iklan space 728x90px

Kartu Lebaran Dari Jerami

Meski layanan SMS/MMS atau chat lebih praktis dan lebih cepat sampai, tapi banyak juga diantara kita yang masih memilih kartu ucapan untuk menyambungkan silaturahmi di hari Lebaran.

Jika Anda kebetulan memiliki waktu luang, sambil ngabuburit ada baiknya kartu Lebaran itu kita buat sendiri dari bahan yang agak lain daripada yang lain, seperti jerami padi.  Selain membuat penampilan kartu tampak unik, limbah padi ini juga tergolong ringan sehingga relatif tidak memerlukan biaya yang besar untuk mengirimkannya.

Bahan-bahan :
- Jerami
- Karton
- Kertas polos
- Lem kayu (lem putih)
- Berbagai pernik

Cara Membuat :
  • Buat pola kartu pada karton, kemudian gunting.  Bentuk dan ukuran pola dapat dimodifikasi sesuai selera.
  • Dengan menggunakan lem, rekatkan jerami padi di seluruh permukaan luar kartu, gunting, dan rapikan jerami yang direkatkan sehingga bentuk pola kartu tidak berubah.  Rekatkan juga jerami di beberapa bagian dalam kartu yang diinginkan.
  • Dengan menggunakan alat tulis (menempelnya), tulis kata-kata yang akan disampaikan di bagian dalam kartu.
  • Supaya tampak manis dipandang, hiasi kartu dengan berbagai pernik sesuai selera.
  • Untuk amplop, buat pola amplop pada kertas polos, kemudian gunting.  Bentuk dan ukuran amplop dapat dibuat sesuai kebutuhan.  Dengan bantuan lem bentuk pola menjadi amplop.

Nah, supaya Kartu Lebaran dari jerami ini tampak rapi dan jerami yang direkatkan tidak tampak gembung, sebaiknya sebelum dikirimkan kartu tersebut terlebih dahulu dihimpit oleh benda rata yang agak berat (buku tebal, dsb).  Selamat mencoba!
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News