IBX59ED8B2FED208 Waspadai Delapan Penyebab Utama Kebakaran Rumah agar Tidak Menderita Kerugian - Jendela Informasi
Loading...

Waspadai Delapan Penyebab Utama Kebakaran Rumah agar Tidak Menderita Kerugian

Jendela Informasi - Memiliki rumah idaman memang merupakan harapan setiap orang, terutama bagi Anda yang baru berkeluarga. Oleh karena itu, bagi Anda yang sudah mendapatkannya pasti akan berusaha sekuat tenaga untuk menjaganya. Baik itu dari kerusakan akibat cuaca, maupun dari melapuknya bahan-bahan bangunan akibat dimakan usia.

Namun, sering kali pemilik rumah tidak menyadari adanya risiko kerusakan fatal yang bisa terjadi karena kelalaian manusia, seperti halnya kebakaran rumah yang melalap rumah Anda. Padahal kasus kebakaran ini sudah sangat sering terjadi, terutama di permukiman padat dan saat musim kemarau.

Tingginya kasus kebakaran rumah ini sesungguhnya bisa diantisipasi jika setiap orang memiliki kehati-hatian yang sama untuk mencegahnya. Dilansir dari aturduit.com, berikut ini ada delapan hal yang paling sering menyebabkan kebakaran, yang bisa Anda waspadai mulai sekarang:

1. Peralatan masak
Perangkat yang satu ini memang sering sekali menjadi penyebab kebakaran. Bukan karena alatnya, kebanyakan kasus kebakaran yang melibatkan peralatan memasak terjadi karena kelalaian penghuni rumah. Oleh karena itu, selalu waspadalah saat Anda memasak, perhatikan dengan saksama peralatan dan masakan Anda, semisal jangan sekali-kali meninggalkan kompor dalam keadaan menyala.

2. Pencurian arus listrik
Ini adalah masalah klasik yang mudah-mudahan semakin lama akan semakin berkurang, bahkan menghilang. Bukan arus hasil curian yang menyebabkan kebakaran rumah, tetapi tindakan pencurian ini biasanya dilakukan secara sembunyi-sembunyi dan tidak memperhatikan aspek keamanan dalam urusan sambung-menyambung kabel listrik. Akibatnya, sambungan tersebut rawan terjadi korsleting yang sering kali memicu kebakaran.

3. Kecerobohan perokok
Jangan membuang puntung rokok Anda di sembarang tempat. Pasalnya, api yang tidak dimatikan secara sempurna akan dengan mudah menjalar ke segala barang mudah terbakar di dekatnya. Puntung rokok yang masih ada apinya, sebaiknya tidak langsung dibuang di tempat sampah. Ada baiknya juga, asbak yang digunakan sudah diberi sedikit air untuk memudahkan pemadaman api rokok.

4. Peralatan rumah tangga yang menggunakan listrik
Penggunaan peralatan yang dialiri listrik seperti setrika, komputer, dan TV bisa menjadi penyebab kebakaran apabila colokan listriknya longgar sehingga mudah terbakar/korstet. Selain itu, kebakaran bisa juga disebabkan karena terlalu menumpuknya penggunaan perangkat elektronik pada satu colokan/terminal. Penumpukan ini menyebabkannya rawan terjadi korsleting, bahkan penggunaan daya akan semakin boros karena panas yang ditimbulkan.

5. Lilin
Lilin yang habis terbakar dan menyambar benda di sekitarnya sering menjadi penyebab kebakaran di kota-kota besar. Untuk mengantisipasinya, selalu nyalakan lilin pada alas yang tidak mudah terbakar. Menempatkan batang lilin di antara air pada mangkuk juga bisa menjadi salah satu trik pengamanan saat Anda lupa untuk mematikannya.

6. Anak-anak yang bermain dengan api
Tegurlah anak Anda yang memiliki kegemaran bermain dengan api, apalagi di dalam rumah. Rumah yang dipenuhi barang mudah terbakar akan membuat Anda kesulitan untuk memadamkan api saat api menjalar ke benda-benda tersebut.

7. Jaringan instalasi listrik rumah yang sudah lapuk
Apabila saat ini Anda menghuni rumah yang sudah cukup berumur, ada baik Anda memeriksa seluruh instalasi perkabelan rumah tersebut. Hal ini dikarenakan perkabelan yang sudah termakan usia akan sangat mudah menyebabkan korsleting yang akan berakhir dengan kebakaran.

8. Cairan yang mudah terbakar
Simpan berbagai bahan mudah terbakar seperti bensin, pelarut, bahan pembersih, pengencer, perekat, cat dan bahan lainnya dengan benar dan jauh dari jangkauan api. Jangan menyimpan cairan yang mudah terbakar di dekat sumber panas atau dapur. Idealnya, simpan di luar rumah atau di ruangan sirkulasi udara yang baik.

0 Response to "Waspadai Delapan Penyebab Utama Kebakaran Rumah agar Tidak Menderita Kerugian"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.