iklan space 728x90px

Siklus Hidup Tonggeret (Cicada)

Tonggeret (Cicada) adalah sejenis serangga dari ordo Hemiptera dan subordo Auchenorrhyncha, memiliki mata berukuran besar yang terpisah jauh satu sama lain di kepalanya.  Ia juga memiliki sayap transparan dan bergurat-gurat.

Ada sekitar 2.500 spesies tonggeret di seluruh dunia dan banyak diantara mereka belum diklasifikasikan sampai saat ini.  Secara umum, tonggeret hidup di iklim tropis.  Tonggeret paling mudah dikenali karena memiliki ukuran yang besar dan suara yang unik.

Mereka umumnya dimakan burung.  Sejumlah spesies tonggeret juga memiliki mekanisme pertahanan diri tidak lazim yang disebut dengan predator satiation.  Caranya, mereka muncul ke permukaan secara sekaligus sehingga jumlah mereka di sebuah kawasan melebihi jumlah yang bisa disantap pemangsa.

Teknik itu akan membuat pemangsanya menjadi kekenyangan dan membiarkan tonggeret yang masih tersisa berkembang biak dengan aman.

Berikut ini adalah siklus hidup tonggeret (Cicada):
  1. Cicada nuda nymph menetas dari telur yang tersimpan di dahan pohon
  2. Menetas kemudian jatuh dari dahan dan masuk lubang di tanah, siklus kehidupan 17 tahunan dimulai
  3. Makanan berupa juveniles atau cairan akar-akaran yang memiliki nutrisi rendah, sehingga cicada berkembang sangat lamban
  4. Setelah 17 tahun di bawah tanah, nymph ke permukaan dan tinggal dekat pohon atau semak-semak memulai pergantian ke tahap dewasa
  5. Cicada dewasa muncul dari pelindung. Jantan dewasa mulai memanggil yang betina dengan suara yang bising
  6. Setelah kawin, cicada betina meletakkan telur di dahan, yang akhirnya menetas dan kembali ke awal lingkaran kehidupannya
Ilustrasi Siklus Hidup Tonggeret (Cicada)

Mereka tinggal di tanah sebagai nymph atau hewan muda yang sebagian besar hidupnya dihabiskan dengan berada di kedalaman sekitar 30 -250 cm di dalam tanah.  Para nymph mengkonsumsi cairan akar tanaman dan memiliki kaki depan yang kuat untuk menggali.

Pada tahap akhir masa hidup sebagai nymph dan kemudian tumbuh menjadi tonggeret dewasa, mereka membuat jalan keluar dari tubuh kanak-kanak dengan menyobek tubuh sendiri, lalu keluar.  Tubuh bekas bagian luar tetap menggantung, umumnya di batang pohon tempat tinggal mereka sebelumnya.

Setelah tumbuh dewasa, tonggeret memiliki ukuran 2-5 cm.  Beberapa spesies tropis bisa tumbuh hingga mencapai panjang 15 cm
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

2 komentar untuk "Siklus Hidup Tonggeret (Cicada)"

  1. Infonya bagus bgt, bisa nambah pengetahuan nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. OK terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat.

      Hapus

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News