IBX59ED8B2FED208 Menikmati Sejuknya Perkebunan Teh Ciater, Destinasi Wisata Alam Populer di Subang Jawa Barat - Jendela Informasi
Loading...

Menikmati Sejuknya Perkebunan Teh Ciater, Destinasi Wisata Alam Populer di Subang Jawa Barat


Jendela Informasi - Kebun Teh Ciater berada di Kabupaten Subang setelah melewati kawasan wisata alam Gunung Tangkubanparahu menuju ke pemandian air panas Ciater. Berada pada ketinggian sekira 1.100 meter di atas permukaan taut, perkebunan teh itu telah ada sejak zaman kolonial Belanda yang mengembangkan teh pada 1915.

Kebun Teh Ciater mulai memiliki pabrik teh pada 1934 dan mulai beroperasi 1937. Kapasitas pabrik pada tahun-tahun awal kurang lebih menghasilkan 900 ton teh kering per tahun. Pada 1990, dibangun pabrik teh modern dengan kapasitas pengolahan teh mencapai antara 60-70 ton per hari.

Lokasi Kebun Teh Ciater ini mudah ditemui karena berada di pinggir Jalan Raya Subang-Bandung. Setelah menuruni lereng kawasan Tangkubanparahu, melalui tanjakan atau turunan Emen ke arah Jalan Cagak, tinggal mengikuti jalan hingga terlihat hamparan perkebunan teh. Selain pemandangan Kebun Teh Ciater, beberapa tempat peristirahatan atau rumah makan juga tersedia sebagai pilihan pengunjung dalam menikmati kesejukannya. Kebun Teh Ciater beralamat di Desa Cicadas, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang.

Saat ini, Kebun Teh Ciater seluas 3.000 hektare dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara VIII. Sebenarnya, perkebunan teh menghampar luas mulai dari daerah Ciater hingga Bukanagara, Cisalak, Kabupaten Subang. Di Kebun Teh Ciater dibuat konsep wisata edukasi dengan program seperti tea walk, fun games, tea break di air terjun, petik teh, dan kunjungan ke pabrik pengolahan teh.   Di sana terdapat pabrik terbaik dengan sistem ortodoks dan tea testing.

Kebun Teh Ciater telah popular sebagai salah satu destinasi wisata alam di Kabupaten Subang. Wisata kebun teh memiliki beberapa fasilitas, di antaranya penginapan Agrowisata Ciater Tea Mountain, area parkir kendaraan, musala, ruang serbaguna, kamar mandi/MCK, dan ada kolam pemandian air panas yang saat ini berhenti beroperasi.

Di area kebun dekat penginapan Agrowisata Ciater Tea Mountain, pengunjung bisa menikmati matahari terbit. Banyak spot yang bisa dijadikan tempat untuk menikmati matahari terbit di area perkebunan ini. Menjelang matahari terbit, pengunjung tinggal memasang kamera atau telefon genggamnya untuk mengabadikan keindahan alam itu. Pemandangan matahari terbit yang terlihat di atas hamparan perkebunan teh memiliki nuansa yang berbeda.

Aktivitas lainnya yaitu mengunjungi pabrik teh Ciater. Biasanya harus ada pemberitahuan ke pabrik sebelumnya. Petugas dengan senang hati menjelaskan kepada pengunjung mengenai proses produksi pembuatan teh hingga siap dikonsumsi. Pengunjung dapat mengunjungi museum teh atau Galeri Rumah Teh Gedong Buleud ke arah Jalan Cagak tak jauh dari. penginapan, Lalu, ada destinasi wisata baru di perkebunan teh di Subang, yaitu Flying Tea atau melayang di atas perkebunan teh dengan menggunakan paralayang atau paramotor. 

Untuk mendapatkan semua itu, pengunjung harus menginap di kawasan Agrowisata Ciater Tea Mountain yang juga dikelola PTPN VIII dengan melakukan reservesi. Kebun Teh Ciater menjadi tempat wisata yang menyenangkan dan ramai dengan kunjungan wisatawan, baik pada hari biasa maupun akhir pekan dan liburan. [Sumber: E Saepuloh/PRM/20012019]