iklan space 728x90px

4 Cake Manis Bikin Lebaran Makin Seru

Ketika Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran seluruh keluarga berkumpul merayakan hari kemenangan. Merayakan momen Lebaran, selain menikmati menu khas Lebaran nan lezat, kue-kue cake yang manis juga makin membuat suasana Lebaran makin seru.

Cake manis juga bisa dijadikan hantaran keluarga atau kerabat yang terkesan mewah. Berikut ini resep-resep seperti Mini Sponge Strawberry, Greentea Cake Lapis Pudding, Bolu Gulung Blueberry dan Tiger Roll Choco layak untuk Anda coba.



Mini Sponge Strawberry

Bahan Sponge Cake:
5 butir kuning telur 3 butir putih telur
100 grtepung terigu protein sedang 70 gr gula pasir !/2 sdt cake emulsifier 70 gr mentega, lelehkan

Bahan Filling:
Cream cheese, siap pakai
Strawberry, iris tipis

Cara Membuat:
  1. Sponge Cake: Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang. Masukkan cake emulsifier, kocok kembali hingga kaku. Tambahkan tepung terigu dan mentega cair secara berselang-seling, aduk rata dengan spatula
  2. Tuang adonan dalam loyang persegi ukuran 20 cm x 20 cm yang telah diolesi margarin dan ditabuh tepung terigu. Panggang dalam oven panas bersuhu 125 °C hingga matang, angkat dan dinginkan
  3. Belah melintang sponge cake menjadi dua lapisan, cetak tiap lapisan dengan ring cutter. Masukkan lapisan bawah ke dalam mika plastik bentuk tabung. Susun strawberry pada sisi-sisi dinding, tambahkan cream cheese hingga 3A penuh. Tutup dengan sponge cake lapisan atas, hias dengan irisan strawberry
  4. Mini Sponge Strawberry siap disajikan.
Untuk 3 Cup

Greentea Cake Lapis Pudding

Bahan:
100 gr tepung terigu, ayak
100 gr margarin
100 gr gula halus
100 gr telur, kocok lepas
1/2 sdt baking powder
1 sdt bubuk green tea
Pudding Green Tea
1 bungkus Nutrijell Green Tea
1 sdt bubuk green tea
400 ml air
150 gr gula pasir
8 buah strawberry, cincang

Cara Membuat:
  1. Bolu: Kocok margarin dan gula halus hingga mengembang menggunakan mixer kecepatan sedang. Tambahkan telur, kocok rata. Masukkan campuran tepung terigu dan baking powder yang telah diayak, aduk rata dengan spatula. Bagi adonan menjadi 2, 1 bagian ditambahkan bubuk green tea dan adonan dibiarkan berwarna putih. Tuang adonan putih ke dalam loyang datar yang telah dialasi kertas roti dan diolesi margarin. Tambahkan adonan green tea di atasnya, buat gradasi dengan lidi. Panggang adonan dalam oven panas bersuhu 150°C selama 20 menit hingga matang. Angkat dan cetak dengan ring cutter berdiameter 7 cm, sisihkan.
  2. Puding Green Tea: Campur Nutrijell Green Tea, gula pasir dan bubuk green tea, aduk rata. Larutkan dengan air, rebus di atas api sedang hingga matang.
  3. Lapisi cake dengan plastik mika hingga rapat tidak bercelah. Tuangkan adonan pudding green tea di atasnya, masukkan cincangan strawberry. Dinginkan dalam lemari es selama 15- 20 menit hingga mengeras.
  4. Lepaskan plastik mika, Greentea Cake Lapis Pudding siap dihidangkan.
Untuk 8 Porsi

Bolu Gulung Blueberry

Bahan:
12 butir kuning telur
3 butir putih telur
1 sdm cake emulsifier Quick 75
150 gr gula pasir
60 grtepung terigu Segitiga Biru
30 gr susu bubuk
20 gr maizena
125 gr margarin, kocok hingga lembut 
1/2 Sdt pewarna ungu

Isian:
Butter cream 
Buah blueberry, iris

Cara Membuat:
  1. Kocok kuning telur, putih telur, cake emulsifier dan gula pasir hingga mengembang dan kental.
  2. Masukkan terigu, susu bubuk dan maizena kocok rata hingga halus.
  3. Tambahkan margarin dan pewarna ungu, kocok perlahan hingga merata. Tuang adonan ke dalam loyang persegi berukuran 3 cm x 30 cm x 30 cm yang telah dialasi kertas roti dan diolesi margarin.
  4. Panggang adonan dalam oven panas bersuhu 180°C selama 15 menit atau hingga matang. Angkat dan biarkan dingin.
  5. Olesi Roll Cake dengan butter cream hingga rata lalu tambahkan irisan buah blueberry, gulung hingga rapi dan padat. Hias bagian atasnya dengan selai blueberry, sajikan.
Untuk 1 Loyang

Tiger Roll Choco

Bahan Tiger Cake:
6 butir kuning telur
40 gr gula halus
12 grtepung maizena
18 gr minyak goreng, hangatkan

Bahan Choco Cake:
12 butir kuning telur
3 butir putih telur
1 sdm cake emulsifier 
150 gr gula pasir
50 gr tepung terigu 
10 gr cokelat bubuk 
20 gr tepung maizena
30 gr susu bubuk
125 gr margarin, kocok sebentar

Bahan Isi:
100 gr susu kental manis putih
125 gr selai cokelat

Cara Membuat:
  1. Tiger Cake: Kocok kuning telur dan gula sampai kental, masukkan maizena lalu aduk sampai rata, tambahkan minyak goreng, aduk rata. Tuang adonan ke dalam loyang datar berukuran 24cm x 24cm x 3cm yang telah dialasi kertas roti dan diolesi margarin. Panggang selama 20 menit di atas api atas dan bawah besar, angkat lalu sisihkan.
  2. Ayak tepung terigu, tepung maizena, cokelat bubuk dan susu bubuk, sisihkan.
  3. Choco Cake: Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang selama 5 menit lalu masukkan cake emulsifier, kocok kembali hingga mengembang dan kental selama 10 menit. Masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dengan mixer berkecepatan rendah. Tambahkan margarin, kocok kembali hingga tercampur rata.
  4. Tuang adonan ke dalam loyang berukuran 24cm x 24cm x 3cm yang telah dialasi kertas minyak dan diolesi margarin hingga setebal ± 1 cm. Panggang dalam oven panas bersuhu 180°C selama ± 10-15 menit hingga matang, angkat dan dinginkan. Keluarkan Cokelat Cake di atas kertas roti kemudian isi dengan selai cokelat, gulung periahan hingga padat.
  5. Susun Tiger Cake di atas kertas roti lalu siram permukaannya dengan susu kental manis, ratakan. Ambil Choco Cake Gulung, letakkan di pinggir Tiger Cake, gulung kembali sambil sesekali dipadatkan. Didiamkan beberapa saat. Tiger Choco Cake siap disajikan.
Untuk 10 Loyang
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "4 Cake Manis Bikin Lebaran Makin Seru"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News