iklan space 728x90px

Amankah Obat Tradisional untuk Kencing Manis?

Jendela Informasi - Sebagai penyakit yang tergolong penyakit berat dengan banyak komplikasi, diabetes membutuhkan rencana pengobatan yang lumayan mahal, apalagi jika sudah parah. Karena itu, banyak orang yang kemudian beralih pada obat tradisional untuk kencing manis sebagai alternatif yang lebih murah. Bentuknya pun macam-macam; mulai dari rebusan daun sambiloto, rebusan daun salam dan jambu biji, jus kacang panjang, jahe, jus delima asli, pisang, mengkudu hingga terong. Sebagian mungkin sudah teruji secara klinis, sementara banyak yang lainnya hanya berasal dari saran atau pengalaman seseorang yang sifatnya anekdotal.

Obat tradisional sering dikonsumsi sebagai alternatif penyembuhan kencing manis yang lebih murah dan mudah didapat. Akan tetapi, kita sering mendengar tentang cerita seram mengenai orang-orang yang menderita sakit atau efek samping akibat obat herbal. Amankah mengonsumsi obat tradisional untuk kencing manis?

Tips Mengonsumsi Obat Tradisional Untuk Kencing Manis
Jika Anda ingin mengonsumsi obat tradisional untuk menyembuhkan kencing manis, inilah yang harus diperhatikan:
  • Pastikan Anda sudah tahu atau pernah membaca tentang sumber obat tersebut dari sumber yang bisa dipercaya, bukan sekedar mendengar dari ‘kata orang.’ carilah sumber-sumber penelitian yang pernah menjelaskan tentang manfaat tanaman obat tersebut untuk diabetes.
  • Pastikan Anda mengetahui cara mengonsumsinya dengan benar; ada yang sebaiknya direbus sampai mendidih lalu disaring, ada yang bisa dimakan langsung, ada yang lebih baik dijadikan jus dan sebagainya.
  • Jika Anda mengalami efek samping seperti muntah-muntah, mencret, mual dan sebagainya setelah mengonsumsi suatu obat tradisonal padahal sudah sesuai anjuran, mungkin Anda alergi atau memang tak tahan dengan obat tersebut. Sebaiknya hentikan konsumsi dan carilah sumber lain yang tak akan membuat Anda sakit.

Beberapa jenis obat tradisional yang sudah diakui khasiatnya untuk kencing manis antara lain adalah mengkudu, kacang panjang, delima, daun salam dan jahe. Khusus untuk mengkudu, buah ini sudah diteliti baik oleh ilmuwan dalam negeri maupun luar negeri dan sudah diakui memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk sebagai obat tradisional kencing manis yang ampuh.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Amankah Obat Tradisional untuk Kencing Manis?"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News