iklan space 728x90px

Inilah 7 Manfaat Teh Putih beserta Cara Penyajiannya


Jendela Informasi - Teh putih atau white tea adalah teh yang berasal dari tanaman Camellia sinesis, sama halnya dengan teh hijau. Meski berasal dari tanaman yang sama, teh putih diambil dari daun teh muda dengan metode pemrosesan yang berbeda, sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang unik.

Teh putih termasuk minuman yang sehat. Kandungan antioksidan dari teh putih dapat mencapai tiga kali lebih banyak dari teh hijau. Dengan kandungan yang terdapat di dalamnya, teh putih berpotensi memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja sih manfaat teh putih bagi kita?

Beragam Manfaat Teh Putih bagi Kesehatan

Menurut penelitian, teh putih bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung, penuaan pada kulit, menurunkan berat badan,dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak ulasan yang disarikan dari laman alodokter.com berikut ini:

Mencegah obesitas
Teh putih dipercaya memiliki efek antiobesitas. Penelitian mengungkapkan bahwa ekstrak teh putih bisa membantu menghancurkan lemak dan menghambat pertumbuhan sel-sel lemak baru di dalam tubuh.

Melindungi kulit dari sinar ultraviolet
Manfaat teh putih tidak hanya bisa dirasakan dengan cara diminum, tetapi juga dioleskan di permukaan kulit. Dengan cara ini, teh putih bisa memperkuat sel kulit sekaligus melindunginya dari sengatan sinar ultraviolet yang berbahaya.

Mengurangi risiko gangguan jantung
Teh putih mengandung flavonoid yang baik untuk jantung dan membantu memperlebar pembuluh darah arteri. Selain itu, teh putih juga mampu mengencerkan darah, menurunkan tekanan darah, serta menurunkan kolesterol.

Memerangi kuman dan mencegah infeksi
Teh putih dapat memerangi kuman, mencegah infeksi, bahkan mampu menghancurkan organisme penyebab penyakit. Teh putih juga terbukti mampu memerangi kuman lebih signifikan dibandingkan    dengan teh hijau.

Melindungi gigi dari bakteri
Teh putih juga mengandung fluoride, tanin, dan flavonoid. Kandungan substansi alami fluoride pada teh jenis ini mencapai 34 persen, sehingga membuat teh putih efektif untuk mengurangi karies gigi yang biasanya muncul karena pengaruh sisa-sisa makanan dan bakteri.

Memperbaiki sel-sel yang rusak
Teh putih mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Teh putih juga sangat efektif untuk mengurangi peradangan pada kulit akibat radikal bebas.

Melawan sel-sel kanker
Kandungan antioksidan di dalam teh putih juga mampu membunuh dan menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker tertentu di dalam tubuh, misalnya kanker paru-paru dan kanker kolon. 

Manfaat teh putih memang sangat beragam. Agar tubuh tetap sehat, imbangi konsumsi teh putih dengan makanan yang sehat dan bergizi, serta berolahraga secara teratur. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus, sebaiknya konsultasi ke dokter mengena porsi teh putih yang sesuai. 

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Inilah 7 Manfaat Teh Putih beserta Cara Penyajiannya"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News