanya, kantong semar punya tiga jenis kantong, yaitu kantong atas, kantong bawah, dan kantong roset. Kantong atas adalah kantong dari tanaman dewasa, biasanya berbentuk silinder dan warnanya tidak menarik. Kantong atas ini biasanya lebih sering menangkap serangga yang terbang, seperti lalat atau nyamuk. Kantong bawah adalah kantong yang dihasilkan pada bagian tanaman muda yang biasanya tergeletak di atas tanah, memiliki dua sayap yang berfungsi sebagai alat bantu bagi serangga tanah seperti semut untuk memanjat mulut kantong dan akhirnya tercebur dalam cairan berenzim di dalamnya. 


Sementara itu, kantong roset memiliki bentuk yang sama seperti kantong bawah, tetapi kantong roset tumbuh pada bagian daun yang berbentuk roset. Pada beberapa jenis tanaman kantong semar, ada yang punya kantong tengah yang berbentuk seperti gabungan kantong atas dan kantong bawah.

Kenapa ya serangga suka tanaman ini padahal dia bisa kejebak di dalamnya? Ooh, ternyata kantong semar mengeluarkan nectar manis untuk mengundang serangga datang. Serangga yang datang akan hinggap di dinding piala yang licin. Setelah itu, serangga akan jatuh ke dalam kantong. Di dalam kantong, serangga akan dicerna oleh cairan pencerna serangga yang mengandung enzim tripsin dan pepsin.

Namun, kantong semar berteman baik dengan kelelawar berbulu wol. Kelelawar tersebut tidur di dalamnya sambil melindungi diri dari serangga yang akan tergelincir jatuh ke dalam kantung semar. Selain itu, kotoran kelelawar juga bernutrisi bagi kantung semar.

Kantong semar memang seram karena suka memakan serangga kecil tetapi banyak orang yang menyukainya lho! Soalnya selain untuk dijadikan tanaman hias karena bentuknya yang unik dan cantik, tanaman ini juga bermanfaat untuk manusia. Misalnya, bisa menjadi tanaman obat, cairan dari kantong yang tidak tertutup bisa digunakan sebagi obat batuk. Air rebusan akar dan cairan dalam kantong yang tetap tertutup digunakan juga sebagai obat sakit perut, luka bakar dan menyembuhkan sakit mata. 

Referensi:
Anya Bellanita/PRM/22 Februari 2015
https://www.astalog.com/3870/ciri-khusus-kantong-semar.htm
http://enemkabeh.blogspot.com/2015/11/6-tanaman-asli-indonesia.html
http://www.satuharapan.com/read-detail/read/kantong-semar-tumbuhan-unik-penuh-manfaat


Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon