Baca Ini Dulu Sebelum Mau Jadi Programmer

Maman Malmsteen 06.43.00


Semua orang mengidamkan pekerjaan dengan gaji yang besar maka tidak heran pekerjaan dalam bidang teknologi sangat diminati oleh para pencari kerja. Bidang teknologi apalagi yang berhubungan dengan komputerisasi, otomasi dan kecerdasan buatan biasanya menawarkan gaji yang cukup menggiurkan. Programmer adalah salah satu contoh pekerjaan yang seperti itu. Gaji seorang programmer yang sudah berpengalaman bisa mencapai puluhan juta rupiah ditambah dengan berbagai tunjangan lain. Tapi apakah benar menjadi seorang programmer itu selalu enak ? Mari cek dulu beberapa pertimbangan di bawah ini.

Programmer Siap Kerja 24 Jam

Seorang programmer dituntut untuk selalu siaga setiap jam sebab hasil pekerjaannya biasanya dijalankan 24 jam juga. Misal seorang programmer yang membuat bagian server sistem perbankan. Sistem perbankan berjalan 24 jam sehari, 7 hari seminggu bahkan sampai lebaran juga tetap harus dijalankan. Bagaimana apabila server sistem perbankan itu mengalami kerusakan ?. Jawabannya dapat ditebak, yang membuatnya yaitu programmernya itu harus melakukan perbaikan saat itu juga. Itulah sebabnya programmer dipersiapkan untuk selalu siaga 24 jam.

Tidak jarang seorang programmer bekerja lembur sampai pagi, terutama pada saat suatu sistem atau aplikasi dipersiapkan dibuka untuk umum. Karena banyaknya pekerjaan-pekerjaan yang tidak diantisipasi sebelumnya maka proses pengerjaannya menjadi molor sampai pagi hari. 

Programmer Mikir Terus

Pemrograman itu adalah algoritma, algoritma itu menuntut untuk membuat suatu coding yang dapat berjalan dalam berbagai kondisi, jarang error, cepat dan juga efisien. Pekerjaan seorang programmer adalah terus menerus memikirkan algoritma yang paling bagus agar suatu sistem atau aplikasi dapat berjalan dengan lancar. Tidak jarang seorang programmer harus mengupgrade hasil pekerjaannya berkali-kali karena ditemukan algoritma yang masih kurang bagus atau kurang efisien. Pekerjaan menjadi programmer itu adalah pekerjaan yang menuntut tenaga pikiran sepanjang waktu.

Kombinasi antara jadwal pekerjaan yang padat, waktu kerja yang panjang dan tuntutan untuk berpikir terus menerus kadang membuat seorang programmer menjadi mengubah karirnya. Misalnya dengan masuk ke bagian manajemen atau memilih karir pada bidang lain. Tentu ini tidak bagus sebab kemampuan programmer yang sudah berpengalaman sangat berharga bagi perusahaan. Untuk mengatasi masalah ini di beberapa negara terutama eropa membuat kebijakan bisa bekerja dari rumah. Jadi seorang programmer bisa mengerjakan pekerjaannya secara remote dan online dari rumah dan bisa lebih dekat dengan keluarga.

Upgrade Kemampuan Terus Menerus

Bahasa pemrograman baru, framework baru, aplikasi baru, sistem baru terus bermunculan secara cepat. Tidak mungkin seorang programmer hanya belajar satu bahasa pemrograman kemudian memakai bahasa pemrograman itu terus sampai pensiun. Programmer yang seperti itu karirnya akan berhenti pada suatu titik karena kemampuannya tidak berkembang. Oleh karena itu seorang programmer dituntut untuk selalu memperbaharui keahliannya dengan mempelajari bahasa pemrograman baru, sistem baru, framework baru dan lain sebagainya.

Beruntung sekarang banyak sekali kursus programmer bermunculan, sehingga para programmer dapat mengikuti kursus-kursus tersebut untuk mengupgrade kemampuannya. Kursus untuk para programmer ini bukan hanya kursus programming biasa, tapi juga mungkin kursus mempelajari sistem baru, kursus mempelajari konsep baru atau framework baru.

Beberapa kursus programming sekarang bahkan bisa diikuti secara online, hal ini cukup membantu para programmer untuk mengupgrade kemampuan mereka. Bisa dibayangkan dengan jadwal pekerjaan yang sangat padat tentu para programmer ini tidak mempunyai waktu yang cukup untuk mengikuti kursus di dalam kelas. Kursus programming online ini juga kadang bisa diikuti dengan metode video call atau kelas online dengan menggunakan Zoom atau Google Meeting.


Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon