iklan space 728x90px

Kelebihan Omnichannel Bagi Industri Kesehatan


Adanya kemajuan teknologi memungkinkan penyedia layanan kesehatan untuk meningkatkan kepercayaan pasien terhadap rumah sakit. Omnichannel hadir sebagai solusi penyedia layanan kesehatan pada posisi yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan pasien. 

Apa itu Omnichannel? Omnichannel secara sederhana adalah penggabungan semua platform komunikasi ke dalam satu channel saja. Tujuannya sendiri adalah mempermudah perusahaan dan juga konsumen dalam berkomunikasi. Oleh karena itu, Omnichannel di industri kesehatan menjadi sebuah solusi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan pengalaman pasien dalam menggunakan layanan kesehatan dari rumah sakit maupun klinik. 

Berikut alasan mengapa industri kesehatan harus mulai mengadaptasi Omnichannel untuk meningkatkan kepercayaan pasien terhadap rumah sakit:

1. Mengurangi Waktu Tunggu Pasien

Hadir fitur seperti pesan otomatis yang dapat memungkinkan pasien untuk memilih layanan yang tepat untuk membuat janji temu sebelum datang ke rumah sakit agar membatasi waktu tunggu pasien. Semisalnya ada perubahan jadwal, pasien dapat diberitahu tentang perubahan janji temu melalui email atau pesan teks untuk mengurangi waktu tunggu mereka di rumah sakit.

2. Memudahkan Aktivitas Pelayanan Kesehatan

Selain konsistensi dalam hal informasi, omnichannel juga memungkinkan proses pelayanan kesehatan yang diterima pasien menjadi lebih efektif. Untuk menjangkau pasien secara efektif, Anda dapat memanfaatkan berbagai macam teknologi. Contohnya dengan telemedis untuk memberikan konsultasi medis jarak jauh seperti aplikasi berbasis smartphone yang dapat digunakan untuk penebusan obat atau mengatur antrian secara digital.

3. Pengalaman dua arah yang berkualitas

Omnichannel dalam industri kesehatan dilengkapi dengan kemampuan interaksi yang lebih personal dan  hidup. Seperti, penyajian informasi kesehatan yang lebih interaktif dengan media aplikasi yang dilengkapi dengan sistem untuk mempermudah calon pasien dalam mendapatkan layanan yang dibutuhkan. Maka dari itu, pelayanan kesehatan yang diterima lebih cepat dan dapat menjangkau lebih banyak orang.

4. Meningkatkan jangkauan pasien 

Omnichannel juga menghadirkan fitur untuk mengelola dan melacak alur kerja dengan cara yang paling efisien. Anda tidak perlu khawatir jika pasien menggunakan platform yang berbeda-beda, karena dengan hadirnya omnichannel semua pesan yang masuk dari berbagai macam platform akan disatukan ke dalam satu channel saja. Maka dari itu, follow up pasien menjadi lebih mudah dengan fitur ini.

Empat poin diatas adalah alasan mengapa industri kesehatan harus mulai mengadaptasi omnichannel untuk meningkatkan kepercayaan pasien terhadap rumah sakit. Mari gunakan layanan omnichannel untuk meningkatkan pengalaman pasien menjadi lebih nyaman. Hadir layanan Omnichannel communication dari Telkom Indonesia yang dapat menjadi penunjang industri kesehatan dalam meningkatkan efisiensi serta kepercayaan pasien terhadap rumah sakit. Gunakan Omnichannel Telkom sekarang juga!

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Kelebihan Omnichannel Bagi Industri Kesehatan"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News