4 Cara Membuat Ruangan Kerja Yang Kondusif

Maman Malmsteen 17.53.00


Kamu bisa menggunakan jasa Arsitek Indonesia untuk membuat sebuah ruangan kerja yang bagus dan nyaman. Akan tetapi desain interior tersebut tidak menjamin ruangan kerja yang kamu tempati kondusif. Perlu diketahui ada beberapa faktor yang membuat sebuah ruangan kondusif atau tidak seperti peraturan, sifat orang, dan lain sebagainya, maka dari itu apabila kamu bisa mengakomodir beberapa faktor tersebut maka ruangan kerja kamu akan menjadi kondusif dengan sendirinya. Tanpa berbasa-basi lagi ini dia 4 cara membuat ruangan kerja kamu kondusif.

1. Kepribadian Dan Kebiasaan Yang Positif

Ruangan adalah benda mati yang bisa kamu atur sesuka hati kamu dan memang hal tersebut mempengaruhi lingkungan kerja secara langsung. Akan tetapi kepribadian orang-orang juga kebiasaan yang di bangun di ruangan itu adalah faktor utama yang membuat lingkungan kondusif atau tidak. Maka dari itu apabila kamu merupakan salah satu bagian HRD (Human Resource Development) pastikan kamu merekrut orang-orang yang memiliki attitude yang baik.

2. Peraturan

Untuk mendukung cara yang pertama, kamu juga bisa membuat peraturan yang membuat mereka kondusif dalam bekerja seperti menyimpan handphone terlebih dahulu, tidak berkata kasar, tidak berteriak dan lain sebagainya. Kamu juga bisa menaruh hiasan dinding yang berupa tulisan peraturan yang sudah di buat agar selalu ingat akan peraturan yang telah di sepakati bersama. 

3. Fasilitas

Fasilitas juga sangat membantu para pekerja dalam membuat mood yang positif. Kamu bisa menyediakan air panas atau mesin kopi agar mereka bisa membuat kopi apabila mereka merasa ngantuk. Kamu juga bisa memasang alat pengharum ruangan agar ruangan kamu selalu dalam keadaan wangi. Akan tetapi pastikan fasilitas yang ada di ruangan tersebut merupakan fasilitas yang mendukung produktifitas, jauhkan fasilitas yang membuat malas seperti sofa, dan lain sebagainya.

4. Tingkatkan Komunikasi

Komunikasi merupakan salah satu faktor utama dalam membuat suatu ruangan kerja menjadi kondusif. Komunikasi yang baik antar karyawan akan membuat kinerja menjadi lebih baik. Salah satu komunikasi yang baik adalah cara penyampaian yang tepat, pemilihan kata yang santun dan tidak kasar, intonasi suara yang jelas tapi tidak keras dan lain sebagainya. Kamu juga bisa memfasilitasi mereka dengan rapat apabila ada hal penting yang harus di komunikasikan oleh banyak pihak.

Itu adalah 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat suatu ruangan kerja menjadi kondusif. Walaupun hanya bekerja dari rumah kamu juga bisa menjangkau pasar luar negeri karena banyak aktivitas seperti mencari pembeli di luar negeri, memeriksa ongkir ke Malaysia (apabila kamu ingin mengirim produk ke Malaysia) dan lain sebagainya dapat kamu lakukan dari rumah. Maka dari itu buat lah ruangan kerja kamu sangat kondusif sehingga dapat menaikkan produktifitas kamu.


Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon