IBX59ED8B2FED208 Blue Lake : Danau Pemandian Para Dewa - Jendela Informasi

Blue Lake : Danau Pemandian Para Dewa

Bayangkan sebuah danau yang tak pernah terpengaruh oleh perubahan iklim atau campur tangan manusia dalam bentuk apapun. Danau itu bernama Blue Lake dan terletak di Taman Nasional Blue Lake, South Australia, Australia.  Masyarakat Aborigin menyebutnya 'Kaboora' yang berarti 'kolam sunyi'.

Lokasi tersebut merupakan surga kehidupan liar bagi reptil goannas (sejenis kadal), burung, dan ikan jenis soft spined sunfish.  "Ini seperti pemandian atau bathtub para dewa.  Ini indah, sangat indah," ungkap Cameron Barr.

Barr dan rekannya dari University of Adelaide mengatakan bahwa salah satu danau terbesar di North Stradbroke Island, lepas pantai Queensland, itu sangat jernih hingga mata manusia bisa melihat sampai kedalaman hampir 10 meter.

North Stradbroke Island berjarak 18 mil dari pantai Brisbane dan untuk mencapai danau itu, pengunjung harus berjalan kaki sejauh 1.5 mil.

Tampaknya Blue Lake menjadi tempat pengungsian iklim bagi biota air tawar di sekitarnya dan kondisinya masih sama dengan 7.500 tahun lalu.

Para ilmuwan tak menyadari keunikan danau itu sampai akhirnya melakukan studi pada beberapa parameter kualitas air, fosil alga, dan polen.  Tim peneliti itu membandingkannya dengan foto yang diambil di wilayah sekitarnya 117 tahun lalu.

Beberapa danau lain mulai mengering dalam 40 tahun terakhir akibat perubahan iklim.  Namun, tidak dengan Blue Lake.  Barr berupaya menguak rahasia mengapa Blue Lake tetap bertahan dan tak mengalami perubahan.  Ia lalu menemukan bahwa air Blue Lake mengalir ke rawa sekitar dan digantikan dengan air baru dari lapisan akuifer setiap 35 hari sekali atau lebih.  Karena airnya terus diperbaharui, danau ini tak tersiksa oleh perubahan iklim sebab selama ini tak menjadi semakin asin dan menguap.

Penemuan Blue Lake dipublikasikan di jurnal Freshwater Biology edisi Juni 2013.  Barr juga mengatakan bahwa danau itu perlu dijaga kelestariannya.  Jangankan limbah, senyawa dalam tabir surya yang dipakai para turis saja bisa mempengaruhi kandungan kimia danau ini.



Keterangan : 
Blue Lake
  • Terbentuk dari kawah Gunung Api Gambier yang meletus 4.800 tahun lalu.
  • Rata-rata kedalaman : 80 meter.
  • Bagian terdalam; 204 meter.
  • Luas area permukaan : 70 ha.
  • Kapasitas air : 36.000 megaliter.

0 Response to "Blue Lake : Danau Pemandian Para Dewa"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.