iklan space 728x90px

Cara Memilih Kubah Berkualitas di Tempat Jual Kubah Masjid


Bicara soal kubah, tidak lengkap rasa-rasanya bila sebuah masjid tak mempunyainya. Pasalnya sebuah masjid akan nampak indah bila mempunyai kubah yang pula cukup indah. Dan penting Anda ketahui pula kalau kubah ini sendiri sudah menjadi ikon dari yang namanya masjid. Dimana ikon itu menjadi hal yang identik dengan masjid itu.

Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat Islam. Eksistensi masjid sekarang telah banyak dijumpai. Tiap-tiap masjid memiliki ciri khasnya tersendiri. Misalnya dari segi model, kombinasi warna, arsitektur dan bentuk kubahnya. Masjid dibangun sedemikian rupa lantaran mengingat perannya sebagai tempat untuk beribadah yang mesti diperindah dan dirawat. Demi kenyamanan dalam melakukan ibadah sehingga masjid mestilah ditata sedemikian rupa.

Kubah merupakan ciri khas yang paling menonjol dari masjid, namun untuk memilihnya tidak dapat asal-asalan. Diperlukan kecermatan tentang model dan kualitasnya sebab memang letaknya yang penting dan alangkah baiknya kubah itu kuat, kokoh dan pastinya tahan lama. Tidaklah mudah mendapatkan kubah masjid yang memiliki kualitas. 

Hal ini lantaran teramat banyak pembuat kubah yang jual kubah masjid hanya mementingkan keuntungan semata. Kerap kali dijumpai para pembuat kubah yang cuma mengutamakan keuntungan sehingga hasil dari kubah yang dibuat tidak demikian dapat tahan lama. Mereka memakai bahan-bahan berkualitas rendah yang harganya murah.

Cara Mencari Produsen Kubah Berkualitas

Disadari ataupun tidak zaman now mencari sesuatu yang berkualitas cukuplah sulit. Pasalnya sebagian besar orang inginnya meraih keuntungan yang besar. Walaupun demikian Anda tak usah cemas karena Jendela Informasi akan memberikan tips untuk Anda. 

Pertama, sebelum memilih pembuat kubah yang tepat, Anda mesti memerhatikan kualitas hasil dari kubah yang sebelumnya diproduksi. Para pembuat ini tentunya telah banyak membuat kubah dengan aneka ragam modelnya. Dari situlah Anda dapat memeriksa seberapa berkualitaskah kubah yang sudah dihasilkannya. Dari sini pula Anda pun dapat memprediksi atau mengira-ngira harga kubah masjid buatannya. Buatlah suatu perbandingan antara pembuat kubah yang satu sama lainnya, baik dari sisi harga dan kualitasnya.

Kedua, berkonsultasilah kepada orang-orang yang sudah berpengalaman menggunakan jasa dari pembuat kubah tersebut. Mintalah saran kepada mereka. Selain itu, carilah informasi sebanyak mungkin tentang jasa pembuatan kubah. 

Ketiga, lakukanlah pengecekan bahan baku untuk kebutuhan pembuatan kubah. Bahan baku ini amatlah mempengaruhi kualitas kekuatan dan ketahanannya. Bila Anda merasa bahan baku untuk pembuatan kubah kelihatannya murahan atau bahan baku yang digunakan kurang bagus, alangkah baiknya Anda menghentikan kerjasama dengan kontraktor pembuat kubah tersebut.

Ciri-ciri Kubah Berkualitas


Kubah merupakan salah satu simbol dari tempat ibadah yang kerap disebut dengan masjid. Kubah semestinya kuat dan tahan lama, mengingat pemasangannya yang relatif sulit dan letaknya ada diatas sehingga lumayan sulit untuk dijangkau bila mesti melakukan renovasi kubah lantaran adanya kerusakan. 

Kubah yang dibuat dari berbagai bahan berkualitas seperti enamel dan galvalum, umumnya memang dijual dengan harga yang relatif mahal. Namun tak semua harga yang mahal akan menjadi jaminan dari kualitas kubah yang diproduksi. Untuk itulah, dibutuhkan kejelian dan pemahaman mengenai kubah ini sebelum bertransaksi.  

Kubah yang terbilang berkualitas ialah kubah yang diproduksi dari bahan-bahan baku pilihan. Bahan baku pilihan ini bukan sembarangan bahan, ada bahan baku tersendiri yang memang disediakan untuk pembuatan kubah supaya awet, kokoh dan tahan di segala cuaca. 

Tidak gampang memang membandingkan kubah yang berkualitas dengan kubah yang cuma dibuat dari bahan-bahan murahan. Pasalnya secara fisik sepintas keduanya nampak sama tanpa terlihat ada perbedaannya. Jadi dibutuhkan orang atau kontraktor kubah masjid seperti PT. Anugerah Kubah Indonesia yang sudah berpengalaman dan paham benar dalam memilih kubah untuk masjid ini.

Demikianlah sedikit panduan yang dapat Anda jadikan referensi saat Anda membutuhkan kubah untuk keindahan masjid. 


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

1 komentar untuk "Cara Memilih Kubah Berkualitas di Tempat Jual Kubah Masjid"

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News