iklan space 728x90px

Cara Efektif Cegah Penuaan Dini

Jendela Informasi - Menjadi tua adalah keniscayaan. Kulit wajah perempuan pada usia 40-an ke atas tentu berbeda dengan kondisi kulit wajah remaja. Wajah tidak lagi kencang dan memiliki sejumlah keluhan. Bahkan tidak sedikit mereka di usia 30-an sudah mengeluhkan kerutan, garis-garis halus di wajah, sampai bintik-bintik penuaan yang mulai muncul.

Perawatan dari dalam dan luar tubuh, mampu mencegah penuaan dini pada kulit wajah. Misalnya, dengan memilah makanan yang dikonsumsi. Makanan yang dianjurkan untuk kesehatan kulit adalah makanan empat sehat lima sempurna, dengan tinggi protein dan rendah lemak.

Sertakan juga makanan yang mengandung antioksidan, yaitu buah-buahan, sayuran, dan ikan. Makanan tersebut mengandung vitamin A, B, C, dan E, juga mineral. Contohnya, ikan tuna, cokelat, teh hijau, yogurt, jeruk, stroberi, bluberi, rasberi, dan tomat. Contoh sayuran yang mengandung antioksidan, antara lain bayam, ubi, dan kubis ungu. Olah raga teratur juga dapat membantu proses metabolisme sel dalam tubuh berjalan lancar.

Perawatan dari luar tidak kalah penting. Seperti halnya penggunaan krim tabir surya (sunblock) dalam setiap aktivitas di luar ruangan. Yang harus diingat, selalu menggunakan sunblock bila olah raga dilakukan outdoor. Jangan lupa membersihkan kulit wajah dan tubuh sehabis berolah raga.

Terkena sinar matahari secara langsung tanpa tabir surya bisa meningkatkan potensi penuaan dini. Oleh karena itu, dianjurkan agar perempuan menggunakan topi atau payung, kacamata (sunglasses), baju tertutup, saat berjalan di bawah terik matahari. Hindari juga panas udara, kekeringan udara, polusi, zat-zat kimia, merokok, dan konsumsi alkohol.
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News