IBX59ED8B2FED208 Cara Membuat Kotak Pensil Segi Enam dari Karton - Jendela Informasi
Loading...

Cara Membuat Kotak Pensil Segi Enam dari Karton


Jendela Informasi - Pensil dan ballpoint (pulpen) merupakan alat tulis yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Namun banyak orang yang suka menaruhnya sembarangan setelah memakainya sehingga terlihat berantakan. Bahkan tak jarang giliran mau digunakan pensil atau ballpoint tersebut tidak bisa ditemukan. Lain halnya kalau alat-alat tulis tersebut disimpan dalam kotak pensil. Selain nampak rapi juga mudah didapat. Anda pun bisa kok membuat kotak pensil segi enam untuk tempat khusus menyimpan pensil dkk dari bahan karton.

Bagaimana cara membuat kotak pensil segi enam dari karton? Berikut ini caranya!
Alat dan Bahan :
- Gunting/cutter
- Lem karton
- Karton tebal
- Kertas HVS
- Penggaris
- Hiasan

Cara membuat:
1. Bentuk segi enam di atas karton tebal. Gunakan bantuan jangka agar ke 6 sisinya sama sisi. Untuk kotak pensil ukuran sedang, ukuran tiap sisinya cukup 3 cm. Buat dua bentuk segi enam sebagai alas dan tutup kotak pensil. Guntinglah pola tersebut.

2. Untuk membuat bagian badan kotak pensil, buatlah persegi panjang ukuran 18x15 cm. Kemudian pada ukuran 18cm, tiap 3 cm, tariklah garis sehingga terbentuk 6 persegi panjang dengan ukuran 15x3 cm.

Guntinglah pola tersebut. Namun, pola persegi panjang yang sudah kita buat jangan digunting satu per satu, melainkan hanya tepian dari gabungan enam persegi panjang tersebut.

Setelah digunting, persegi panjang yang saling berimpitan diberi garis menggunakan cutter. Namun hati-hati dalam menekan cutter, jangan sampai putus. Hal ini dilakukan agar karton yang tebal lebih mudah ditekuk.

3. Lakukan hal yang sama untuk melengkapi bagian tutupnya. Namun, ukurannya sedikit berbeda, 18x5cm. Lalu bentuk pola persegi panjang tiap 3 cm seperti langkah kedua.

4. Untuk melengkapi bagian dalam badan kotak pensil, kita juga harus melakukan hal yang sama, tapi ukuran tiap persegi panjang 6x2,8cm, bukan 3 cm. Bagian ini sengaja dibuat lebih kecil agar kotak pensil yang kita buat bisa tertutup.

5. Selanjutnya bagian pengeleman. Kita memiliki tiga pola '6 persegi panjang'. Setelah digores cutter, tekuklah persegi panjang tersebut membentuk prisma.

Tempelkan bagian tepi dari ketiga pola persegi panjang tersebut. Tunggu hingga kering. Setelah tertempel sempurna, pola-pola ini harus ditempelkan pada bagian alas segi enam yang pertama kali sudah kita bentuk.

Bagian ini dibagi menjadi dua: bagian atas dan bawah. Bagian atas atau tutup kotak pensil terdiri dari alas segi enam dan prisma segi enam yang sisinya berukuran 5x3cm. Tempelkan bagian alas dengan pola persegi panjang. Bagian bawah atau bagian badan kotak pensil terdiri dari alas segi enam dan prisma segi enam dengan ukuran sisi 6x2,8cm dan 15x3cm.

Tempelkan bagian alas dengan pola persegi panjang ukuran 15x3cm. Bila sudah, tempel juga pola persegi panjang ukuran 6x2,8 cm di bagian dalamnya. Hanya ditempel sekitar 3 cm saja sehingga bagian dalam tersebut terlihat lebih tinggi.

6. Setelah itu, kita bisa menghias. Bisa ditempel kertas kado atau kita gambar sesuai kreasi kita lalu diwarnai dengan cat poster.

7. Jadilah kotak pensil unik karena sesuai kreasi sendiri. Selamat mencoba

0 Response to "Cara Membuat Kotak Pensil Segi Enam dari Karton"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.