IBX59ED8B2FED208 Tips Menyelamatkan Sofa dari Gangguan Hewan Peliharaan agar Senantiasa Terlihat Bersih - Jendela Informasi
Loading...

Tips Menyelamatkan Sofa dari Gangguan Hewan Peliharaan agar Senantiasa Terlihat Bersih

loading...

Jendela Informasi - Di antara berbagai furnitur di rumah, sofa berbusa empuk biasanya menjadi sasaran "terempuk" hewan kesayangan. Tanpa sadar, hewan peliharaan kita sering kali menyisakan bulu-bulu yang rontok sehingga menempel di sana-sini.

Tentu saja, hal itu mengurangi kenyamanan siapa pun yang menduduki sofa. Apalagi, jika ada kerabat atau tamu yang alergi terhadap bulu hewan.

Permukaan sofa yang bertekstur kesat juga memikat perhatian si kaki empat kesayangan, khususnya kucing. Bukan rahasia lagi bila kucing doyan mengosok-gosokkan tubuhnya pada permukaan sofa. Tak jarang pula furnitur dengan harga tidak murah ini jadi sasaran cakaran si kucing. Alibinya, dia hanya ingin "bermain-main" agar kuku jarinya tetap terawat baik.

Meski berisiko karena memelihara hewan kesayangan, tak jarang estetika furnitur menjadi hilang seketika. Akan tetapi, hal itu bisa diantisipasi bila pemilik rumah tahu sofa seperti apa yang cocok untuk ditempatkan pada kediaman pemilik hewan peliharaan.

Pertama, hindari sofa polis tanpa motif dan berbahan rajut ter-buka (open weave). Bahan yang dimaksud terdiri atas linen, katun, dan silika.

Sofa yang dibuat dari bahan tersebut cenderung sulit dibersihkan karena rontokan bulu hewan peliharaan dapat mudah masuk ke sela pori-pori permukaannya. Bahkan, ketika rnenggunakan vacuum cleaner sekalipun.

Untuk itu, utamakan bahan seperti kulit dan suede. Bahan-bahan tersebut dapat meminimalkan terjebaknya bulu di sofa. Motif, desain, dan lekukan yang dinamis juga bisa jadi salah satu "senjata" untuk mengakali sofa agar senantiasa terlihat bersih.

Selanjutnya, pilih secara cermat kaki sofa yang akan digunakan. Daripada kayu atau plastik, lebih baik pilih kaki sofa yang terbuat dari besi. Pertimbangkan pula untuk memilih kaki yang pendek dan bersatu dengan badan sofa sehingga meminimalisasi interaksi dengan hewan kesayangan.

Terakhir, jangan segan untuk "mengoreksi" hewan kesayangan ketika dia ingin mencakar-cakar atau melakukan hal negatif lain pada sofa Anda. Koreksi yang semestinya akan memberikan pemahaman bahwa yang dilakukannya itu tidak semestinya.