4 Jajanan Enak Khas Cirebon



Kota paling utara di provinsi Jawa Barat ini ternyata memiliki menu-menu kuliner lezat. Jadi pas main ke Kota Udang ini, Anda bakal nyesel banget deh kalau tidak mencicipi makanan khasnya. Ada 4 jajanan enak khas Cirebon.

Kita cobain, yuk! 4 jajanan enak khas Cirebon ini:
  • Nasi Jamblang. Ini adalah nasi putih yang disajikan dalam bungkus daun jati, dilengkapi lauk pauk beraneka ragam kayak paru, daging, tempe, tahu atau cumi. 
  • Empal Gentong. Mirip gule, berkuah santan kental, berisi potongan daging sapi dan disantap bareng lontong. Wadah kuah ini ditempatkan di sebuah gentong, makanya disebut empal gentong. Cara masaknya pakai kayu bakar.
  • Tahu Gejrot. Tahu dipotong kecil-kecil, terus ditaruh di atas piring yang terbuat dari tanah liat. Lalu disiram bumbu gula merah, cabe, bawang merah, dan bawang putih. Disebut tahu gejrot, soalnya bumbu cair dialirkan lewat botol yang diguncangkan dulu jadi timbul bunyi "crot".
  • Nasi Lengko. Nasi putih dilengkapi tahu, tempe, mentimun, tauge dan daun kucai (seledri). Kemudian ditaburi bawang goreng serta disiram bumbu kacang, kecap plus kerupuk.
Cobain juga sate kalong (daging kerbau) berbumbu kacang dan kecap, mie kocok dan bubur sop.
           
Previous
Next Post »

1 Response to "4 Jajanan Enak Khas Cirebon"

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon