Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ragam Jalur Ekspedisi Jakarta Surabaya dengan Ongkir Terjangkau


Menjadi kota metropolitan yang mempunyai aktivitas perekonomian realtif tinggi, tak diragukan lagi menjadikan masyarakat Surabaya kerap menjalankan transaksi jual beli sampai ke luar kota, malahan luar pulau. Tetapi walaupun demikian, kebutuhan di kota Surabaya kadangkala masih belumlah cukup lengkap seperti Jakarta, kota paling ramai se-Indonesia. Alhasil tidak dapat dimungkiri bila pemesanan atau pembelian barang ke Jakarta masih amat tinggi.

Disamping melengkapi kebutuhan di Surabaya, umumnya para pedagang di kota ini pun menjadi supplier/pemasok untuk beberapa kota lainnya di Jawa Timur. Makanya, taraf pendistribusian barang dari Jakarta ke Surabaya menjadi amat tinggi dan kaum pedagang besar pastinya membutuhkan jasa perusahaan ekspedisi untuk mengatasi masalah itu.

Bila Anda penasaran dan ingin mengetahui berapa biaya yang dibutuhkan seorang penyewa jasa ekspedisi dalam satu kali angkut barang, berikut ini ulasan tentang harga ekspedisi Jakarta Surabaya yang dilakukan dengan beragam armada.


Ekspedisi Jakarta ke Surabaya Melalui Jalur Darat

Jarak dari Kota Jakarta ke Kota Surabaya memang tidaklah terlampau jauh sehingga pemakaian kendaraan darat pun buat memaketkan/mengirimkan barang masih terbilang banyak peminatnya. Kecuali itu, pengirimannya pun lumayan cepat, walaupun tak secepat jalur udara. Lantas, berapakah biaya yang mesti Anda siapkan bila ingin memakai jasa perusahaan ekspedisi yang menggunakan moda transportasi jalur darat sebagai alat kirimnya? 

Berikut ini sebagai ilustrasinya. Harga ekspedisi murah Jakarta ke Surabaya melalui darat misalnya kira-kira Rp2.900 per kilo dengan sedikitnya barang yang diangkut seberat 50 kg, kurang dari itu tak dapat diangkut. Ada pula yang mematok tarif hingga Rp3.000 per kilo dengan muatan paling sedikit 100 kg. Berarti, dalam satu kali sewa jasa ekspedisi, Anda mesti menyediakan dana kurang lebih Rp145.000 hingga Rp300.000. Pintar-pintarlah saja mencari jasa yang sesuai keperluan. Umumnya barang telah tiba di rumah kira-kira 2 hingga 3 hari.

Tetapi, bila Anda ingin mengirimkan kendaraan seperti mobil atau sepeda motor, tentunya penghitungan harganya bukanlah per kilo lagi. Biasanya ada harga khusus yang mesti Anda ketahui. Bukan cuma itu, cara pengirimannya yang berbeda juga akan membedakan biaya kirimnya.

Biasanya ada tiga cara yang dipergunakan untuk mengirim mobil dari Jakarta ke Surabaya. Pertama, memakai self drive, yakni dikirim sendiri oleh jasa ekspedisi. Kedua, Anda dapat memilih mobil dikirim dengan car carrier. Sementara itu cara terakhir ialah dengan memakai derek atau towing.

Sebelum mengirimkan mobil, hendaknya perhatikan pula kelengkapan surat-surat yang akan dipinta oleh perusahaan jasa ekspedisi. Umumnya BPKB dan STNK yang difoto kopi atau di-scan, STCK dan faktur dari dealer. Anda pun akan dipinta untuk membayar biaya asuransi yang besarnya kira-kira 0.25-0.3% dari harga mobil tersebut. Hal ini dilaksanakan agar bila ada hal-hal yang tak diharapkan ketika pengiriman, perusahaan ekspedisi itulah yang akan menjamin.


Ekspedisi Jakarta ke Surabaya melalui Udara

Kecuali pengiriman dengan moda transportasi darat, yang lumayan disukai lainnya ialah ekspedisi lewat udara. Kelebihan dari pengiriman barang lewat jalur udara ialah kecepatan barang tiba di tempat tujuan menjadi 2 kali lipat lebih cepat dari kiriman via darat. Tetapi, Anda pun mesti bersedia merogoh biaya yang lebih besar. Walaupun mahal di ongkos, tetapi waktu tempuhnya cukup 1 hari saja.

Jika Anda tertarik untuk melakukan ekspedisi barang/produk dari Jakarta ke Surabaya, silakan lakukan cek ongkir terlebih dulu sebagai acuan dan sesuaikan pula dengan beberapa fasilitas yang barangkali ditawarkan oleh perusahaan ekspedisi. 


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.