IBX59ED8B2FED208 Ubur-ubur Air Tawar Di Danau Kakaban - Jendela Informasi

Ubur-ubur Air Tawar Di Danau Kakaban

Pulau Kakaban adalah pulau unik di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur.  Pulau ini merupakan pulau karang yang mempunyai laguna di tengah-tengahnya.  Bentuk Pulau Kakaban sangat unik karena menyrupai angka sembilan dengan danau di bagian tengahnya sehingga pulau ini terlihat sedang memeluk danau.  Kakaban diambill dari bahasa Suku Bajo yang berarti memeluk.

Pulau Kakaban sudah terbentuk sejak ribuan tahun lalu.  Daya tarik utama Pulau Kakaban adalah danaunya.  Air di Danau Kakaban merupakan perpaduan dari tiga jenis air yang berbeda yaitu air laut, air hujan, dan juga air tanah.  Komposisi itu membuat air danau ini cenderung tawar.
Uniknya, danau ini dipenuhi dengan ubur-ubur.  Di dunia ini hanya terdapat dua danau ubur-ubur dan Danau Kakaban adalah salah satunya yang merupakan danau ubur-ubur terbesar di dunia.  Danau ini memiliki jenis ubur-ubur terbanyak dengan empat spesies ubur-ubur.

Keempatnya unik karena ubur-ubur di danau ini sudah tidak memiliki sengat seperti ubur-ubur di laut.  Anda bisa bebas memegangnya tanpa khawatir terluka.  Cassiopea ornata yang terunik karena jenis ubur-ubur ini berenang secara terbalik.  Aurelia aurita memiliki tubuh bening transparan seperti piring kaca.


Lainnya adalah Tripedalia cystophora, ubur-ubur berukuran mungil sebesar ujung jari tangan manusia, dan ubur-ubur Mastigias papua sebesar kepalan tangan dengan bentuk seperti bola lampu pijar berwarna hijau kecokelatan.
Tak hanya ubur-ubur, populasi aneka jenis ikan dan teripang (sea cucumber) juga cukup berlimpah di Danau Kakaban.  Pada akar Rhizopora yang terbenam di tepian Danau Kakaban banyak ditemukan alga Halimeda dan Caulepa yang mirip anggur kecil berwarna hijau.