Jimi Hendrix Gitaris Sepanjang Zaman

Ada yang bilang, seorang legenda lahir bukan cuma butuh kelebihan, tapi perlu waktu yang tepat.  Jimi Hendrix menjadi salah satu gitaris yang hadir di saat yang tepat.  Dia hadir dengan karakter dan performance yang beda, gaya nyanyi dan juga raungan gitar yang khas.

Lahir di Seattle, 27 November 1942, dengan nama Johnny Allen Hendrix, yang akhirnya diganti oleh ayahnya menjadi James Marshall Hendrix.  Karirnya dimulai di Amerika, setelah gagal dalam wajib militer bersama United States Army, bersama Little Richard Jimi Hendrix membentuk Jimmy James and The Blue Flames di tahun 1965.  Dalam suatu jam session, ia bertemu dengan Chas Candler (basis band Animal), yang akhirnya mengajak Hendrix untuk kembali ke London.  Dengan formasi Hendrix (gitar), Mitch Michel (drum) dan Noel Redding (bass), terbentuklah Jimi Hendrix Experience, single pertamanya Hey Joe berhasil menembus Top Chart di UK dan menjadi perbincangan di London.  Sementara Chas lebih senang menjadi manager Jimi Hendrix Experience.

Agustus 1969 bersama Gypsy Sun & Rainbows mereka hadir di event musik terbesar di Amerika, Woodstock.  Namanya semakin berkibar menjadi gitaris nomor satu dunia.  Permainan gitarnya makin atraktif, mulai dari memainkan gitar dengan gigi, kaki, membakar gitar, feedback, distorsi sampai menghancurkan gitarnya sendiri, menjadi tontonan yang menarik.

Hingga sekarang, Jimi Hendrix masih menjadi influence bagi gitaris-gitaris dunia, seperti Eric Clapton, Slash, Joe Satriani, Steve Vai, Ritchie Blackmore dan masih banyak lagi.  Dan lagu seperti Little Wing, Foxy Lady, Voodoo Child menjadi lagu wajib para gitaaris untuk nge-jam session dj berbagai acara.

Pada 18 September 1970, ia ditemukan tewas dengan ditemani obat-obatan di sampingnya.  Polisi mengatakan, ia tewas karena overdosis (Awas!!! jangan ditiru sisi negatifnya ini).  Terakhir ia tampil di Ronnie Scott's Club, London bersama band Amerika yang bernama War.  Sampai akhir hidupnya Jimi Hendrix telah membuat sekitar 54 album rekaman.
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment