iklan space 728x90px

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Properti

Tempat tinggal, baik berbentuk rumah ataupun apartemen merupakan kebutuhan pokok yang selayaknya dimiliki. Bisa jadi hal ini pula yang menjadikan bisnis properti menjadi menggiurkan, karena selain menjadi aset, rumah atau apartemen juga dibutuhkan banyak kepemilikannya bisa menjadi peluang bisnis dan investasi yang menguntungkan. Akan tetapi tetap saja bisnis pasti memiliki risiko, Anda yang berkecimpung di dunia industri properti juga harus pandai-pandai memilih tanah atau rumah atau apartemen ataupun ruko yang akan dijadikan alat investasi Anda. Jangan sampai risiko Anda memiliki properti tersebut lebih besar ketimbang keuntunngannya.
  • Pilihlah lokasi investasi properti yang paling prospektif 
Hal yang menentukan sukses tidaknya sebuah investasi properti adalah lokasi. Kawasan yang dekat dengan pusat kota, pusat bisnis, sekolah, rumah sakit,dan fasilitas umum lainnya, berpeluang besar untuk terus berkembang dan menjadi nilai tambah properti Anda. Pastikan pula kawasannya mudah dijangkau oleh transportasi umum.Usahakan untuk menghindari lokasi dekat kuburan, POM bensin.dan tempat pembuangan akhir sampah, karena berbeda dengan ekspetasi properti idaman pada umumnya sehingga dapat mengurangi nilai jual. 
  • Aman, nyaman, dan fasilitas 
Keamanan menjadi salah satu poin yang juga patut diperhatikan. Aman berarti lokasi tempat properti yang Anda pilih bukanlah kawasan dengan tingkat kejahatan tinggi. Nyaman bisa diartikan bahwa lingkungan tetangga berinteraksi secara positif dan lokasi properti yang Anda pilih bukan wilayah langganan banjir. 
  • Membeli, menahan, menukar dan menjual properti pada waktu yang tepat
Kapabilitas memperkirakan pasar adalah alat bantu yang terpenting dalam menentukan saat yang ideal untuk berinvestasi pada properti. Sayangnya prediksi belum terlampau disukai banyak orang di Indonesia. Lantaran cuma investor yang telah memiliki pengalaman serta ahli properti yang bisa memperkirakan serta mengukur trend pasar untuk waktu 5 sampai 10 tahun. yang akan datang.
  • Memilih jenis properti tertentu dengan hasil investasi yang optimal
Hindari properti yang tidak dapat atau sulit disewakan. Sebelum memutuskan untuk membeli properti amatilah peluang menyewakan properti yang sejenis dengan properti Anda di kawasan itu.Bandingkan calon properti Anda dengan properti-properti lain di sekitarnya.
  • Melakukan strategi pembiayaan yang kreatif
Anda bisa memilih pembiayaan dengan cara cash keras,cash bertahap atau melalui kredit KPR.Pembayaran dengan cara cash juga bisa dilakukan dalam waktu 1 hingga 2 bulan.Sedangkan pembayaran dengan cara cash bertahap bisa mencapai 8 bulan, 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan hingga 30 bulan.
  • Memilih pengembang yang memiliki reputasi di bisnis properti
Carilah properti dari pengembang yang terpercaya dan sudah memiliki nama baik di bidang bisnis properti. Perhatikan juga penawaran yang diberikan oleh pihak pengembang, lakukanlah negosiasi yang dapat memberikan Anda penurunan harga atau kemudahan dalam pembayarannya.
  • Pastikan status kepemilikan
Hindari lahan sengketa. Anda berhak mengetahui adanya kejelasan surat, kejelasan status kepemilikan, agar merasa tenang berinvestasi sekaligus memanfaatkan properti milik Anda secara legal.

Membeli rumah, apalagi untuk ditinggali atau investasi memartg tidaklah mudah.Terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan properti yang diinginkan. Informasi diatas semoga menambah wawasan dan bermanfaat bagi Anda. [Sumber : Berbagai sumber]
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Properti"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News