3 Perbedaan Apotek Online Dengan Apotek Biasa

Maman Malmsteen 02.35.00


Barangkali banyak dari orang-orang sekarang yang sudah pernah mendengar layanan apotek online. Apotek online adalah apotek yang menjual obat melalui layanan internet. Pembeli obat dapat melihat daftar obat yang dijual melalui website atau aplikasi. Pembeli kemudian melakukan pembayaran melalui transfer bank dan obat dikirimkan melalui kurir. Apotek online sebenarnya tidak berbeda dengan apotek biasa. Layanan apotek online sebenarnya hampir sama saja tapi ada beberapa perbedaan yang membuat layanan apotek online ini menjadi cukup unik. Kita akan bahas satu per satu.

Cara Mendapatkan Informasi Obat

Kita mendapatkan informasi obat melalui apotek biasa dengan mengunjungi apotek tersebut, atau mengunjungi toko fisik apotek tersebut. Di toko fisik tersebut kita akan menemui beberapa orang staf kefarmasian seperti apoteker atau asisten apoteker. Kemudian kita bisa menanyakan obat yang dicari. Kita bisa menanyakan nama obat misalnya Obat Batuk Formula 44. Kita juga bisa juga menanyakan karakteristik obat tersebut misalnya menanyakan obat-obat batuk. Kita juga bisa menanyakan kandungan obat misalnya mencari obat dengan kandungan antibiotik. Apoteker akan menjawab dan mencarikan obat yang kita cari satu per satu sampai kita mendapatkan yang tepat.

Melalui apotek online kita bisa mencari informasi obat dengan lebih cepat. Kita tidak perlu datang ke toko fisik. Cukup membuka website atau aplikasi apotek online tersebut kemudian ketikkan kata pencarian melalui inputan pencarian. Misal ketik obat batuk maka akan muncul daftar obat batuk yang dapat kita beli. Kita bisa memilih salah satu obat batuk yang kita inginkan dan otomatis informasi obat tersebut akan dapat dibaca. Untuk lebih jelasnya silahkan mencoba untuk mencari informasi obat melalui salah satu apotek online seperti Apotek 24 Jam.

Metode Pembayaran

Metode pembayaran pada toko fisik apotek biasa sebenarnya cukup banyak tapi karena keterbatasan infrastruktur biasanya mereka hanya menyediakan metode pembayaran cash, kartu debit atau kartu kredit. Pembayaran dengan menggunakan cash adalah yang paling lazim karena tentu pada toko fisik tersebut tersedia POS atau sistem kasir untuk menerima uang cash.

Metode pembayaran apotek online sangat beragam karena biasanya apotek online mempunyai infrastruktur pembayaran yang jauh lebih lengkap. Kita bisa membayar dengan transfer bank, kartu debit, kartu kredit, Gopay, Ovo, Dana dan berbagai metode pembayaran digital lainnya. Untuk pembayaran cash tentu juga dapat dilakukan dengan cara Cash On Delivery atau dibayar pada waktu barang sampai diantarkan ke rumah. Bahkan penduduk yang jauh di pedalaman desa-desa juga bisa melakukan pembayaran dengan cara setor cash melalui indomart terdekat.

Menebus Resep

Salah satu kegunaan apotek adalah untuk menebus resep dokter dengan obat yang tertera pada resep tersebut. Resep hanya bisa ditebus di  apotek dengan terlebih dahulu dikonsultasikan kepada apoteker pada apotek tersebut. Menebus resep pada toko fisik apotek sangat mudah. Cukup sodorkan kertas resep tersebut kepada apoteker. Apoteker kemudian akan memeriksa resep tersebut apakah asli atau tidak. Kemudian apoteker bisa memberikan saran untuk mengubah obat yang tertera pada resep apabila ada obat dengan merek lain yang lebih bagus atau lebih murah. Tentu saran ini harus disetujui oleh dokter yang memberikan resep. Apabila semua sudah beres maka apoteker akan mencarikan obat tersebut dan memberikan kepada pembeli.

Menebus resep melalui apotek online sebenarnya sama saja, bedanya resep disodorkan dengan cara mengirimkan foto resep melalui website atau media chat online. Proses yang terjadi kemudian sama seperti menebus resep pada toko fisik apotek. Mungkin bedanya hanya pada cara obat diberikan kepada pembeli. Dengan menggunakan apotek online tentu obat akan dikirimkan melalui jasa kurir.


Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »