IBX59ED8B2FED208 Siklus Hidup Tonggeret (Cicada) - Jendela Informasi
Loading...

Siklus Hidup Tonggeret (Cicada)

Tonggeret (Cicada) adalah sejenis serangga dari ordo Hemiptera dan subordo Auchenorrhyncha, memiliki mata berukuran besar yang terpisah jauh satu sama lain di kepalanya.  Ia juga memiliki sayap transparan dan bergurat-gurat.

Ada sekitar 2.500 spesies tonggeret di seluruh dunia dan banyak diantara mereka belum diklasifikasikan sampai saat ini.  Secara umum, tonggeret hidup di iklim tropis.  Tonggeret paling mudah dikenali karena memiliki ukuran yang besar dan suara yang unik.

Mereka umumnya dimakan burung.  Sejumlah spesies tonggeret juga memiliki mekanisme pertahanan diri tidak lazim yang disebut dengan predator satiation.  Caranya, mereka muncul ke permukaan secara sekaligus sehingga jumlah mereka di sebuah kawasan melebihi jumlah yang bisa disantap pemangsa.
Siklus Hidup Tonggeret (Cicada)

Teknik itu akan membuat pemangsanya menjadi kekenyangan dan membiarkan tonggeret yang masih tersisa berkembang biak dengan aman.

Mereka tinggal di tanah sebagai nymph atau hewan muda yang sebagian besar hidupnya dihabiskan dengan berada di kedalaman sekitar 30 -250 cm di dalam tanah.  Para nymph mengkonsumsi cairan akar tanaman dan memiliki kaki depan yang kuat untuk menggali.

Pada tahap akhir masa hidup sebagai nymph dan kemudian tumbuh menjadi tonggeret dewasa, mereka membuat jalan keluar dari tubuh kanak-kanak dengan menyobek tubuh sendiri, lalu keluar.  Tubuh bekas bagian luar tetap menggantung, umumnya di batang pohon tempat tinggal mereka sebelumnya.

Setelah tumbuh dewasa, tonggeret memiliki ukuran 2-5 cm.  Beberapa spesies tropis bisa tumbuh hingga mencapai panjang 15 cm