iklan space 728x90px

Sama-Sama Bagus Untuk Kesehatan, Inilah Perbedaan Jalan Dan Lari!


Ada banyak jenis olahraga yang mudah dilakukan tanpa bantuan alat, salah satunya adalah jalan dan lari, jenis olahraga yang cukup sederhana, namun manfaatnya tidak main-main bagi kesehatan. 

Namun sebenarnya apa perbedaan jalan dan lari ini? ada orang yang lebih suka melakukan olahraga seperti lari karena sudah jelas impact atau hasil yang dirasakan, cepat berkeringat dan jantung juga berdetak menjadi lebih cepat. Namun juga banyak yang lebih suka menjalankan olahraga jalan kaki saja.

Sebenarnya keduanya termasuk dalam aktivitas fisik yang mengandalkan kaki sebagai sarana utama. Dewasa ini untuk melakukan olahraga tersebut sebenarnya juga kian mudah, tidak harus dengan keluar mencari lapangan yang akan digunakan berolahraga, melainkan cukup hanya dengan membeli sebuah alat yaitu treadmill saja, pastinya banyak yang sudah kenal dengan jenis alat fitness yang satu ini bukan, dapat diprogram dengan kecepatan mulai dari rendah sampai dengan yang paling tinggi sesuai dengan keinginan.

Jadi meskipun hanya dari rumah saja sebenarnya Anda sudah bisa berolahraga setiap hari dengan menggunakan sarana tersebut. Kembali lagi tentang perbedaan jalan dan lari yang harus Anda ketahui, dapat dilihat yaitu dari beberapa sisi, berikut ini diantaranya, yaitu:

1. Teknik gerakannya 

Perbedaan yang pertama dapat dilihat dari segi teknik gerakan olahraga tersebut, meskipun tampak sama namun pada dasarnya kedua jenis olahraga ini berbeda. 

Pada saat jalan kaki, maka nantinya seluruh bagian kaki akan secara terus menapak tanah secara bergantian, hal tersebut dikarenakan pada saat jalan kaki tidak berubah posisinya secara cepat, sehingga seluruh bagian kaki pasti akan menapaki tanah. 

Hal ini agak berbeda dibandingkan dengan lari, karena ketika berlari ini dilakukan dengan gerakan yang cepat, maka kaki tidak merasakan kontak dengan tanah secara keseluruhan, hanya sebagian saja, hal tersebut dikarenakan saat berlari kecepatan yang digunakan tinggi atau relatif cepat.

2. Kecepatan

Perbedaan yang selanjutnya adalah dari segi kecepatan, meskipun ada yang namanya jalan cepat dan jalan santai, namun yang namanya jalan kaki tetap menapak tanah secara keseluruhan dan juga intensitasnya lebih lambat dibandingkan dengan saat berlari. 

Itulah mengapa pada saat menggunakan treadmill sebenarnya tinggal mengatur kecepatannya saja ketika Anda ingin melakukan olahraga jalan ataupun lari, karena semakin cepat otomatis kaki harus berlari untuk mengimbanginya. Hal ini dikarenakan kaki tidak selalu menjejak tanah pada saat Anda lari.

3. Kebugaran tubuh

Perbedaan selanjutnya dapat dilihat dari segi kebugaran tubuh, lari pada dasarnya memang paling efektif atau cepat dalam membakar kalori yang ada di tubuh, namun juga ada efek samping yang dirasakan, yaitu energi akan terkuras lebih cepat dibandingkan saat Anda berjalan, sehingga otomatis tubuh juga lebih cepat lelah, berbeda halnya dengan berjalan kaki, meskipun membutuhkan langkah lebih banyak atau jarak yang lebih panjang untuk membakar kalori yang sama dengan lari, namun energi tidak cepat terkuras habis, sehingga tubuh jadi lebih bugar.

4. Dampaknya bagi kesehatan

Pastinya dengan teknik dan kecepatan yang berbeda, maka kedua jenis olahraga ini akan memberikan efek yang berbeda pula untuk kesehatan tubuh. 

Berlari sendiri memberikan dampak yang lebih besar bagi tubuh Anda dibandingkan dengan sekedar jalan kaki, sejalan dengan hal tersebut sebenarnya tingkat resiko mengalami cedera ketika Anda berlari juga tergolong lebih besar dibandingkan saat jalan kaki.

5. Manfaat

Kedua olahraga ini memberikan manfaat yang bagus untuk tubuh, namun pastinya juga berbeda, lari akan batu jaga kesehatan organ jantung, kurangi resiko obesitas, meningkatkan sistem imuns, memperbaiki suasana hati sampai dengan meningkatkan metabolism. 

Namun sebenarnya jalan kaki juga tak kalah bermanfaat, bagus untuk memperpanjang usia hidup seseorang, mengurangi stress, menurunkan berat badan sampai dengan mencegah diabetes melitus.

Sekarang sudah tahu apa perbedaan jalan dan lari ini, aktivitas fisik penting untuk tubuh tetap sehat dan indah. Ikuti kelas latihan atau olahraga yang bagus hanya dari FIT HUB, punya jaringan tempat fitness yang sudah tersebar di seluruh Indonesia, temukan yang paling dekat dengan Anda.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Sama-Sama Bagus Untuk Kesehatan, Inilah Perbedaan Jalan Dan Lari!"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News