Vine, Aplikasi Jejaring Sosial Berbasis Video Dari Twitter

Maman Malmsteen 23.31.00
Twitter tidak tinggal diam dalam hal inovasi. Di bawah nama besar Twitter, kemudian meluncurlah Vine, aplikasi jejaring sosial berbasis video yang baru saja dirilis pada Januari lalu. Awalnya Vine hanya dirancang untuk pengguna iOS, dengan pengguna aktif sebanyak 13 juta. Dan boleh jadi popularitas Vine bakal kian meroket, karena Vine sudah hadir di Google Play.

Perlu ditegaskan, Vine adalah aplikasi jejaring sosial berbasis video ‘murni,’ alias tidak ada sisipan untuk gambar dan teks. Alhasil kita memang hanya bisa upload video, tidak bisa bila sekedar ingin update status. Seperti halnya Twitter yang memberi batasan 140 karakter setiap kali nge-tweet, maka di Vine pun juga ada pembatasan yang tak kalah irit nya, Anda hanya diberi kesempatan untuk membuat video dengan durasi 6 detik saja. Rasanya 6 detik adalah waktu yang super singkat, tapi tampaknya pengembang ingin membuat tren baru. Seperti dahulu banyak orang yang mencibir Twitter karena hanya menyediakan 140 karakter.

Sebagai aplikasi multimedia yang canggih, Vine untuk Android baru bisa dinikmati mulai pada platfom Android 4.0 ICS ke atas. Karena masih sangat baru Vine di Android belum dibekali fitur selengkap di iOS. Pengguna di Android belum bisa mencari, mention, dan menambah hastag di setiap video yang sudah di upload. Namun, Vine versi Android memiliki nilai lebih, yaitu fasilitas untuk melakukan “zoom”. Ke depan nya Twitter berjanji akan mencantumkan fitur-fitur khusus yang hanya akan ada di platform Android.

Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon