IBX59ED8B2FED208 Marzocchi, Produsen Awal Suspensi - Jendela Informasi
Loading...

Marzocchi, Produsen Awal Suspensi

Jendela Informasi - Komponen peredam guncangan atau suspensi sudah menjadi identitas dari sepeda gunung. Salah satu produsen awal suspensi untuk sepeda adalah Marzocchi. Berbeda dengan pionir suspensi sepeda lain seperti Rockshox, Manitou, atau RST yang merupakan perusahaan baru, Marzocchi adalah produsen suspensi otomotif yang membuat suspensi sepeda. Ini baru diikuti Fox Suspension di pertengahan dekade 2000-an.

Sejarah Marzocchi dimulai 1949 di via Zannoni, Bologna, Italia. Di tahun itu, kakak beradik Stefano dan Guglielmo Marzocchi memproduksi suspensi sepeda motor di ruang bawah tanah rumah mereka. Setelah sebelumnya mereka bekerja sebagai desainer sepeda motor, mereka memutuskan untuk mendirikan Marzocchi dan lebih fokus kepada bisnis pompa hidrolik untuk industri dan suspensi sepeda motor.


Dalam perjalanannya, Marzocchi menjadi produsen komponen orisinal untuk sepeda motor Ducati, BMW, Cagiva, KTM, dan Aprilia. Selain menjadi produsen komponen orisinal, Marzocchi juga terjun ke dalam dunia kompetisi. Marzocchi adalah suspensi yang digunakan legenda balap motor, Giacomo Agostini. Marzocchi juga suspensi yang banyak digunakan dalam ajang reli Paris-Dakar, selain juga digunakan oleh tim Formula 1 Ferrari di 1980-an.

Kiprah Marzocchi dimulai di awal sejarah penggunaan suspensi sepeda. Pada 1989, saat Paul Turner meluncurkan produknya Rockshox RS-1, salah satu distributor Marzocchi memperlihatkan produk tersebut pada Andrea Pierantoni, Direktur Pemasaran Marzocchi. Tahun itu juga, dengan kemampuan produksi Marzocchi, diluncurkan garpu suspensi pertama, Marzocchi STAG. Garpu tersebut menggunakan pegas angin dan peredam oil.

Desain STAR tidak bertahan lama dan digantikan dengan sen XC, mulai dari XC51 hingga XC700, masih dengan pegas angin dan peredaman oli, tetapi dengan bentuk slider yang tirus.

Pada 1997, Marzocchi meluncurkan seri Bomber. Seri ini menggunakan teknologi suspensi yang biasa digunakan sepeda motor masa itu dan menjadi dasar garpu suspensi sepeda modern. Teknologi itu adalah penggunaan pegas ulir. Seri ini juga menawarkan jarak main suspensi 100 mm saat suspensi sepeda lain masih berkutat di jarak main suspensi 30-50 mm.

Di tahun 2000, Marzocchi membuat garpu suspensi pertama dari bahan serat karbon. Marzocchi RAC dibuat karena keluhan konsumen atas beratnya garpu cross country Marzocchi. Namun, harga suspensi dengan desain upside down yang terlalu mahal membuat seri itu digantikan seri Marathon yang memulai debutnya di Olimpiade 2000.

Kekuatan Marzocchi adalah dalam disiplin sepeda gunung gravitasi seperti downhill dan freeride. Garpu Marzocchi menempel di sepeda yang digunakan hucker yang banyak melakukan aksinya di awal milenia ini. Salah satu produk mereka, Monster T dengan jarak main 300 mm, lebih tinggi dari yang umum digunakan saat ini, yaitu 200 mm.

Suspensi yang kekar itu digunakan untuk melakukan hucking atau terjun bebas dengan ketinggian hingga 18 meter. Pertengahan dekade 2000-an memang puncak dari kekuatan sepeda, berbarengan dengan perpindahan tren sepeda downhill, dari kecepatan menjadi vertical drop, sebelum akhirnya gabungan keduanya seperti yang terlihat sekarang. Untuk keperluan balap downhill, Marzocchi mengandalkan Shiver dan penerusnya, 888.

Marzocchi juga merupakan suspensi yang banyak digunakan pesepeda gunung Kanada, mulai dari pembalap cross country seperti Alison Sydor, pemegang medali perak Olimpiade, hingga free rider seperti Wade Simmons saat kiblat sepeda gunung mulai bergeser ke sana. 

Marzocchi juga tidak pernah membuat kesalahan dengan membuat garpu suspensi dengan pegas karet, kekeliruan yang dilakukan oleh semua pabrikan suspensi sepeda di dekade 1990-an saat teknologi suspensi sepeda masih mencari bentuknya.

Tahun 2008, Marzocchi diakuisisi Tenneco, produsen suku cadang otomotif yang juga memiliki beberapa merek suspensi seperti Monroe dan Rancho. Kesulitan ekonomi dan kurang optimalnya manajemen, membuat Tenneco saat ini berniat menjual Marzocchi kembali. 

0 Response to "Marzocchi, Produsen Awal Suspensi"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.