Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Jenis-jenis Asuransi yang ada di Indonesia Sebelum Membeli Produk Asuransi


Hidup ini penuh dengan hal-hal yang tidak terduga dan asuransi merupakan salah satu cara guna mengantisipasinya. Dengan pengelolaan risiko yang bagus Anda dapat meminimalisir kerugian yang barangkali saja terjadi. 

Mempunyai asuransi merupakan prioritas sesudah kebutuhan utama hidup untuk sebagian orang. Karena asuransi bisa menurunkan risiko keuangan yang bisa terjadi kapanpun. Oleh karena itu, sekarang ada banyak jenis asuransi dari mulai asuransi kesehatan, pendidikan, jiwa, asuransi kendaraan dan rumah hingga asuransi barang mewah.

Berikut ini jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia dan sering digunakan.

Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah salah satu jenis asuransi yang banyak sekali digunakan oleh masyarakat Indonesia. Asuransi  ini sanggup memberikan keuntungan finansial bagi pemegang polis bila terjadi hal-hal yang tidak diharapkan, kematian misalnya. Pembayarannya tergantung pada jenis dan klaim dana yang dipilihnya.

Disamping itu asuransi jiwa pun tidak hanya bisa dipakai untuk keperluan pribadi, tetapi dipergunakan untuk kepentingan pihak atau orang ketiga. Malahan asuransi jiwa juga bisa dibeli untuk kehidupan orang lain dimana kelak asuransi tersebut akan dimanfaatkan untuknya sesudah terjadi kematian seseorang dalam keluarganya.

Asuransi Pendidikan

Manfaat produk ini adalah buat menjamin biaya pendidikan anak di masa mendatang. Sementara itu untuk masalah biaya premi yang harus dibayarkan tentunya tergantung pada tingkat pendidikan yang akan diperoleh di masa datang selaras dengan keinginan.

Asuransi Kesehatan

Asuransi  kesehatan pun menjadi pilihan banyak orang selain asuransi jiwa. Produk asuransi ini bermanfaat untuk menjamin masalah kesehatan yang kapan-kapan bisa saja terjadi. Dalam hal ini pihak perusahaan asuransi akan menanggung berbagai biaya pengobatan atau malahan dapat menanggung akibat sakit, cedera, cacat maupun  kematian, menurut kesepakatan sebelumnya.

Asuransi Kendaraan

Asuransi  kendaraan ini khususnya asuransi mobil berperan untuk menjaga kendaraan dari kerusakan karena kecelakaan maupun kehilangan akibat tindak pencurian. Untuk pertanggungjawabannya tentunya disesuaikan dengan premi dan kesepakatan dulu.

Pembayaran premi pun tergantung dari keadaan kendaraan Anda. Dimana semakin tinggi usia kendaraan, maka akan semakin banyak premi yang harus dibayarkan. Pasalnya bila usia kendaraan semakin banyak, maka risiko kerusakan yang terjadi pun akan kian parah.

Asuransi Kepemilikan Rumah dan Properti

Tidak cuma kendaraan, rumah atau properti Anda nyatanya dapat diproteksi dengan asuransi. Jenis asuransi ini akan melindungi dari kehilangan maupun kerusakan yang akan terjadi, baik dari fisik rumah itu ataupun berbagai barang yang terdapat di dalamnya. Disamping itu, asuransi jenis ini pun sanggup memberikan perlindungan dari musibah seperti banjir atau kebakaran.

Asuransi Bisnis

Bisnis atau usaha yang dijalankan pun butuh dilindungi. Hal ini tentu saja guna menghindari hal-hal buruk yang akan berlangsung di kemudian hari seperti musibah ledakan, banjir, kebakaran, gempa bumi atau malahan kerusuhan. Tidak cuma itu saja, asuransi bisnis pun memberikan perlindungan yang lainnya seperti asuransi jiwa, investasi, malahan aset bisnis bagi karyawannya.

Asuransi Perjalanan

Asuransi jenis ini mungkin jarang Anda dengar, tetapi di Indonesia tidak sedikit yang menggunakan asuransi perjalanan. Produk asuransi ini mempunyai fungsi yang amat penting saat seseorang mengadakan perjalanan. Akan tetapi untuk pembelian preminya tentu saja dilakukan dalam jangka waktu pendek, yaitu cuma saat perjalanan hingga kembali pulang saja.

Asuransi jenis ini memiliki tujuan utama untuk memberikan perlindungan bila kapan-kapan terjadi kecelakaan saat perjalanan. Untuk pertanggungjawabannya pastinya amat beragam seperti evakuasi medis, pemulangan jenazah, biaya pengobatan, perlindungan terhadap barang bawaan dan lain sebagainya.

Asuransi Kerugian

Jenis asuransi yang telah diatur alam UU No 2/1992 ini lebih dikenal dengan sebutan non life insurance. Asuransi ini berguna untuk menangani kerugian atas sesuatu bisnis/usaha, misalnya asuransi kebakaran yang akan memberikan perlindungan pada kerugian akibat adanya kebakaran di rumah, kantor, hotel dsb. Jenis asuransi kerugian yang lain yakni asuransi pengangkutan yang akan memberikan perlindungan selama masa pengangkutan barang melalui darat, laut maupun udara. 

Nah itulah beberapa jenis asuransi yang terdapat di Indonesia yang penting Anda ketahui. Mempunyai salah satu atau beberapa jenis asuransi di dalam kehidupan kita setiap hari tentu saja amat penting. Hal itu mengingat kalau di masa mendatang seseorang pasti tidak mengetahui hal-hal buruk apa saja yang akan terjadi dan menimpa kita.


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.