iklan space 728x90px

Ragam Aplikasi Analizer Space Gratis, Untuk Deteksi Penggunaan Ruang Harddisk

Kapasitas harddisk tiap waktu makin besar, dan mungkin suatu saat Anda membeli satu harddisk dengan kapasitas 2TB, tentu saja Anda akan berpikir bahwa akan banyak sekali ruang yang tersedia.

Tapi tidak begitu adanya, karena koleksi foto, film, lagu dan banyak dokumen lagi akan siap memenuhi ruang penyimpanan Anda. Ada baiknya kita lakukan satu pengaturan file, agar kita kelak akan tau file apa yang mengambil ruang paling banyak. Di bawah ini adalah beberapa tool yang bisa memberikan Anda informasi penggunaan memory harddisk.
  • SpaceSniffer
SpaceSniffer adalah program freeware portable yang membantu Anda memahami struktur folder dan file pada harddrive Anda. Tata letak visualisasi Treemap SpaceSiffer berguna membantu Anda untuk menvisualisasikan dimana folder dan file besar ditempatkan. Luas setiap persegi panjang sebanding dengan ukuran file itu. Anda dapat mengklik dua kali pada item apapun untuk melihat lebih detail.

Jika Anda sedang mencari tipe tertentu file, seperti semua file .jpg atau untuk file yang usianya lebih lama satu tahun, atau kondisi lain, gunakan kolom Filter untuk membatasi hasil untuk hanya file. Untuk bantuan dengan cara menggunakan fitur penyaringan, pilih bantuan Filtering dari menu Help.
  • WinDirStat
Ketika WinDirStat dimulai, ia akan membaca seluruh pohon direktori sekali dan menyajikan dalam tiga tampilan. Daftar direktori, yang menyerupai tampilan pohon di Windows Explorer, menampilkan di kiri atas dan diurutkan berdasarkan ukuran file/subtree.

Daftar ekstensi adalah sebuah legenda yang menampilkan pada kanan atas dan menunjukkan statistik tentang jenis file yang berbeda.

Treemap mengambil bagian bawah jendela WinDirStat. Setiap persegi panjang berwarna mewakili file atau direktorri, dan persegi panjang, mewakili subdirektori dan file di dalam direktori. Luas setiap persegi panjang sebanding dengan ukuran file atau sub pohon. Warna persegi panjang untuk file menunjukkan ekstensi file yang sesuai dengan daftar ekstensi.
  • TreeSize Free
TreeSize Free memungkinkan Anda untuk memulai program ini normal atau dari meu konteks untuk folder atau drive. Ini menunjukkan bahwa Anda ukuran dari folder yang dipilih, termasuk subfolder.

Pohon ini seperti Windows Explorer dalam bahwa Anda dapat memperluas setiap sub folder dalam folder yang dipilih atau drive dan menelusuri ke tingkat file. Hasilnya terlihat seperti TreeSize Gratis memindai folder atau drive yang dipilih.

Anda dapat mendownload TreeSize Gratis sebagai program portable atau sebagai file diinstal. Untuk mendapatkan pilihan pada menu konteks, Anda harus mendownload file diinstal dan menginstall program.
  • Disktective
Disktective adalah tool gratisan, juga merupakan utility portable yang bisa memberikan informasi ukuran nyata dari direktori Anda dan distribusi subdirektori dan file di dalamnya. Anda akan diminta untuk memilih direktori atau drive ketika Disktective terbuka. Folder atau drive yang dipilih dianalisis dan tampilan pohon muncul pada sisi kiri jendela dan pie chart dengan persentase ditampilkan di sebelah kanan.

Karena Disktective tidak perlu diinstal, Anda dapat mengambil pada USB flash drive untuk menganalisis flash drive atau komputer Windows yang Anda temui.
  • DiskSavvy
DiskSavvy adalah analizer disk yang cepat, juga mudah digunakan yang memungkinkan Anda untuk menganalisa penggunaan space harddisk, berbagi drive pada jaringan, dan perangkat penyimpanan NAS. Jendela utama menampilkan presentase ruang disk yang digunakan oleh setiap direktori dan berkas. Anda juga dapat dengan mudah melihat grafik pie atau bar chart yang menunjuukan hasil dalam format grafis.

DiskSavvy tersedia dalam beberapa versi, yaitu versi freeware, versi Pro, dan versi Ultimate, setiap versi memberikan fitur tambahan. Versi freeware memungkinkan Anda untuk jumlah maksimum file dari 500.000 dan kapasitas penyimpanan maksimum 2TB. Ini memiliki dukungan untuk nama file panjang, nama file Unicode, dan UNC nama path jaringan dan memungkinkan Anda untuk menyalin, memindahkan dan menghapus file secara langsung dalam program ini.
  • JDiskReport
JDiskReport adalah perangkat gratis lain yang menyajikan analisis folder atau drive yang dipilih sebagai pie chart, grafik cincin, bar chart, atau dalam tabel rinci. Klik tombol Scan Tree file (kaca pembesar) pada toolbar untuk memilih drive atau folder dan mulai memindai.

Folder tampilan pohon disebelah kiri menyajikan pohon Windows Explorer seperti yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengakses semua subfolder di folder atau drive yang dipilih.

Beberapa tab di bagian atas jendela kanan menyediakan cara yang berbeda untuk melihat hasil scan. Setiap tab juga memiliki pilihan di bagian bawah untuk tambahan pandangan yang berbeda. Ada tombol pada toolbar yang memungkinkan Anda untuk mengurutkan berdasarkan ukuran atau nama dan untuk menunjukkan ukuran file atau jumlah file pada tab sesuai yang dipilih.
  • GetFolderSize
Untuk setiap folder di dalam folder atau drive yang terpilih, GetFolderSize menampilkan ukuran total untuk semua file dalam foder tersebut atau drive dan jumlah file dan subfolder dalam folder atau drive.

Anda dapat menggunakan GetFolderSize untuk memindai jumlah yang tidak terbatas file dan folder pada internal dan eksternal drive, CD dan DVD, dan berbagi drive jaringan. Mendukung panjang file dan nama folder dan karakter Unicode dan kemampuan untuk menampilkan ukuran file dalam byte, kilobyte, megabyte, gigabyte, dan GetFolderSize ini memungkinkan Anda untuk mencetak pohon folder dan menyelamatkan pohon folder dan informasi ke file teks.

GetFolderSize tersedia dalam versi portable, sehingga Anda dapat membawanya pada USB flash drive atau drive eksternal lainnya. Namun, jika Anda menginstall GetFolderSize, pilihan ditambahkan ke menu konteks di Windows Explorer yang memungkinkan Anda untuk memluai GetFolderSize dan memindai folder dengan mengklik kanan di atasnya.
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Ragam Aplikasi Analizer Space Gratis, Untuk Deteksi Penggunaan Ruang Harddisk"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News