Hewan Langka di Indonesia

Daftar hewan langka di Indonesia semakin panjang.  Kelangkaan itu sebagian besar merupakan akibat ulah manusia.  Lihat saja jumlah hutan yang makin sedikit karena dijadikan permukiman, maraknya perburuan hewan langka untuk diperjualbelikan, dan perubahan iklim karena gaya hidup manusia yang merusak lingkungan.

Hewan langka merupakan spesies yang memiliki risiko akan punah, baik punah di alam liar ataupun sepenuhnya punah.  Hewan-hewan itu dinyatakan langka berdasarkan rasio jumlah spesies (populasi) dan berdasarkan daerah persebarannya (habitat).

Berikut beberapa hewan langka khas Indonesia :
  • Pesut Mahakam
Sejak 2007, hewan tersebut menempati urutan tertinggi yang terancam punah, yaitu tinggal sekitar 50 ekor diperairan Tanah Air.  Pesut Mahakam merupakan jenis lumba-lumba yang hidup di air tawar.


  • Harimau Sumatra
Harimau itu kini hanya tersisa segelintir di Pulau Sumatra, diperkirakan tinggal sekitar 400 ekor saja.  Saat ini Harimau Sumatra bertahan di hutan-hutan Bukit Barisan untuk mempertahankan garis keturunannya.


  • Orang Utan
Orang Utan ialah satu-satunya kera besar yang hidup di Benua Asia dam 90%-nya hidup di Indonesia.  Di Pulau Sumatra, saat ini diperkirakan ada 6.000-7.000 ekor orang utan dan di Pulau Kalimantan ada skitar 50 ribu ekor orang utan.


  • Badak Sumatra dan Badak Jawa
Dua diantara lima jenis badak yang saat ini bertahan di dunia hidup di Pulau Jawa, yaitu badak bercula satu di Jawa dan badak bercula dua di Sumatra.  Populasi Badak Sumatra saat ini diperkirakan tinggal 300 ekor dan Badak Jawa tinggal 50 ekor.


  • Gajah Sumatra
Gajah Sumatra merupakan satwa langka dan dilindungi.  Pada Januari 2012, organisasi WWF telah mengubah status Gajah Sumatra dari langka menjadi sangat terancam.  Saat ini terdapat sekitar 3.000 Gajah Sumatra, dengan jumlah yang terbagi di Aceh terdapat 600 ekor, 60 ekor di Bengkulu, dan sisanya di Lampung.



  • Owa Jawa
Satwa endemik Pulau Jawa itu merupakan jenis kera pohon sejati karena dia tidak pernah turun dari atas pohon.  Sayangnya, Owa Jawa kini terancam punah karena saat ini hanya tersisa 4.000 - 5.000 ekor.



  • Komodo
Komodo adalah reptil langka dan hanya terdapat di Indonesia, yaitu di Pulau Komodo.  Saat ini hanya tersisa 2.500 - 4.000 ekor komodo yang tersebar di Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Flores.


Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment